Simak Perbedaan CrediNex dengan Kartu Kredit Lainnya Berikut Ini!

5 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Hadirnya CrediNex menjadi terobosan baru yang menarik, dan membuat orang ingin mengetahui apa perbedaan CrediNex dengan kartu kredit lainnya. Karena sontak terdengar, untuk bisa memiliki kartu ini tidak perlu melalui proses dan persyaratan yang rumit, layaknya bank konvensional.

Namun selain itu, sebenarnya apa saja perbedaan CrediNex dengan kartu kredit lainnya? Daripada penasaran, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas seluruh informasinya secara lengkap, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu CrediNex?

Sebelum tahu lebih jauh tentang perbedaan CrediNex dengan kartu kredit lainnya, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu informasi dasar seputar CrediNex itu sendiri.

CrediNex merupakan platform keuangan digital jenis P2P Lending, yang menggunakan kartu sebagai media untuk menyalurkan pinjamannya.

Jadi, CrediNex akan menyederhanakan semua proses mengakses kartu, dengan mengintegrasikan Bank terhadap teknologi keuangan CrediNex.

Semua kemudahan akses tersebut dihadirkan CrediNex, atas dasar sulitnya akses kredit di Asia Tenggara.

Di mana, sekitar 66 persen orang di Indonesia tidak memiliki akses terhadap kartu kredit, yang membuatnya sulit untuk mendapatkan pinjaman dana dari bank, maupun lembaga keuangan lainnya.

Oleh karena itu, CrediNex pun hadir dengan tujuan sebagai solusi untuk menyelesaikan tantangan yang ada.

Diwujudkan melalui perpaduan antara bank dengan teknologi keuangan, untuk menyampingkan semua proses dan persyaratan yang rumit, dalam mendapatkan pinjaman dana.

Sebagai kartu yang didukung oleh bank BNI, CrediNex tentu sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

(Baca Juga: Promo Free Annual Fee Kartu CrediNex)

Perbedaan CrediNex dengan Kartu Kredit Lainnya

Jika berbicara tentang perbedaan CrediNex dengan kartu kredit lainnya, sebenarnya di pembahasan sebelumnya sudah bisa diketahui, kalau perbedaannya terletak dari kemudahan akses yang diberikan.

Di CrediNex sendiri, kamu bisa melakukan dan menyelesaikan proses pengajuan hanya dalam waktu lima menit.

Bagaimana bisa? Tentu bisa. Sebab dengan CrediNex, kamu tidak perlu memikirkan semua persyaratan yang rumit dan berbelit, seperti mengajukan kartu kredit di perbankan konvensional.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi CrediNex dan membuat akun, lalu melakukan pengajuan di sana hanya dengan tiga langkah sederhana.

Untuk dokumennya sendiri, kamu tidak perlu melampirkan banyak dokumen, kecuali KTP resmi, NPWP dan slip gaji.

Apabila pengajuan melalui aplikasi sudah selesai dilakukan, dan kamu sudah mendapat persetujuan dari analis, maka semua fitur dan kemudahan yang diberikan bisa dinikmati.

Kartu pun akan dikirim langsung ke lokasi tempat tinggal mu, tanpa memerlukan tanda tangan pihak bank.

Namun perlu diketahui, batas maksimum yang diberikan sekitar Rp8 juta, yang bisa digunakan untuk transaksi online maupun offline, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Syarat Pengajuan Kartu CrediNex

Kamu tertarik dan ingin memiliki kartu yang satu ini? Eits, tunggu dulu! Sebelum yakin untuk memilikinya, sebaiknya ketahui dan penuhi dulu beberapa persyaratannya berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 22 – 55 tahun
  • Bekerja sebagai karyawan swasta, profesional atau wiraswasta
  • Memiliki penghasilan gabungan kotor sekitar Rp30 juta
  • Memiliki nomor telepon seluler
  • Memiliki E-KTP yang masih berlaku atas nama pribadi
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki dan melampirkan slip gaji 3-6 bulan terakhir, yang sudah memiliki cap perusahaan.

Biaya Pengajuan Kartu CrediNex

Selain mengetahui informasi seputar syarat pengajuan, kamu juga perlu mengetahui biaya yang akan dikenakan selama menggunakan kartu CrediNex, yang di antaranya yaitu:

  • Biaya layanan transaksi mulai dari 3-6 persen per bulan
  • Biaya penggantian kartu, senilai Rp25 ribu
  • Biaya pengelolaan penagihan, sekitar 4 persen dikali outstanding, atau minimal Rp40 ribu
  • Bunga keterlambatan, sebesar 0,2 – 0,4 persen per hari.

