Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Perhatikan 4 Hal Ini Agar Pendaftaran UTBK SBMPTN Kamu Lancar Jaya

by Gentur Putro Jati on 5 Maret, 2019

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka kembali pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), sebagai syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 mulai Senin (4/3) pukul 08.00 WIB.

pendidikan tinggi - CekAja.com

Laman utbk.sbmptn.ac.id sempat ditutup sementara pada Sabtu (2/3) karena pelaksana LTMPT menemukan dua kendala teknis.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof. Budi Prasetyo mengatakan dua kendala tersebut terkait dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta permasalahan sistem pembayaran Host to Host ke Bank mitra LTMPT.

Mulai kemarin pagi, LTMPT menyediakan link baru untuk pendaftaran UTBK lewat pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id. Sebagai informasi, pendaftaran UTBK Gelombang I dibuka sampai 24 Maret 2019. Sehingga para calon peserta diminta untuk tidak perlu panik dan tergesa-gesa mendaftar.

(Baca juga: Mengenal Kredit Pendidikan di Indonesia)

Kalau kamu belum mendaftar UTBK sebagai pintu masuk ke Universitas Negeri idaman, perhatikan 4 hal berikut agar proses pendaftaran kamu tak mengalami kendala.

  • Masukkan NISN dan NPSN dengan Benar

Pastikan saat mendaftar kamu memasukkan NISN dan NPSN dengan benar. Jika dua nomor sakti yang kamu masukkan sudah benar, namun sistem belum bisa menerimanya bisa jadi hal itu karena masalah di server. Jangan malas untuk mencoba terus hingga berhasil. Cara mudah untuk mengecek NPSN ada di referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php.

  • Pas foto rapi

Foto diri kita ini sangat sensitif bagi sistem pendaftaran UTBK. Jika kamu mengunggah foto hitam putih, otomatis sistem akan menolaknya. Jadi pastikan foto yang kamu unggah adalah pas foto berwarna terbaru dengan warna latar belakang bebas.

Untuk pas foto tersebut dianjurkan memakai baju sekolah atau kemeja yang dikancing rapi. Jangan gunakan kaos apalagi berpose selfie!

  • Daftarkan email aktif

Saat mendaftar dan membuat akun LTMPT, kamu akan diminta untuk memasukkan email aktif dan password. Usai pendaftaran, kamu akan mendapatkan email konfirmasi untuk mengaktifkan akun. Jadi pastikan email yang kamu masukkan untuk mendaftar adalah email yang benar-benar kamu gunakan, aktif, dan kamu tidak lupa password-nya.

Jika kamu kesulitan menemukan email konfirmasi untuk mengaktifkan akun, silakan periksa di folder inbox atau spam. Kadang email konfirmasi tersebut secara tidak sengaja masuk kategori spam email.

  • Ikuti tahapan pendaftaran

Kamu diharapkan dapat mendaftar di awal agar bisa memilih waktu dan sesi ujian dengan lebih leluasa. Pastikan pilihan jenis ujian, lokasi dan sesi sudah benar karena setelah melakukan pembayaran tidak bisa diubah lagi.

Ikuti proses pendaftaran sesuai dengan informasi di setiap tahapan. Bila telah mengisi data dan mendapatkan kode pembayaran, segera membayar maksimal 24 jam agar pendaftaranmu tidak hangus sehingga harus mulai dari awal lagi. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.

(Baca juga: Gagal Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Pakai 5 Pertimbangan Ini Ketika Memilih Universitas Swasta)

Setelah melakukan pembayaran, login kembali ke laman pendaftaran https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK. Lalu ikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang telah kamu pilih sebelumnya.

Semoga berhasil mewujudkan impian masuk ke Universitas Negeri idaman kamu ya. Jangan lupa ingatkan orang tua untuk menyiapkan dana yang cukup agar kamu bisa mendaftar masuk ke Universitas tersebut jika lolos dan diterima nanti.

Manfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan cara mengajukannya lewat CekAja.com jika uang tabungan orang tua kamu kurang untuk biaya pendidikan. Prosesnya cepat, syaratnya mudah, dan bunganya rendah!

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum