Perbedaan Cincau Hitam dan Cincau Hijau Beserta Khasiatnya

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Saat bulan ramadhan tiba, biasanya cincau hitam dan hijau sering diserbu, untuk dijadikan menu minuman segar. Namun, meski sama-sama cincau, tahukah kamu apa perbedaan cincau hitam dan cincau hijau?

Serupa tapi sama, tapi nyatanya cincau hitam dan cincau hijau itu berbeda loh guys. Bagi kamu yang masih asing dengan bahan makanan ini, mungkin tidak tahu di mana letak perbedaannya.

Namun, perbedaan cincau hitam dan cincau hijau, yang paling terlihat, adalah tentu dari warnanya.

Seperti namanya, cincau hitam memiliki warna hitam pekat. Sedangkan cincau hijau, memiliki warna hijau dan agak sedikit transparan.

Namun selain warna, apalagi perbedaan cincau hitam dan cincau hijau? Yuk, yang penasaran, langsung saja simak uraiannya berikut ini.

Perbedaan Cincau Hitam dan Cincau Hijau

1. Dari Bahan yang Digunakan

Perbedaan cincau hitam dan cincau hijau yang pertama, selain warna adalah bahan pembuatan, yang digunakan.

Sama-sama dibuat dari ekstrak tanaman, namun keduanya dibuat dari tanaman yang berbeda.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Es Kopi Literan Paling Hits)

Cincau hitam, menggunakan bahan dari ekstrak daun tanaman Mesona Palustris, atau biasa dikenal dengan daun janggelan.

Sementara cincau hijau, dibuat menggunakan bahan dari ekstrak daun tanaman rambat berjenis Cylea Berbata Nyers.

2. Cara Pembuatannya

Perbedaan cincau hitam dan cincau hijau yang kedua, adalah dari cara pembuatannya.
Meski sama-sama dari bahan alami yakni daun, namun cara menanganinya berbeda.

Adapun, cara pembuatan cincau hitam yang pertama kali harus dilakukan adalah, mengeringkan daun jenggalan terlebih dahulu.

Setelah kering, daun direbus hingga mendidih, dan tambahkan abu merang hitam. Setelah itu, saring airnya, dan tambahkan pati, lalu diamkan semalaman, hingga menjadi agar-agar.

Berbeda dengan cincau hijau, cara pembuatan cincau hijau agak sedikit lebih simpel. Adapun kamu, hanya meremas-remas daun, dengan air matang hingga sari nya keluar.

Lalu saring ekstrak yang dikeluarkan daun, dan diamkan sekitar empat jam, hingga sari berubah menjadi agar-agar.

3. Teksturnya

Selain warna, bahan, dan cara buat, hasil dari cincau hitam dan hijau juga berbeda loh guys. Apa perbedaan cincau hitam dan cincau hijau ketika sudah jadi?

Apa lagi kalau bukan dari teksturnya. Pasalnya, jika dikonsumsi kedua cincau ini memiliki sensasi rasa dan tekstur yang berbeda.

Hasil dari cincau hitam, teksturnya agak keras dan lebih tahan lama. Bahkan, kamu bisa mencetak, memegangnya, memotong, hingga memarutnya sesuka hati.

Sedangkan cincau hijau, hasilnya lebih lunak, licin, lembut, dan sulit untuk dipotong. Sehingga, jika kamu ingin memakannya, terpaksa menggunakan sendok.

Meski begitu, daya tahan cincau hijau juga lumayan lama. Jadi kamu bisa menyimpannya di tempat yang sejuk, seperti di lemari es.

4. Bentuk Ketika Dijual

Karena ada perbedaan di tekstur, maka bentuk cincau ketika dijual di pasaran juga berbeda.

Jika melihat perbedaan cincau hitam dan cincau hijau ketika dijual, mungkin akan lebih mudah membeli cincau hitam.

Karena, ketika dijual cincau hitam biasanya sudah berbentuk kotak seperti tahu. Bahkan, kamu bisa menyentuhnya hingga mencium aromanya, untuk memastikan bahwa cincau masih segar.

Sedangkan cincau hijau, biasa dijual sudah dalam bentuk kemasan, di dalam plastik. Sehingga, kamu tidak mengetahui bagaimana kondisinya.

5. Menu atau Cara Mengolahnya

Nah, jika kamu sudah mengetahui beberapa perbedaannya, dari tekstur hingga rasa, itu artinya ada perbedaan juga di cara mengolahnya.

Biasanya, masyarakat Indonesia menggunakan cincau hitam untuk olah menjadi minuman segar seperti campuran es buah, campuran di kopi, thai tea, dan minuman lainnya.

Bahkan, cincau hitam juga bisa dimakan hanya dengan susu kental manis, dan gula. Mungkin, ketika sekolah kamu pernah menemukan penjual cincau hitam, yang diolah dengan cara demikian.

Nah, bagaimana pengolahan cincau hijau? Untuk cincau yang lembut ini, biasa sangat nikmat jika dijadikan minuman, yang dicampur dengan es serut,kuah santan, gula merah atau sirup coco pandan.

6. Harga

Untuk soal harga, perbedaan cincau hitam dan cincau hijau, lumayan jauh. Namun, jika ditanya yang paling murah, jawabannya adalah cincau hijau.

Umumnya, cincau hijau dijual di pasaran sekitar Rp10.000 – Rp15.000 per 500 gram. Sedangkan cincau hitam dijual sekitar Rp35.000-an per 500 gram.

Khasiat Cincau Hitam dan Cincau Hijau untuk Kesehatan

Tidak hanya nikmat dan segar, kedua cincau ini ternyata memiliki khasiat yang liar biasa loh, untuk tubuh. Yuk, intip apa saja khasiatnya!

Cincau Hitam

  • Membantu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes
  • Menyembuhkan radang dan sakit tenggorokan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Bantu menetralkan asam lambung
  • Mengurangi masalah pencernaan seperti diare
  • Menangkal penyakit malaria

Cincau Hijau

  • Menuntaskan masalah pencernaan
  • Sebagai anti inflamasi
  • Meredakan panas dalam
  • Mengatasi masalah darah tinggi
  • Menurunkan demam
  • Meredakan masalah otot
  • Mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis

(Baca Juga: 9 Bisnis Kuliner yang Viral saat Pandemi)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait perbedaan cincau hitam dan cincau hijau, beserta khasiat dari masing-masing jenis cincau.

Kamu sendiri lebih suka cincau hitam atau cincau hijau? Atau kamu mungkin punya ide membuat menu baru dari kedua cincau ini, untuk peluang usaha?

Seperti ide yang bagus, jika cincau bisa dijadikan peluang usaha. Terlebih, saat memasuki bulan ramadhan tahun depan.

Bisnis Minuman Cincau, Modalnya Pakai Pinjaman Online dari CekAja!

Nah, buat kamu yang punya ide bikin usaha minuman cincau, tapi kurangnya modal bikin galau, bisa serahkan ke masalah keuanganmu ke CekAja.com!

Karena di CekAja.com, kamu bisa mencari, memilih, membandingkan, hingga mengajukan produk pinjaman online terbaik dan terpercaya.

Ada banyak produk pinjaman online yang disediakan Cekaja.com, dari berbagai perusahaan P2P Lending ternama, yang bisa kamu pilih.

CekAja.com, beserta para partner yang bekerjasama, juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, nggak perlu takut!

Jadi, tunggu apa lagi? segera ajukan pinjaman online terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan bangun bisnis cincau impianmu!