Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Perkembangan Koperasi Pinjaman Uang Di Bandung

by Satrya Agung on 22 November, 2016

Bandung merupakan salah satu kota yang mempunyai potensi besar untuk menjadi kota metropolitan. Posisinya persis di tengah-tengah Jawa Barat menjadikan Bandung merupakan kota yang ideal untuk dijadikan pusat perdagangan.

Ditambah lagi dengan alamnya yang indah, tak heran jika kota ini tak pernah sepi dari para pengunjung. Seiring dengan berkembangnya kota dan perekonimian rakyat, perkembangan koperasi pinjaman uang di Bandung pun harus semakin diperhatikan.

Namun kendala yang dihadapi masyarakat adalah pengadaan dana untuk modal usaha mereka, baik untuk yang baru memulai atau yang membutuhkan suntikan dana untuk memperbesar skala usaha mereka. Sedangkan dalam pengembangan usaha kecil dan menengah dibutuhkan sokongan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun instansi swasta lainnya. Salah satunya yang berandil besar adalah kehadiran koperasi.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan
Modal Usaha untuk Kota Bandung

Sejak awal tercetusnya membentuk koperasi memang ditujukan pada pembangkitan dan mendorong ekonomi rakyat, terutama yang berada di lapisan menengah bawah. Koperasi juga terdapat hampir di seluruh pelosok daerah di Indonesia dan jumlahnya cukup tinggi. Untuk Kabupaten Bandung sendiri, jumlah menyentuh di angka 2.249 koperasi. Data ini diambil dari situs resmi koperasi Kabupaten Bandung.

Keberadaan para pengusaha kecil ini memang harus menjadi perhatian semua pihak. Karena dengan semakin maraknya usaha baru yang dibuka maka berdampak terbukanya lapangan kerja baru pula. Dan ini merupakan masalah yang serius dan seperti yang kita ketahui bersama, saat ini saja jumlah pengangguran di Indonesia lebih dari tujuh juta jiwa.

Sebagai kota kreatif, pemerintah daerah Bandung pun terlihat sangat serius dalam mendukung usaha kecil dan menengah ini. Dan hasilnya bisa dilihat dengan diraihnya penghargaan Natamukti Nindya belum lama ini. Penghargaan ini persembahan dari Indonesia Council Of Small Business (ICSB) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) pada kota yang Bandung yang terbukti dinilai banyak membuat inovasi dalam membangun iklim ekonomi usaha kecil dan menengah.

Badan keuangan yang membantu permodalan usaha kecil dan menengah seperti koperasi pinjaman uang di Bandung ini tak berjalan sendiri, instansi atau perusahaan swasta pun ikut membuka pintu lain pada masyarakat agar bisa memperoleh sumber investasi yang lain. Seperti bank-bank swasta yang juga menyediakan program pemberian modal bagi UKM, atau perusahaan-perusahaan besar yang secara swadaya mengucurkan dana segar untuk berinvestasi di sektor ini.

(Baca Juga : Cara Mudah Pinjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam)

KTA Online Kota Bandung

Dengan semakin banyaknya sumur investasi diharapkan masyarakat yang mempunyai niat besar untuk berwiraswasta dapat segera mewujudkan impian mereka. Berbagai kesempatan telah dibentangkan di depan mata, tinggal yang dibutuhkan kemauan untuk maju. Dan sebagai masyarakat yang cerdas, hendaklah tidak terjebak dalam kemelut hutang yang tak ada habisnya.

Seperti malah memilih jalan pintas dan akhirnya meminjam uang pada renternir. Bahkan khusus menyoroti kasus yang satu ini, pemerintahan kota Bandung sampai menggelontorkan satu strategi jitu yang mana disebut dengan pinjaman kredit MELATI atau Melawan Rentenir. Masyarakat bisa menikmati program pinjaman tanpa harus waswas memikirkan bunga dan bahkan jaminan atau agunannya. Dengan cara ini sehingga masyarakat tidak ada alasan lagi untuk datang ke rentenir.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Kang Emil, sapaan akrab Walikota Bandung Ridwan Kamil juga menyebutkan bagi warga Bandung yang mendaftarkan diri usaha mereka lewat lewat aplikasi GAMPIL atau Gadget Aplication for Permit License maka akan terbebas dari biaya perizininan UMKM. Dan tak berlebihan juga rasanya jika semua daerah di pelosok negeri ini menerapkan program yang serupa bahkan jika harus di-copy saja. Karena program seperti inilah yang akan mendongkrak para UKM.

Singkat kata, kota ini bisa menjadi acuan dalam perkembangan koperasi pinjaman uang di Bandung dan usaha pemerintahannya untuk mengangat UKM.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.