Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Perbedaan Virus Corona dan Flu Biasa yang Perlu Kamu Ketahui

by Gesti Weningtyas on 20 Maret, 2020

Virus Corona dan Flu memiliki beberapa kemiripan. Bahkan, gejala penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut memiliki beberapa kemiripan. Flu biasa maupun coronavirus ini disebabkan oleh virus yang sama-sama menyerang saluran pernapasan manusia namun keduanya berasal dari golongan yang berbeda. Dengan demikian karakteristik virus pun juga berbeda. Dilihat dari gejala dan tingkat keparahan pasien yang menderita virus Corona maupun flu biasa sangat berbeda.

Perbedaan Virus Corona dan Flu Biasa  

Seperti yang telah kita ketahui penyebaran virus Corona ini telah melintasi hingga 83 negara termasuk salah satunya adalah Indonesia. Saat ini sudah ratusan ribu orang terinfeksi, dan lebih dari 7 ribu orang meninggal akibat virus Corona.

Baik virus corona maupun virus flu biasa, keduanya sama-sama menular dan menyebabkan penyakit pernafasan seperti demam, batuk sakit tenggorokan, sakit otot hingga kelelahan maupun diare. Namun biasanya orang yang telah terkena flu akan sembuh sendiri dalam waktu kurang dari 2 minggu. Meskipun pada beberapa orang flu juga bisa menyebabkan komplikasi seperti infeksi paru atau pneumonia sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Berikut merupakan beberapa perbedaan gejala infeksi virus Corona maupun flu biasa yang perlu kamu ketahui:

Virus Corona

Gejala yang dialami oleh orang yang telah terinfeksi Virus Corona memang mirip dengan flu biasa tapi ada keluhan pada saluran pernafasan bawah. Virus ini bisa menyerang siapapun bahkan bayi anak-anak, ibu hamil dan menyusui maupun lansia. Beberapa jurnal juga menyebutkan bahwa virus Corona ini justru lebih berbahaya ketika menyerang lansia karena daya tahan tubuh lansia lebih rendah dan reproduksi sel-sel tubuh mulai melambat. Beberapa kasus kematian terjadi pada lansia dan orang-orang yang telah berumur lanjut karena mengalami komplikasi dengan berbagai penyakit lainnya sehingga usia pun tidak dapat bertahan lebih lama.

Virus yang menyebabkan flu berasal dari golongan rhinovirus yang menyebar dari manusia ke manusia. Gejala flu seperti ini paling sering menyerang anak-anak maupun remaja biasanya terjadi sepanjang tahun dan paling sering ditemukan saat musim hujan. Sedangkan Covid-19 atau virus korona ini berasal dari golongan coronavirus. Hal yang paling utama adalah ada tiga gejala yang cukup khas pada virus Corona yaitu demam tinggi, batuk serta sesak nafas.

Pasien yang sudah terinfeksi oleh virus Corona ini biasanya juga akan mengalami nyeri otot sakit kepala pilek diare mual muntah dan juga sakit tenggorokan. Namun demikian beberapa gejala ini bukan merupakan gejala yang khas dan tidak semua mengalami gejala seperti ini. Adapun pada pasien yang sudah berada tahap yang cukup parah akan mengalami beberapa komplikasi yang serius dan berbahaya seperti gangguan pernafasan akut edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh seperti ginjal serta infeksi paru yang cukup berat. Gejala ini yang bisa mengakibatkan kematian pada pasien yang terinfeksi virus Corona.

Pengobatan

Pengobatan virus Corona dengan flu biasa sangat berbeda yaitu dengan kasus virus Corona pengobatan akan lebih ditujukan menjaga kondisi pasien dan daya tahan tubuh pasien serta mengatasi beberapa gejala komplikasi yang muncul supaya tidak berakibat kematian atau fatal. Beberapa gejala mungkin bisa diredakan dengan obat flu biasa namun kesembuhan tetap bergantung pada daya tahan tubuh.

Penularan

Para ilmuwan memberikan ukuran tersendiri untuk menentukan seberapa mudah virus tersebut bisa menyebar dengan R0. Angka R0 pada virus Corona adalah antara dua dan dua, artinya setiap orang yang terinfeksi virus Corona bisa menyebarkan virus tersebut rata-rata hingga dua orang.

Hampir sama dengan virus biasa, virus Corona ini bisa menular lewat droplet. sehingga apabila droplet tersebut terkena ke orang lain dalam jarak kurang dari satu meter, maka besar kemungkinan orang tersebut akan terinfeksi Virus Corona. Namun selain droplet secara langsung, seseorang juga bisa terinfeksi Virus Corona apabila memegang benda mati yang telah terkenal droplet pasien yang sudah terinfeksi Virus Corona. Misalnya ada orang yang sudah terinfeksi Virus Corona lalu batuk atau bersin dengan menggunakan telapak tangannya dan kemudian tangan tersebut menyentuh pegangan pintu atau beberapa benda lainnya seperti meja dan kursi. Virus yang ada pada droplet yang menempel tersebut bisa bertahan setidaknya 15 menit. Bayangkan, kira-kira ada berapa orang dalam waktu 15 menit tersebut menyentuh pegangan pintu pada pintu ATM atau bis dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Pencegahan

Akan lebih baik jika kita mencegah jangan sampai terinfeksi Virus Corona dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik. Beberapa situs atau laman resmi menyebutkan bahwa kamu bisa mencuci tangan dengan air dan sabun tersebut sambil bernyanyi selamat ulang tahun hingga selesai. Lakukan kebiasaan ini sesering mungkin, terlebih jika kamu sering keluar dari rumah atau baru menyentuh benda-benda yang datang dari luar rumah.
  2. Kemudian hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah atau di fasilitas umum dan jangan lupa banyak minum air putih serta istirahat yang cukup dalam waktu beberapa minggu ini.
  3. Jangan menyentuh mata hidung mulut dengan tangan yang kotor tidak apabila kamu ingin membersihkan wajah maka pastikan tanganmu dalam kondisi yang bersih dan kamu sudah cuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun khusus antiseptik.
  4. Hindarilah kontak dengan orang yang sedang pilek batuk atau demam. Perlu kamu ketahui bahwa infeksi virus Corona ini bisa menimbulkan beberapa ciri gejala dari yang ringan hingga berat dan memang sangat mirip dengan gejala flu yang biasa. Sehingga kamu harus waspada dan tetap jeli. Jika kamu telah mengalami gejala flu dan tidak sembuh lebih dari satu minggu serta tetap demam tinggi lebih baik segera periksakan diri ke dokter agar mengetahui dengan pasti apa penyebabnya.
  5. Makan makanan yang bergizi kaya akan protein dan hindari makan daging yang belum masak. Pastikan kamu selalu memasak daging dengan matang. Jangan lupa untuk berolahraga dan menjaga daya tahan tubuh.
 (Baca Juga: Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time)
Virus Flu Biasa

Virus flu biasa ini biasanya menyerang saluran pernafasan atas dan beberapa keluhan datang dari hidung maupun tenggorokan dengan gejala bersin-bersin hidung tersumbat dan berair sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, batuk, hingga demam. Namun pada beberapa orang tidak mengalami demam dan langsung sakit tenggorokan atau mengalami hidung tersumbat maupun batuk. Beberapa gejala itu akan muncul sekitar 1 hingga 3 hari apabila seseorang sudah terkena virus dari orang yang sedang sakit. Virus flu ini berasal dari golongan rhinovirus dan anak-anak seperti balita maupun ibu hamil sangat mudah terkena virus ini.

Pengobatan

Pengobatan untuk pasien yang telah terkena virus flu biasa ini berbeda dengan pengobatan dari infeksi virus Corona. Umumnya flu bisa sembuh sendiri dalam rentang waktu 5 hingga 10 hari. Tidak ada obat yang spesifik untuk bisa menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus flu biasa ini kamu hanya cukup beristirahat dan banyak minum air putih serta makan makanan yang bernutrisi agar daya tahan tubuh semakin kuat. Sebab apabila daya tahan tubuh semakin kuat maka kamu juga akan sembuh.

Biasanya dokter hanya akan memberikan beberapa obat untuk meringankan gejala seperti keluhan hidung tersumbat maupun pilek dengan chlorpheniramine. Obat ini akan menghambat senyawa histamin yang menyebabkan pembuluh darah hidung membengkak. Selain itu dokter juga akan memberikan pseudoephedrine untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar akibat histamin.

Untuk menurunkan demam pasien biasanya akan diberikan Paracetamol  maupun Ibuprofen yang bisa dibeli di apotek maupun toko obat terdekat. Kombinasi obat ini akan merasakan gejala flu namun untuk kesembuhan tetap mengandalkan daya tahan tubuh masing-masing pasien.

Demikian merupakan perbedaan dari virus Corona dan virus flu biasa yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami gejala seperti flu jangan panik tapi langsung Segera istirahat lalu konsumsi makanan bergizi dan tinggi protein agar lekas pulih kembali. Namun apabila kamu mengalami gejala tersebut selama lebih dari 1 minggu tanpa adanya perbaikan hubungi fasilitas Kesehatan terdekat untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Jika sudah terkena virus flu atau mengalami gejala seperti flu biasa Segera lakukan beberapa pencegahan agar tidak menularkan virus tersebut ke orang lain yaitu dengan memakai masker saat bepergian dan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas. Sebaiknya hindari tempat-tempat yang ramai dan berkumpulnya banyak orang karena untuk antisipasi agar tidak menular lebih banyak.

Upaya Pencegahan Penularan Virus Corona

Saat ini, beberapa negara telah mengumumkan bahwa mereka melakukan lockdown dan mengkarantina warganya agar tidak keluar dari rumah selama beberapa waktu yang belum ditentukan. Di Indonesia sendiri beberapa wilayah dan tempat wisata juga telah ditutup agar penderita yang sudah terinfeksi Virus Corona namun belum memperlihatkan gejala tidak menularkan virus tersebut ke orang lain mengingat 1 orang bisa menularkannya kepada minimal 2 orang.

Imbasnya beberapa kegiatan ekonomi menjadi turun dan harga-harga kebutuhan pokok pun mulai naik karena  mayoritas orang yang belanja lebih banyak dan mengumpulkan bahan makanan untuk persediaan selama beberapa minggu kedepan agar tidak keluar rumah. Dengan demikian penularan virus pun bisa ditekan apabila masyarakat mengurangi bepergian.

Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas belanja online di beberapa marketplace dan membayarnya dengan kartu kredit apabila tidak ingin keluar rumah dalam waktu sementara. Kemudahan pembayaran yang ditawarkan oleh marketplace, salah satunya yaitu menggunakan kartu kredit. Pembayaran dengan cashless ini tentunya juga meminimalisir risiko penularan virus Corona. Sehingga dengan bertahan di rumah dan melakukan aktivitas belanja online bisa kamu lakukan dengan mudah.

Buat kamu yang belum memiliki kartu kredit untuk membayar transaksi online kamu bisa mengajukan kartu kredit dengan penawaran terbaik di cekaja.com. Setelah itu, kamu bisa melakukan berbagai transaksi online dengan mudah untuk menghindari penyebaran virus Corona lebih lanjut.

Setelah mengetahui perbedaan virus Corona dan virus biasa maka sebaiknya ikuti anjuran pemerintah untuk melakukan pembatasan diri bertransaksi secara langsung atau pergi ke tempat keramaian. Jangan ragu untuk menghubungi tenaga kesehatan maupun fasilitas Kesehatan terdekat apabila kamu mengalami gejala mirip seperti gejala terinfeksi Virus Corona.

Nah, buat kamu yang lagi bingung cari tempat pinjaman dana yang aman, mudah, dan prosesnya cepat, Cairin.id, bisa jadi solusi terbaikmu loh. Terlebih, Cairin.id merupakan penyedia jasa keuangan yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga tak perlu diragukan lagi keamanannya.

Mau ajukan pinjaman di Cairin.id? Yuk, intip dulu syarat dan ketentuannya berikut ini:

  • Usia: Mulai dari 21 tahun hingga 55 tahun
  • Jumlah pengajuan pinjaman: Mulai dari Rp400.000-Rp3,6 juta
  • Proses pengajuan hingga pencairan: 1-3 hari
  • Bunga keterlambatan: 3% per transaksi + denda bunga 1,79% per hari
  • Biaya Admin: 0,58% per hari (+ bunga 0,1% per hari + biaya operasi 0,12% per hari)= Total 0,8% per hari
  • Rekening Tabungan: Wajib
  • Kartu Kredit: Tidak wajib
  • Jenis pengajuan: Online
  • Pekerjaan: Semua pekerjaan, kecuali supir online, pegawai legal, polisi, TNI

Bagaimana cara mengajukannya? Caranya gampang banget! Selain bisa mengajukan lewat aplikasi Cairin.id di ponsel, kamu juga bisa mengajukan pinjaman dana di Cairin.id dengan mudah, melalui situs Cekaja.com!

Yuk, tunggu apa lagi? Ajukan pinjaman sekarang juga!

Tentang Penulis