Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Perhatikan Hal Penting Berikut Ini Sebelum Akses Imigrasi Online

by lhmdi on 9 April, 2016

asuransi perjalanan - CekAja.com

Layanan imigrasi online biasanya akan dipilih masyarakat yang berniat berkunjung ke luar negeri, namun tidak punya waktu datang langsung ke kantor Imigrasi.

Mengurus paspor ini pun bisa dimaknai dalam dual hal. Pertama pembuatan paspor baru secara online dan melakukan perpanjang paspor online. Tentu saja, pilihan untuk melakukan permohonan atau memperpanjang paspor secara online akan lebih praktis dan menghemat waktu.

Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa masyarakat yang akan mengajukan permohonan paspor ini tetap harus mendatangi kantor Imigrasi. Karena dengan datang langsung, maka setiap data yang sudah diberikan akan diverifikasi, dilanjutkan dengan proses wawancara, pengambilan sidik jari hingga foto!

Jika kamu ingin mengajukan permohonan paspor, maka hanya dengan mengakses layanan Imigrasi online di  Pembuatan Paspor Secara online bisa langsung mengakses http://www.imigrasi.go.id/. Kemudian, pilih layanan publik dan klik paspor online. Maka, secara otomatis kamu sudah bisa memulai untuk mengajukan permohonan pembuatan paspor.

Meskipun dilakukan secara online, namun pihak Imigrasi akan tetap membutuhkan dokumen-dokumen penting sebagai bentuk verifikasi data diri kamu. Tentu saja dokumen-dokumen ini tidak perlu dipindai dan kemudian diunggah, saat mengajukan permohonan paspor secara online.

Namun, dokumen ini harus kamu serahkan langsung kepada petugas Imigrasi yang akan memproses persiapan paspor kamu nantinya.

Namun, semuanya dibutuhkan ketika kamu datang untuk memverifikasi semua data di kantor Imigrasi. Oleh karena itu, sebelum melakukan pengajuan secara online, siapkan dulu beberapa dokumen penting berikut ini:

  1. Kartu Tanda Penduduk atau e-KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta lahir atau ijazah atau buku nikah
  4. Paspor lama jika kamu ingin memperpanjang paspor.

Namun, sebelum memulai untuk mengakses layanan Imigrasi online, ada baiknya kamu untuk berhati-hati sebelum mengajukan permohonan. Kehati-hatian ini penting agar semua proses pengajuan permohonan paspor dapat berjalan lancar sehingga kenyamanan perjalanan kamu akan terjamin..

Oleh karena itu penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut sebelum mengakses layanan Imigrasi secara Online:

  1. Pastikan internet kamu berada dalam kondisi yang stabil dan sedang tidak bermasalah. Jika internet sedang mengalami gangguan maka hal tersebut bisa menganggu proses pengajuan permbuatan paspor yang akan kamu lakukan.
  1. Cek browser atau laman peramba internet yang ada di komputer atau laptop kamu terlebih dahulu untuk memastikan apakah sudah diupdate ke dalam versi terbaru. Selain itu, pastikan juga kamu tidak menginstal berbagai macam Plug-in atau Ad Blocker di browser agar layanan online dapat diakses secara maksimal.
  1. Pastikan juga agar komputer kamu bebas dari virus atau ancaman pishing. Oleh karena itu, pastikan kamu untuk membuka layanan online yang benar dan bukan yang palsu.

Setelah menyiapkan semuanya termasuk dokumen kelengkapan dengan baik, maka kamu bisa langsung bisa mengajukan permohonan pembuatan atau perpanjangan paspor.

Pertama, setelah mengakses layanan imigrasi.go.id, kemudian klik “Layanan Paspor Online” yang berada di dalam kotak kemudian lanjutkan dengan mengklik “Pra Permohonan Personal”.

Kedua, setelah mendapatkan laman yang dituju, kamu akan melihat sebuah halaman yang berisikan tentang informasi pemohon. Informasi ini merupakan sebagai bagian dari verifikasi data diri kamu nantinya. Jangan lupa untuk selalu mengisi kolom dengan tanda asterisk (bintang) merah.

Ketiga, setelah selesai, mengisi dan memilih tanggal untuk wawancara, pihak Imigrasi biasanya akan mengirimkan notifikasinya melalui alamat email atau surat elektronik. Jadi, jangan sampai lupa untuk mengikuti proses wawancara yang sudah kamu ajukan kepada kantor Imigrasi.

 

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.