Pendaftaran dan Aktivasi Akun CrediNex

Untuk bisa memiliki kartu CrediNex, kamu harus melakukan pendaftaran dan aktivasi akun terlebih dahulu, setelah berhasil mengunduh aplikasinya.

Bagaimana caranya? Tentu sangat mudah, cukup persiapkan dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan KTP resmi, NPWP dan Slip Gaji
  • Foto selfie
  • Menjawab beberapa pertanyaan terkait data diri, pekerjaan dan nomor kontak yang bisa dihubungi
  • Kemudian, pihak CrediNex akan menentukan nilai limit kredit yang diberikan, dan akan memberi tahu persetujuan tersebut langsung dari aplikasi
  • Kartu CrediNex serta PIN transaksi akan dikirim langsung ke lokasi tempat tinggal.

Setelah proses pendaftaran akun berhasil dilakukan, selanjutnya kamu perlu mengaktivasi akun, dengan cara mengisi empat digit terakhir dari kartu CrediNex yang diterima, di aplikasi tersebut.

Jika berhasil, kartu pun sudah aktif dan bisa langsung digunakan di sejumlah merchant favorit, yang memiliki logo MasterCard dan GPN.

Cara Penggunaan Kartu CrediNex

Pendaftaran dan aktivasi akun sudah, maka selanjutnya kamu tinggal menggunakan kartu CrediNex, dan menikmati fitur-fitur yang diberikan.

Cara menggunakan kartu ini pada dasarnya sama dengan kartu kredit lainnya, yaitu cukup dengan menggesekkan kartu di mesin EDC, kemudian tekan PIN transaksi, maka proses transaksi pun selesai dilakukan.

Bagaimana, benar-benar sangat mudah bukan? Namun tetap saja, kamu perlu memperhatikan beberapa hal, seperti merchant yang harus memiliki logo MasterCard dan GPN, serta memastikan dana cukup sebelum melakukan transaksi.

Cara Pembayaran Tagihan Kartu CrediNex

Melihat sistem penggunaan kartu CrediNex yang sama dengan kartu kredit, maka jangan heran jika cara pembayaran tagihannya pun sama.

Di mana, tagihan kartu ini nantinya akan dikirim melalui aplikasi CrediNex, pada tanggal cetak Lembar Tagihan setiap bulannya, sesuai dengan tanggal yang sudah kamu pilih.

Misalnya, kamu memilih tanggal 25 sebagai tanggal penagihan, maka setiap tanggal 25 aplikasi CrediNex akan mengirimkan rincian tagihan yang harus dibayarkan.

Namun perlu diperhatikan, kalau pembayaran tagihan wajib dilakukan dalam kurun waktu tiga hari, setelah tanggal cetak Lembar Tagihan.

Apabila melewati batas waktu yang ditentukan, maka pihak CrediNex akan memberikan denda keterlambatan yang terus berjalan sampai tanggal cetak tagihan berikutnya.

Pembayaran tagihan kartu CrediNex ini, bisa dilakukan melalui ATM bank mana saja, maupun secara online melalui Mobile Banking dan Internet Banking.

Caranya cukup dengan memilih pilihan “Transfer ke bank BNI”, lalu mengisi nomor Virtual Account yang diberikan, beserta jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

(Baca Juga: Kartu Kredit Terbaik untuk Mahasiswa)

Itulah beberapa informasi seputar perbedaan CrediNex dengan kartu kredit lainnya, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Jika dari informasi tersebut, kamu tertarik untuk memiliki kartu ini, maka kamu bisa langsung mengunduh aplikasinya dan melakukan pendaftaran di sana, maupun melalui situs perbandingan seperti CekAja.com agar lebih mudah.

Sebab, di CekAja.com kamu hanya perlu mengisi beberapa informasi data yang dibutuhkan pada formulir online.

Setelah itu, kamu tinggal menunggu pihak CekAja.com menghubungi untuk melakukan konfirmasi dan verifikasi data, kemudian memproses semuanya.

Apabila pengajuan CrediNex berhasil, maka nantinya kamu akan langsung dialihkan ke aplikasi CrediNex.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, lakukan pengajuan CrediNex melalui CekAja.com sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani