Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Perhatikan, 5 Hal Ini Sering Bikin Orang Sulit Diterima Kerja!

by Miftahul Khoer on 3 April, 2020

Ada banyak orang yang mudah mendapat pekerjaan di perusahaan. Habis melamar, interview, lalu diterima. Namun, tak sedikit juga yang sulit memperoleh pekerjaan sampai harus menyebar CV ke banyak tempat. Nasib orang memang berbeda-beda, tapi sebenarnya apa penyebab seseorang sulit diterima kerja?

Penyebab Orang Sulit Diterima Kerja

Padahal secara fisik mungkin seseorang sangat siap untuk bekerja di bidang apa saja. Belum lagi ditambah laar belakang pendidikan yang memenuhi kriteria. Sayangnya, banyak orang sudah gugur duluan saat proses lamaran dan wawancara kerja. Ingin bisa cepat diterima kerja? Ketahui dan hindari lima penyebab seseorang sulit diterima kerja berikut ini:

1. Tidak memiliki jiwa kepemimpinan 

Pelamar yang tidak memiliki jiwa leadership yang baik, biasanya menjadi pertimbangan besar. Sebab, hampir di seluruh perusahaan, karyawan dituntut untuk bisa menjadi decision maker, penuh inisiatif, dan profesional. Hal ini akan terlihat ketika si pelamar melakukan psikotes, lalu ketahuan lah seperti apa karakter dan kepribadiannya.

Keahlian leadership ini sangat berguna untuk kamu yang punya keinginan besar menjadi seorang entrepreneur ataupun mengejar jenjang karir di sebuah perusahaan, dan setiap perusahaan biasanya memberikan kesempatan itu bagi siapapun untuk regenerasi pengelolaan perusahaan.

2. Kurang mahir menggunakan komputer

Perkembangan teknologi yang cepat sangat menuntut seorang pekerja di masa sekarang  untuk bisa mahir dalam menggunakan komputer untuk pekerjaan sehari-harinya. Tentu si pelamar harus memiliki keahlian dan pengetahuan mengenai Ikhwal tentang komputer seperti yang paling dasar bisa mengoperasikan Microsoft Word, atau yang lebih agak kompleks yaitu Microsoft Excel.

Tidak sedikit orang yang bisa mengoperasikan komputer atau malah tidak menguasai komputer secara sama sekali. Sedangkan, hard skill yang satu ini memang jadi kebutuhan paling utama di banyak perusahaan. Apalagi sekarang ini udah zaman teknologi canggih. Setiap aktivitas kerja tak terlepas dari penggunaan komputer. Tapi lagi-lagi memiliki skill ini memang tidak mudah, makannya tidak memiliki skill dalam bidang komputer sering jadi kendala khusus bagi si pelamar.

(Baca Juga: 10 Pekerjaan Paling Hits Tahun 2020 Ini Gede Cuannya!)

3. Kurang menguasai bahasa asing

Skill yang dibutuhkan banyak perusahaan sekarang ini yakni kemampuan bahasa asing dari seorang pekerja. Sebab banyak perusahaan startup misalnya, yang mengharuskan mereka memiliki karyawan dengan kemampuan bahasa asing untuk menjalin kerja sama dengan warga negara asing atau untuk menjangkau pasar dunia internasional.

Nah salah satu yang sering gagal atau lamaran ditolak, salah satunya pelamar ini tidak mencantumkan kemampuan bahasa asing atau gugur saat proses wawancara. Padahal pelamar yang menguasai bahasa asing menjadi pertimbangan besar bagi sebuah perusahaan dan perusahaan biasanya akan menempatkan calon pekerjanya dengan jabatan yang lumayan bagus.

4. Tak memiliki kemampuan menganalisis data

Dalam berbagai hal tentu sebuah perusahaan memerlukan banyak sekali pemasukan data. Sebuah perusahaan butuh banyak informasi dan tentu informasi itu harus dianalisis untuk dijadikan bahan informasi yang valid dan sebagai kekuatan untuk memecahkan masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang dihadapi. 

Dalam menganalisis sebuah data perlu tangan-tangan terampil dan orang-orang cerdas. Maka itu perusahaan tak sembarangan dalam memilih orang untuk dijadikan pegawainya.

Namun, sangat disayangkan pada realitanya banyak orang yang tidak mengerti fungsi dan betapa pentingnya data bagi kehidupan saat ini apalagi bagi sebuah perusahaan. Hal ini penting dimiliki jika kamu tak ingin ditolak pada saat mengirim lamaran pekerjaan.

5. Gagap dunia digital dan teknologi

Perlu keahlian yang sangat modern di zaman sekarang ini tapi bagi sebagian orang kemampuan teknologi dan memahami dunia digital tidak dianggap penting padahal seiring perkembangan zaman kemampuan ini banyak dibutuhkan. Maka itu, perusahaan saat ini butuh orang-orang yang melek teknologi dan dunia digital.

Sekarang ini banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh perusahaan. Beberapa aplikasi yang sering digunakan perusahaan seperti aplikasi akuntansi, aplikasi e-commerce, aplikasi administrasi, dan juga aplikasi media sosial. Aplikasi-aplikasi ini dibutuhkan perusahaan untuk menunjang kemudahan dalam bekerja dan produktivitas sebuah perusahaan.

Masih banyak lagi sebetulnya penyebab seseorang gagal atau gugur saat melamar kerja atau ketika proses wawancara. Hanya saja, beberapa penyebab di atas sebaiknya menjadi catatan agar ke depan siapapun harus menguasai kelima hal tadi agar kamu bisa bersaing dan tidak gagal lagi saat mencari kerja.

Cari kerja tak sesulit yang dibayangkan lagi. Sama halnya dengan memperoleh pinjaman online dari JULO, karena sekarang kamu bisa langsung mengajukannya di website CekAja.com. Dana segar hingga Rp15 juta menantimu, tanpa agunan dan bunga terendah!

(Baca Juga: Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert dan Ekstrovert, Kamu yang Mana?)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.