Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Perbedaan Biaya Membersihkan Karang Gigi di Dokter Gigi dan Puskesmas

by Satrya Agung on 30 Mei, 2016

manfaat gigit kuku - CekAja.com

Memelihara kebersihan dan kesehatan gigi adalah hal penting yang perlu diperhatikan semua orang.

Gigi sendiri merupakan salah satu penentu dari tingkat optimalitas penampilan seseorang. Rasa tidak percaya diri untuk tersenyum dan bicara pun dapat berpengaruh. Masalah pada gigi yang sering dialami adalah karang gigi.

Karang gigi merupakan kotoran yang keras dan menempel pada gigi yang sulit dihilangkan. Terbentuk dari campuran sisa kotoran makanan dan juga zat kapur yang terkandung di dalam air liur. Hal itu menyebabkan gigi menjadi kurang sehat dan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Untuk menghindari kejadian tersebut, biasanya banyak orang akan melakukan pencegahan dengan datang ke rumah sakit atau puskesmas.

Jika memikirkan tentang biaya membersihkan karang gigi tentu banyak yang berpikir bahwa harganya akan mahal. Perlu diketahui bahwa biaya di rumah sakit dan puskesmas pun memiliki perbedaan tersendiri. Dengan mengetahui gambaran tentang kisaran harganya, tentu kamu dapat memutuskan akan pergi ke rumah sakit atau puskesmas. Pastikan pilihan kamu disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki. Penasaran dengan biayanya ? Yuk simak perbedaannya berikut ini.

Biaya di rumah sakit

 Kisaran biaya yang dipatok di dokter gigi cenderung berbeda-beda. Rata-rata biayanya adalah Rp 300.000 hingga Rp 1.000.000. Biaya tersebut tergantung dari lokasi tempat praktik dokter gigi tersebut dan tingkat kesulitan tindakannya. Jika lokasinya di kota dengan peralatan serba canggih serta dokternya pun sangat ahli, tentu akan semakin mahal harganya. Pada umumnya orang-orang yang datang ke dokter gigi dari kalangan menengah ke atas.

Mereka cenderung lebih mempercayakan penanganan tersebut pada dokter gigi yang telah diketahui keahliannya. Meskipun biayanya tergolong mahal, namun tetap menjadi menjadi salah satu pilihan masyarakat. Pastikan dokter gigi pilihan kamu sudah memiliki jam terbang yang layak untuk didatangi. Dengan biaya tersebut tentu kamu ingin perawatan yang lebih maksimal dan tidak merugikan untuk kantongmu.

Biaya di Puskesmas

Puskesmas merupakan sarana pelayanan kesehatan masyarakat dengan biaya yang relatif lebih murah. Puskesmas mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama bagi masyarakat. Biaya membersihkan karang gigi rata-rata berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 150.000.

Tentu saja biaya kesehatan tersebut pun belum termasuk biaya masuk puskesmas. Perlu diketahui bahwa tidak semua puskesmas menyediakan fasilitas untuk membersihkan karang gigi. Jadi baiknya lakukan pencarian dulu sebelum memutuskan pergi ke puskesmas.

Meskipun puskesmas merupakan fasilitas yang disediakan pemerintah, namun biayanya pun tergolong berbeda. Bahkan ada yang termasuk mahal juga. Hal itu dipengaruhi oleh lokasi dari puskemas, subsidi dana dari pemerintah, dan tingkat kesulitan dari tindakan yang diambil.

Bicara mengenai dana dari pemerintah, masing-masing puskesmas memiliki subsidi yang berbeda. Apabila subsidi dana cukup besar, tentu biaya membersihkan karang gigi di puskesmas akan jauh lebih murah.

Perbedaan yang terlihat dari biaya membersihkan karang gigi di dokter gigi dan puskesmas tentu menjadi pertimbangan yang dapat diperhitungkan oleh masyarakat. Memiliki karang gigi memang hal yang sangat menyusahkan. Meskipun ada beberapa fasilitas yang ditawarkan untuk membersihkannya, namun ada baiknya jika kamu turut menjaga kesehatan gigimu sendiri.

Toh dibandingkan harus rutin mengeluarkan biaya untuk pergi ke dokter gigi atau puskesmas, lebih baik uangnya ditabung untuk hal yang kelak bermanfaat untuk dirimu sendiri. Jadi, jagalah kesehatan gigi karena biaya untuk membersihkannya tidak murah. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami