Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Harga Hampir Sama, Apa Perbedaan Mobil Avanza dan Xpander?

by lhmdi on 26 Agustus, 2017

biaya transportasi _ kredit mobil - CekAja.com

Mobil seperti Toyota Avanza yang termasuk dalam kategori Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), memang masih menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia.

Harga mobil Avanza yang terjangkau ikut menjadi pertimbangan kenapa mobil ini dipilih oleh konsumen otomotif.  Bagaimana bila dibandingkan Xpander?

Bisa dibilang, saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, Avanza sudah bisa dibilang merajai kelas mobil LMPV. Tahun demi thaun, Toyota pun selalu mengembangkan mobil Avanza. Namun, mobil ini tetap dipilih sebagai kendaraan pribadi bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan, pada tahun 2015, Toyota meluncurkan seri terbaru Avanza. Harga mobil Avanza yang dilabeli dengan nama “Grand New” ini pun cukup terjangkau.

(Baca juga: Serba-serbi Toyota Sienta, dari Harga hingga Plus-Minusnya)

Karena mobil jenis  Low Multi Purpose Vehicle  kian populer di Indonesia, membuat para pesaing Toyota pun ramai-ramai meluncurkan mobil dengna jenis sama.

Salah satunya adalah Mitsubishi. Pada tahun 2016 yang lalu, pabrikan asal Jepang ini mengenalkan mobil concept yang di beri nama Mitsbishi MX.

Baru pada pertengahan tahun 2017 yang lalu bertepatan dengan event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung di Kemayoran, Jakarta, MItsubishi mengenalkan Xpander yang merupakan versi resmi dari Mitsubishi MX.

Mitusbishi Xpander pun langsung dibandingkan-bandingkan dengan Avanza. Harga Xpander pun bisa dibilang hampir sama dengan harga mobil Avanza di seri terakhirnya, yaitu Grand New yang dluncurkan pada thaun 2015.

Lalu, seperti apa sebenanrya perbandingan kedua mobil ini, meski memiliki perbedaan harga yang tidak terlalu jauh.

Untuk melihat lebih dalam, tidak salah rasanya jika kita mengulas terlebih dahulu apa saja yang ditawarkan oleh Mitusbishi Xpander dan Toyota Avanza.

Gambaran Spesifikasi Toyota Grand New Avanza

tips beli mobil _ kredit kendaraan - CekAja.com

Diluncurkan pada tahun 2015 yang lalu Grand New Avanza menampilkan rasa baru. Dilansir dari kompas, desainer Toyota bahkan melambang Grand New Avanza dengan tampilan yang lebih kokoh, canggih, dan sporty.

Pengembangan desain Grand New Avanza paling terjadi pada bagian desan gril yang lebih lebar serta lower bumper yang menyatu dan lampu kabut.

Tidak hanya desain luar Grand New Avanza saja yang mengalami pegembangan. Bagian interiornya pun dibuat lebih nyaman.

Dasar dari Grand Avanza pada bagian interiornya adalah gabungan warna abu-abu dan Oak plus kehadiran Eco Indicator yang menampilkan kenyamanan untuk konsumen.

Toyota juga menambahkan sistem suspensi yang nyaman dengan memperkuat struktur lantai sehingga mampu mengurangi suara bising pada mobil serta  tampil stabil meski berakselerasi dengan cepat.

Sebagai mobil untuk keluarga, Grand New  Avanza dilengkapi dengan kehadiran Isofix yang terletak di jok baris kedua. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan bayi dengan menggunakan sabuk pengamanan tiga titik di kursi.

Mobil ini semakin dibuat berkelas dengan kehadiran warning seatbelt untuk penumpang, power window dengan jam protection ABS, side impact beam, hingga kunci yang sudah menggunakan teknologi Immobilizer.

Grand New Avanza menggunakan mesin teknologi Dual VVT-i yang diklaim sangat bertenga, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan. Bahkan Toyota menambahkan mesin ini dibuat untuk meminimalisir getaran.

Harga mobil Avanza dengan nama “Grand New” ini sendiri cukup bervariasi. Memiliki lima seri, Toyota melepas mobil ini dimulai dari harga Rp 190.200.000 hingga Rp 203.500.000 pada tahun 2015 yang lalu.

Perbandingan Grand New Avanza dengan Mitsubishi Xpander

tips beli mobil - CekAja.com

Pada tahun 2016 yang llau Mitsubishi sudha mengenalkan mobil concept yang diberi nama MX. Namun, baru pada tahun 2017 inilah Xpander yang merupakan nama resmi dari Mitsubishi MX diluncurkan di Indonesia.

Mitsubishi bahkan mengkalim bahwa mobil ini tidak kalah menarik dari Grand New Avanza yang selama ini dkenal sebagai mobil favorit untuk jenis Low Multi Purpose Vehicle.

Saat pertama kali dikenalkan di acaara GIIAS 2017 yang lalu, Mitsubishi Xpander memiliki desain Dynamic Shield, yang sebelumnya yang sekilas telrihat hampir sama dengan Pajero Sport.

Bentuk lampunya pun diubah dan terlihat unik daripada mobil conceptnya. Lampu yang sejajar dengna kap mobil memiliki fungsi sebagai headlamp, dan di bagian bumper menghadap ke bawah.

Pada bagian eksterior, Mitsubishi Xpander memperlihatkan lekuk garis agresif pada sisi body dari depan hingga belakang.

Hal ini masih ditambah dengan kehadiran lampu belakang dengan LED berbentuk L memberikan kesan sporty nan elegan.

Pada bagian interior, Mitsubishi Xpander menampilkan gabunganwarna krem serta hitam.  Menurut laporan Kumparan, saat peluncuran Mitsubishi Xpander, kurang lebih terdapat 19 ruang penyimpanan pada mobil ini.

Pada bagian mesin, Mitsubishi Xpander menggunakan mesin 1.5L MIVEC, DOHC 16-valvel, yang diklaim mampu menghasikan tenaga laju kendaraan 77 KW pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Belum cukup sampai di situ Mitsubishi Xpander juga dilengkapi dengan kehadiran transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan untuk menambah tenaga mobil pada ban.

Untuk keamanan dan kenyamanan, Mitsubishi Xpander menempatkan kelengkapan standar pada mobil LMPV, seperti kehadiran Emergency Stop Signal System, SRS Airbags hingga rem ABS.

Sementara itu, pada bagian bumpernya Xpander di desain dengan kemanan yang mampu meminimalisir kecelakaan.

Untuk harga Xpander hanya berbeda tipis dengan harga mobil Avanza yang mengusung konsep “Grand New.”

Hadir dalam lima versi, harga termurah Mitsubishi Xpander adalah Rp 189.050.000. Sementara itu harga tertinggi dari Xpander yaitu versi Ulitmate dipatok di angka Rp 243. 050.000.

Setelah melihat gambaran umum dari Avanza dan Xpander, mana yang akan kita jadikan pilihan sebagai mobil untuk kebutuhan keluarga.

Jika ingin melihat dari harga dan kemudahan pembelian, layanan CekAja.com menyediakan mesin perbandingan untuk [embelian kredit kendaraan bermotor jenis apa pun, termasuk Avanza dan Xpander.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami