10 Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling, Apa Saja?

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Ketika ingin traveling, kamu tidak hanya memikirkan destinasi wisata, transportasi dan penginapan saja, tetapi kamu juga harus memikirkan sejumlah perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling. Karena ternyata, perlengkapan yang harus dibawa cukup banyak, loh!

Ketika solo traveling, kamu tentu ingin membawa barang se-minimal mungkin, dan pastinya tidak merepotkan diri sendiri.

Meski begitu, namun kamu tetap harus memperhatikan beberapa barang penting yang memang harus dibawa saat solo traveling, seperti powerbank, foldable bag, uang tunai P3K dan lain sebagainya.

Semua barang tersebut menjadi perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling, karena selalu dibutuhkan di segala situasi.

Dan selain itu, ada beberapa barang lainnya yang juga wajib dibawa dan tidak boleh terlupakan. Penasaran apa saja? Yuk, simak bersama-sama ulasan berikut ini!

Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Solo Traveling

Di awal pembahasan sudah disinggung, kalau ada banyak perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling.

Beberapa perlengkapan tersebut tentunya tidak hanya ponsel dan dompet saja, tetapi ada barang pendukung lainnya yang nantinya akan menjagamu selama solo traveling.

Nah, untuk tahu apa saja perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling, yuk simak ulasan di bawah ini yang sudah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu.

1. Backpack waterproof

Backpack waterproof merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling. Sebab, backpack waterproof memiliki bentuk yang sederhana, cenderung ringan, mudah dibawa, tahan air, debu dan kotor.

Backpack waterproof juga bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan, untuk kamu yang tidak ingin menggunakan koper.

Karena, ruang penyimpanan yang dimiliki backpack waterproof pun tidak kalah besar dari koper, sehingga kamu tetap bisa menyimpan dan membawa banyak barang.

Selain itu, dengan menggunakan backpack waterproof, kamu juga tidak perlu merasa khawatir apabila tas dan semua isinya akan kotor atau basah, ketika terkena air hujan dan lain sebagainya.

2. Tas pinggang

Perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling berikutnya, yaitu tas pinggang.

Perlu diketahui, keberadaan tas pinggang sejatinya sangat berguna, untuk menyimpan barang-barang penting yang selalu dibutuhkan, seperti powerbank, ponsel, dompet, beberapa dokumen dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan tas pinggang, nantinya kamu bisa dengan mudah menjangkau dan mengambil barang-barang tersebut, tanpa harus mengeluarkan semua isi tas backpack atau koper terlebih dahulu.

(Baca Juga: Kota Teraman di Dunia untuk Solo Traveler Wanita)

3. Foldable bag

Di urutan ketiga ada foldable bag, sebagai bagian dari perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling.

Kegunaan foldable bag sendiri, sebenarnya untuk menyimpan barang-barang yang dibeli pada saat melakukan perjalanan wisata, atau oleh-oleh.

Foldable bag juga dijadikan pilihan, karena bentuknya yang sederhana, mudah dilipat dan bisa disimpan dimana saja, termasuk saku celana.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan foldable bag kamu pun dapat meminimalisir penggunaan kantong plastik yang tidak ramah lingkungan.

4. Powerbank kapasitas tinggi dan travel charger

Ketika solo traveling, keberadaan barang yang satu ini benar-benar sangat dibutuhkan. Ya, powerbank kapasitas tinggi dan travel charger, merupakan perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling.

Pasalnya, tidak ada yang bisa menjamin kalau tempat yang kamu kunjungi memiliki stop kontak.

Sehingga, membawa powerbank kapasitas tinggi dan travel charger sangat penting.
Apalagi, kamu pasti akan sering menggunakan ponsel untuk mencari dan mengetahui rute jalan di Google Maps.

Aktivitas itu sudah jelas akan sangat memakan baterai, dan ponsel pun menjadi lebih sering di charge.

5. Uang tunai

Meski saat ini semua sudah serba digital, termasuk sistem pembayaran, namun keberadaan uang tunai masih dibutuhkan.

Untuk itu, uang tunai menjadi bagian dari perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling. Kamu bisa mempersiapkan sejumlah uang tunai sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu traveling ke luar negeri, maka sebisa mungkin dari jauh hari kamu sudah mempersiapkan uang yang akan dibawa, dan menukarkannya di tempat penukaran uang.

Uang tunai sendiri biasanya digunakan untuk beberapa jenis pengeluaran umum, seperti makan, minum, membayar transportasi umum dan lain sebagainya.

6. Kotak P3K sederhana

Walaupun kamu sudah memastikan kondisi tubuh berada dalam keadaan baik dan sehat, namun tidak ada salahnya jika kamu membawa kotak P3K sederhana.

Sebab, kotak itu akan berguna apabila selama perjalanan wisata, kamu mengalami cedera, sakit atau terluka karena hal lainnya, yang membutuhkan pengobatan segera.

Isi dari kotak P3K sederhana pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti misalnya betadine, kain kasa, kapas, plester, obat flu, alergi, sakit perut, demam dan lain sebagainya.

Dengan adanya kotak P3K, solo traveling pun akan terasa lebih mudah. Sehingga, kotak P3K sederhana ini bisa dikatakan menjadi bagian dari perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling, karena akan membantumu ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

7. Jaket bahan parasut

Dibandingkan membawa jaket tebal yang cukup memakan ruang tas backpack atau koper, akan lebih baik jika kamu membawa jaket bahan parasut.

Pasalnya, jaket yang satu ini memiliki bentuk yang lebih tipis, ringan, mudah dilipat dan disimpan, serta tahan air.

Tidak hanya itu, meski memiliki bentuk yang lebih tipis, namun jaket parasut ini tetap nyaman digunakan dan tidak kalah hangat dari jaket tebal lainnya.

Jadi, pastikan jaket bahan parasut menjadi bagian dari perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling, ya!

8. Sepatu yang nyaman digunakan, kuat, dan simple

Menjadi hal penting untuk kamu menggunakan dan membawa sepatu yang nyaman digunakan, kuat dan simple.

Hal tersebut dikarenakan, kamu akan melakukan banyak aktivitas selama solo traveling, baik itu berkunjung ke beberapa tempat wisata, pusat perbelanjaan, tempat makan, minum dan lain sebagainya.

Sehingga, membawa dan menggunakan sepatu yang nyaman, kuat dan simple sangat penting. Karena, hal itu akan mendukung dan membantu kelancaran aktivitasmu sehari-hari.

9. Headlamp atau senter

Sebenarnya, headlamp atau senter bukanlah perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling. Namun, tidak ada salahnya jika kamu membawa benda ini di dalam tasmu.

Sebab, headlamp atau senter akan sangat membantu dalam memberikan penerangan untuk melihat kondisi sekitar, apabila kamu berkunjung ke tempat-tempat wisata alam pada malam hari.

10. Pakaian yang ringan

Perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling terakhir, yaitu pakaian yang ringan. Ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan, karena pakaian merupakan benda yang cukup memakan ruang tas atau koper.

Ketika solo traveling, sebisa mungkin kamu membawa pakaian yang dibutuhkan saja dan sifatnya ringan, seperti legging, kaus, dan lain sebagainya.

Karena, semua jenis pakaian tersebut sifatnya ringan, nyaman dipakai, mudah disimpan dan tidak mudah lecek.

Sehingga, sangat cocok untuk kamu yang solo traveling, karena tidak harus repot-repot merapikan kembali pakaian yang akan digunakan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan sebelum Solo Traveling

Mengetahui sederet perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling sudah, maka kini saatnya untuk kamu tahu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum solo traveling.

Yang mana, hal-hal yang harus diperhatikan ini cukup banyak, di antaranya yaitu:

  • Tentukan waktu untuk packing dan pastikan tidak mepet dengan jadwal keberangkatan
  • Buat daftar atau list barang apa saja yang akan dibawa selama traveling
  • Pastikan barang yang akan dibawa sesuai dengan kebutuhan dan destinasi wisata
  • Ketahui cara mudah memasukkan barang ke dalam tas backpack atau koper yang digunakan, seperti misalnya menggulung pakaian dan menaruh benda-benda kecil ke dalam sepatu atau benda lain yang berongga
  • Simpan barang penting di bagian atas tas backpack, koper atau di tas pinggang
  • Siapkan foldable bag atau tas cadangan, untuk menyimpan barang belanjaan oleh-oleh nantinya
  • Pastikan membawa kotak P3K sendiri dan membawa sejumlah obat-obatan yang diperlukan
  • Susun itinerary perjalanan dengan baik dan benar
  • Pastikan kembali jadwal keberangkatan dan buat reminder untuk hal tersebut
  • Pastikan semua dokumen penting yang dibutuhkan sudah tersimpan dengan baik di tas pinggang yang akan digunakan, seperti tiket pesawat, kereta dan lain sebagainya
  • Jika pergi ke luar negeri, pastikan sudah menukar uang terlebih dahulu jauh sebelum jadwal keberangkatan
  • Datang lebih awal ke bandara atau stasiun, setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan
  • Buat daftar belanja dan siapkan dana khusus untuk hal itu.

(Baca Juga: 10 Tips Bepergian saat New Normal)

Beberapa hal terkait perlengkapan yang wajib dibawa saat solo traveling, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya itu, kamu pun sudah tahu beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan solo traveling.

Yang mana, hal-hal tersebut akan membantumu dalam mempersiapkan semua kebutuhan solo traveling, mulai dari barang-barang yang akan dibawa, daftar tempat wisata yang akan dikunjungi dan lain sebagainya.

Namun, selain itu ada satu hal lagi yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilewatkan, yaitu melakukan cek kesehatan. Sebab, kondisi pandemi Covid-19 hingga saat ini belum juga usai.

Dengan begitu, melakukan cek kesehatan sangat penting untuk dilakukan. Dan akan lebih baik, jika kamu juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Karena, asuransi kesehatan akan menjamin dan menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya kamu sakit atau mengalami sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan dan lain sebagainya, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan besarnya biaya pengobatan, apabila ingin melakukan pemeriksaan ke dokter.

Maka dari itu, keberadaan asuransi kesehatan sangat penting. Dan buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan hingga saat ini, jangan khawatir. Kamu bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani