Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Perlengkapan yang Harus Dimiliki jika Ingin jadi Vlogger Profesional

by Ariesta on 11 November, 2016

Lima tahun lalu, kita lebih mengenal isitlah blogger daripada vlogger. Blogger adalah orang yang menulis di blog pribadi dengan tema keseharian atau tema spesifik seperti travel dan makeup.

Namun kini istilah vlogger semakin naik daun. Berbeda dengan blogger yang menuangkan ide mereka dalam kata-kata, vlogger membuat video untuk ditonton banyak orang. Semakin besar penonton mereka di Youtube, maka semakin besar pundi-pundi rupiah yang dihasilkan.

Untuk mendapatkan banyak penonton dan subscriber inilah, vlogger harus menciptakan video berkualitas baik dari segi konten maupun teknis. Karenanya, perlengkapan dan gadget yang baik sangat dibituhkan. Terutama mereka yang menjadikan vlogger sebagai mata pencaharian.

Berikut daftar yang harus dimiliki jika ingin menjadi vlogger profesional.

Kamera mirrorless

foto: bhphotovideo.com
foto: bhphotovideo.com

Beberapa tahun belakangan, istilah kamera mirrorless makin populer. Apa bedanya kamera mirrorless dengan DSLR? Istilah mirrorless mengacu pada mirrorless interchangeable lens camera (MILC), yaitu kamera yang lensanya bisa dilepas-pasang, tetapi tidak dilengkapi cermin seperti DSLR.

Hasilnya, kamera mirrorless jadi lebih kecil dan lebih ringan daripada kamera DSLR. Namun karena kehilangan viewfinder optik, mirrorless menggunakan sistem viewfinder elektronis (EVF–electronic viewfinder). Meski demikian kualitas gambar yang dihasilkan sama bagusnya dengan DSLR.

Beberapa merk yang bisa kamu pilih adalah Leica, Olympus, Panasonic, Samsung, Sony, Nikon, dan Pentax. Harga kamera mirrorless berkisar antara Rp8-Rp40 juta. Untuk mirrorless berkualitas di bawah Rp10juta, kamu bisa memilih Sony Alpha A5100 dengan harga Rp8,5 juta. (Baca juga: 8 Hobi Kekinian yang Bisa Hasilkan Uang)

Action camera

foto: Business Insider
foto: Business Insider

Salah satu merk action camera yang paling terkenal adalah GoPro. Kamera-kamera GoPro secara spesifik dirancang untuk mengabadikan aksi maupun olahraga ekstrem atau disebut camcorder. Sony dan Panasonic juga punya jenis action camera, namun  GoPro lebih tangguh karena tahan air dan tahan cuaca ekstrem.

Action camera wajib dimiliki oleh vlogger yang konten videonya jalan-jalan atau banyak di alam bebas. Harga action camera termurah berkisar di angka Rp3 juta dan yang termahal bisa mencapai Rp7 juta. Namun saat ini sudah ada versi murah keluaran Xiaomi dengan harga Rp1 jutaan.

Drone

foto: Lazada
foto: Lazada

Drone merupakan salah satu gadget kekinian yang saat ini banyak diburu orang karena bisa mengambil gambar dari udara. Gambar yang dihasilkan pun keren dan terlihat profesional. Peralatan satu ini cocok bagi vlogger sekaligus traveler.

Semakin tinggi resolusi kamera, semakin mahal harganya. Yang termurah bisa dibanderol seharga Rp500 ribuan untuk kamera 2MP, sedangkan drone dengan kamera yang lebih canggih bisa mencapai Rp10 jutaan. Drone bisa dikontrol melalui remote atau smartphone.

Ring light

foto: petapixel.com
foto: petapixel.com

Ring light biasa digunakan oleh fotografer profesional sebagai penerangan tambahan. Namun kini penggunaan ring light meluas di kalangan penggemar selfie. Berbeda dengan ring light fotografer yang berukuran besar, ring light selfie bisa ditempel di smartphone. Hasilnya, selfie di tempat gelap pun jadi terlihat lebih terang dan jelas.

Rigt ligt dibutuhkan oleh vlogger tutorial makeup yang ingin memperlihatkan detail riasan, bahkan di tempat gelap sekalipun. Harganya berkisar di antara Rp100 ribu-Rp500 ribu tergantung kualitas. (Baca juga: Meski Hobi Belanja, Wanita Bisa Tetap Banyak Uang)

Backdrop

foto: alieexpress.com
foto: alieexpress.com

Dalam membuat video tutorial, agar fokus penonton hanya pada wajahmu dibutuhkan backdrop berwarna netral. Warna putih, hitam, dan kuning paling sering digunakan. Warna-warna terang seperti putih dan kuning dapat memantulkan cahaya lebih baik.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon untuk belanja elektronik? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis