Mengenal Perbedaan Pembatasan Sosial dan Darurat Sipil

2 min. membaca Oleh CekAja on

Virus corona masih menyebarkan teror. Merespon hal tersebut, beberapa Pemerintah Daerah langsung melakukan karantina di wilayahnya sendiri. Beberapa wilayah yang dilaporkan sudah melakukan karantina secara lokal adalah Tegal, Tasikmalaya, Ciamis, Papua dan Makassar.

Mengenal Perbedaan Pembatasan Sosial dan Darurat Sipil

Pemerintah pusat sendiri sudah menyatakan tidak akan melakukan karantina atau yang dikenal dengan istilah lockdown. Di Indonesia, istilah yang digunakan adalah karantina.

Hal tersebut terlihat dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2018 tentang karantina Kesehatan.

Melihat kondisi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, sebenarnya sah-sah saja jika karantina dilakukan, demi kemaslahatan bersama.

Namun hal tersebut merupakan wewenang pemerintah pusat.

Presiden Joko Widodo bersama jajaran Menteri terkait, semalam (30/3) menggelar Rapat Terbatas (Ratas) untuk menentukan aksi pencegahan corona.

Dalam rapat tersebut diputuskan untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan status darurat Kesehatan masyarakat.

PSBB sendiri disandarkan pada UU No. 6 Tahun 2018 tentang karantina Kesehatan.

Untuk memuluskan rencana tersebut, Presiden juga sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang PSBB dan Keputusan Presiden (Keppres) tentang penetapan darurat Kesehatan masyarakat.

Dua strategi tersebut juga diberikan rencana cadangan, yakni adanya penetapan darurat sipil.

Status tersebut bisa ditetapkan kala keadaan bertambah sangat buruk. Nah berikut merupakan perbedaan dari masing-masing kondisi yang ditetapkan.

(Baca juga: Biar Gak Panik, Yuk Selektif Dalam Memilah Informasi Saat Corona Melanda)

1. Pembatasan Sosial Berskala Besar

Dalam status seperti ini, berarti kamu sudah dibatasi untuk menggelar aktivitas sosial yang melibatkan orang banyak.

Seperti arisan, kumpul-kumpul di rumah teman, rapat kerja yang menghadirkan banyak peserta dan berbagai aktivitas bersama lainnya.

Dalam kondisi seperti itu juga sekolah dan juga tempat kerja bisa diliburkan.

Sekarang pun sudah banyak perusahaan yang memberikan kelonggaran kepada karyawannya untuk melakukan kerja dirumah atau work from home.

Sementara untuk para pelajar, juga diberikan kelonggaran berupa belajar dirumah. Tugas sekolah dan juga pekerjaan kantor tetap diberikan secara biasa lewat daring.

Selain itu kegiatan keagamaan juga dibatasi. Maklum dalam aktivitas keagamaan biasanya melibatkan ratusan bahkan ribuan orang sebagai partisipannya.

Oleh karena itu pembatasan perlu dilakukan agar penyebaran virus novel corona tidak bertambah parah.

Pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum juga dilakukan. Jadi kamu diimbau untuk tidak berkumpul di kafe, restoran, taman dan fasilitas lainnya.

(Baca juga: Biar Dompet Gak Boncos di Musim Corona, Tinggalkan 5 Kebiasaan Ini)

2. Darurat Sipil

Nah disini yang memegang kuasa tertinggi adalah Presiden atau Panglima Tertinggi Angkatan Perang.

Kita semua tentu berharap status tersebut tidak pernah diberlakukan. Karena jika sudah terjadi berarti kondisi corona sudah semakin membahayakan.

Dalam status ini tidak lagi dilakukan pembatasan, melainkan pelarangan kegiatan pertemuan umum. Pun tetap diadakan harus mendapatkan izin dari penguasa darurat sipil, yakni Presiden.

Akses masuk untuk masuk ke Gedung, tempat kediaman, fasilitas umu juga dibatasi hingga batas waktu yang ditentukan. Kamu juga dibatasi untuk berada di luar rumah.

Presiden selaku Penguasa Darurat Sipil juga berhak memeriksa setiap orang yang dicurigai. Nanti tugas tersebut dilaksanakan oleh Polisi.

Patuhi imbauan pemerintah ya. Semua dilakukan untuk kebaikan kita bersama.

Kamu yang saat ini masih berada dirumah untuk melakukan WFH, pergunakan kesempatan tersebut sebaik-baiknya.

Karena diluar sana banyak teman-teman yang berjibaku untuk berperang melawan corona. Waktu WFH bisa digunakan untuk menambah ilmu setelah lelah mengerjakan pekerjaan kantor.

Carilah ilmu yang bisa kamu gunakan untuk menambah pundi penghasilan kamu.

Seperti berbisnis telur ayam ataupun bisnis yang sedang happening sekarang, kopi susu. Urusan modal, jangan ragu akses pinjaman dari aplikasi Kredivo di CekAja.com saja!

Tentang kami

CekAja

CekAja