Perbedaan Pilot dan Co-pilot Beserta Rata-rata Gajinya

3 min membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Siapa sih yang tidak bangga, bisa menjadi seorang pilot atau co-pilot? Tapi, kamu sendiri tahu nggak sih, perbedaan pilot dan co-pilot itu apa? Yuk, kita bahas di sini, beserta informasi lainnya!

Ternyata, masih banyak yang belum tahu loh, apa perbedaan pilot dan co-pilot, di pesawat terbang. Karena, mereka duduk di tempat yang sama, bahkan hingga menggunakan seragam yang sama.

Tapi, rupanya tugas bahkan hingga gaji pilot dan co-pilot itu berbeda loh guys. Jika dilihat, secara garis besar, hal-hal yang dilakukan pilot dan co-pilot hampir sama, yakni harus mahir menerbangkan pesawat.

Namun, jika dilihat secara khusus, hadirnya co-pilot sendiri, adalah untuk membantu dan mengambil alih tugas pilot, ketika ada sesuatu yang terjadi kepada pilot.

Akan tetapi, tetap saja untuk masalah tanggung jawab, lebih besar pilot daripada co-pilot.

Intinya, pilot dan co-pilot, harus bisa membangun koordinasi dan kerjasama yang baik, serta keduanya harus bisa berbagi tugas ketika melakukan penerbangan.

(Baca Juga: 7 Tips Atasi Panik saat Turbulensi Pesawat)

Jadi, apa saja perbedaan pilot dan co-pilot dari segi tugas dan tanggung jawab? Yuk kita simak di sini!

Perbedaan Pilot dan co-Pilot

1. Pilot

Banyak anak-anak, yang ingin bercita-cita menjadi pilot. Atau jangan-jangan, pilot termasuk salah satu cita-cita kamu dulu?

Banyak dari kamu juga, mungkin ingin menjadi pilot karena keren dan gajinya besar. Jangan salah ya, karena dibalik itu semua, ada tugas dan tanggung jawab yang besar pula.

Tidak menerbangkan sendirian, pilot juga dibantu dengan co-pilot. Loh apa bedanya? Nah, buat kamu yang belum tahu perbedaan pilot dan co-pilot, yuk simak tugas-tugas dari pilot di sini.

Tugas, tanggung jawab, hingga rincian profesi pilot:

  • Tugas pilot yang pertama adalah sebagai kapten, yang bertanggung jawab untuk penerbangan, kru, penumpang dan pesawat itu sendiri.
  • Harus memastikan bahwa semua pemeriksaan telah dilakukan sebelum dan setelah penerbangan.
  • Memiliki tanggung jawab, untuk memeriksa kondisi cuaca, keamanan jalur penerbangan, rencana penerbangan, dan menerbangkan pesawat mulai dari lepas landas, sampai ke tujuan.
  • Tugas pilot selanjutnya adalah melaporkan masalah atau, jika ada perubahan selama penerbangan.
  • Pilot juga memiliki tugas, menulis catatan komunikasi dari petugas air traffic control. Setelah itu, pilot menerapkan rencana penerbangan jika diperlukan.
  • Pilot juga tidak bekerja sendirian, karena pilot juga akan berbagi tugas, untuk menerbangkan pesawat dengan co-pilot.
  • Tugas pilot juga bisa diserahkan ke co-pilot, jika pilot mengalami kondisi darurat.
  • Dari segi gaji, perbedaan pilot dan co-pilot terlihat jelas. Karena gaji pilot tentu lebih tinggi, yakni sekitar Rp40 juta – Rp50 juta.
  • Dari segi pengalaman, pilot tentu lebih berpengalaman, ketimbang co-pilot.
  • Jika dilihat dari seragam, pilot sendiri memiliki tanda empat garis di seragamnya, sedangkan co-pilot hanya tiga garis.

2. Co-Pilot

Niatnya jadi pilot, kok malah jadi co-pilot? Padahal, tugasnya, seragamnya, tempat duduknya, sama. Memang, co-pilot ini, yang duduk di sebelah kanan atau kiri sih? Lantas apa yang membedakan keduanya? Yuk, intip tugas co-pilot, agar kamu lebih tahu perbedaan pilot dan co-pilot.

Tugas, tanggung jawab hingga rincian profesi co-pilot:

  • Tugas co-pilot yang pertama adalah tentu berbagi tugas, untuk menerbangkan pesawat dengan pilot. Adapun co-pilot umumnya duduk di sebelah kanan.
  • Co-pilot juga wajib menerima perintah apapun, yang diberikan oleh pilot.
  • Tugas lain dari co-pilot, juga mungkin akan bertanggung jawab, untuk komunikasi radio dan navigasi komputer.
  • Nah, jika dalam penerbangan jarak jauh, pilot dan co-pilot juga sangat memungkinkan bertukar tugas, untuk menerbangkan pesawat. Jadi, pilot mengerjakan tugas co-pilot begitupun sebaliknya.
  • Co-pilot juga wajib, mengambil alih penerbangan jika pilot sakit atau tidak sanggup.
  • Untuk soal gaji, co-pilot memiliki gaji yang lebih kecil daripada pilot, yakni sekitar Rp30 juta – Rp40 juta
  • Untuk seragam memang terlihat sama dengan pilot. Namun, bedanya ada di tanda garis, di mana co-pilot hanya memiliki tiga garis.

Nah, itu dia beberapa informasi sederhana terkait perbedaan pilot dan co-pilot, dari segi tugas, tanggung jawab, hingga gajinya.

Bagaimana? Kamu sendiri lebih tertarik untuk menjadi pilot atau co-pilot? Nah, apapun pilihannya, kamu tetap harus bisa bekerja secara profesional, dan melayani penumpang dengan baik.

(Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Fobia Naik Pesawat yang Bisa Dicoba)

Pasalnya, baik pilot, co-pilot, masinis, sopir, nahkoda, dan lainnya, merupakan profesi yang memiliki tanggung jawab besar, terhadap penumpang yang dibawanya.

Jadi, jangan sampai sedang dalam kondisi yang tidak baik, saat memegang tugas tersebut. Pastikan, tubuh selalu sehat, bugar, dan berkonsentrasi.

Apapun profesinya, sebaiknya memiliki asuransi kesehatan, agar kamu bisa terlindungi dari berbagai macam risiko jatuh sakit, hingga risiko kerugian finansial.

Yuk, miliki asuransi kesehatan terbaik, yang bisa kamu dapatkan di CekAja.com. Karena, CekAja.com, menyediakan banyak produk asuransi kesehatan, dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan ternama Indonesia.

Jadi, sebelum terlambat, miliki, cek produknya, bandingkan, dan ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.