Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Persediaan Obat yang Wajib Ada di Rumah Sebagai Langkah Awal Self-Medication

by Kyla Damasha on 4 Mei, 2020

Dikala pandemi corona masih berlangsung, mengetahui tentang berbagai persediaan obat yang wajib ada di rumah menjadi hal yang cukup penting.

Persediaan Obat yang Wajib Ada di Rumah

Namun sebenarnya bukan hanya pada saat corona saja lho, persediaan obat beserta berbagai peralatan P3K lainnya memang merupakan barang yang seharusnya kamu miliki di rumah, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Kita tidak akan pernah tahu kapan berbagai tragedi tidak mengenakan terjadi, termasuk kecelakan, dan hadirnya obatan-obatan sekaligus kotak P3K bisa menjadi pertolongan pertama pengobatan, seperti menghindari infeksi pada luka.

Tidak hanya itu saja ketika kecelakaan saja, kondisi kesehatan yang sedang tidak stabil pun juga bisa diantisipasi ketika kamu memiliki berbagai peralatan obat-obatan yang lengkap di rumah.

(Baca Juga: Obat Diare yang Aman untuk Anak Tanpa Resep Dokter)

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang persediaan obat yang wajib ada di rumah sekaligus peralatan apa saja yang sebaiknya kamu miliki di dalam kotak P3K. Yuk disimak bersama-sama!

Persediaan Obat yang Wajib Ada di Rumah

Di setiap rumah, memang disarankan bahwa kamu memiliki kotak obat rumah tangga (KORT) untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti gangguan kesehatan yang tidak diinginkan dan kecelakaan.

Nah, dilansir dari situs intisari online, terdapat dua kategori persediaan obat yang wajib ada di rumah yang bisa kamu jadikan sebagai pertolongan pertama ataupun self-medication ketika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, yaitu obat dasar dan obat khusus.

1. Obat Dasar

Persediaan obat yang wajib ada di rumah pertama adalah obat-obatan dasar yang biasanya seringkali dibutuhkan untuk mengatasi kecelakaan yang terjadi di rumah, seperti terkilir, tersiram air mendidih, jatuh, tersayat serta gejala-gejala yang terkadang kamu anggap remeh namun sebenarnya mengganggu, seperti demam, batuk, flu, dan lain-lain.

Pada umumnya, obat dasar ini bisa kamu beli secara bebas di apotek terdekat tanpa harus adanya resep dokter. Hanya saja, tentu dengan dosis yang masih dalam batas wajar yang biasanya juga tertera di balik kemasan obat.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu membaca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Obat-obatan dasar mencakup sebagaimana berikut ini:

·   Obat Luka dan Luka Bakar

Obat merah atau antiseptik dan peru balsam atau salep levertran yang biasa digunakan untuk luka bakar ringan.

·   Obat Pereda Nyeri dan Demam (Analgesik dan Antipiretik)

Obatan-obatan yang mengandung parasetamol (asetaminofen) seperti Panadol dan Biogesik, Pereda nyeri dan demam seperti Aspirin dan Naspro, atau Analgesik dan antipiretik dalam bentuk sirup untuk anak seperti Tempra, Bodrexin, dan Termorex.

·   Obat Flu

Obat yang biasanya mengandung zat aktif untuk mengurangi produksi lendir atau mengatasi hidung tersumbat.

·   Obat Gosok

Obat yang biasanya digunakan untuk menghangatkan atau mendinginkan tubuh sekaligus mengatasi gatal dan gigitan serangga, seperti minyak kayu putih, balsem dan salep yang mengandung metil salisilat atau analgesik lain.

·   Bahan atau Alat Kesehatan

Selain berbagai obat-obatan yang bisa dikonsumsi, persediaan obat yang wajib ada di rumah juga harus mencakup bahan dan alat kesehatan seperti perban, plester, pembalut, atau kapas untuk mendukung upaya self-medication tersebut.

2. Obat Khusus

Persediaan obat yang wajib ada di rumah selanjutnya adalah obat khusus. Nah, obat khusus ini biasanya mencakup berbagai obat-obatan untuk penyakit yang bersifat kambuhan, seperti mimisan, asma, sembelit, gangguan tidur, nyeri haid, dan semacamnya.

Namun, perlu diketahui bahwa obat khusus hanya bisa kamu peroleh berdasarkan resep dokter saja, karena rata-rata obat macam ini bersifat keras dan mungkin akan memberikan efek samping apabila tidak digunakan dengan semestinya.

Nah, persediaan obat yang wajib ada di rumah dalam hal obat khusus diantaranya adalah mencakup:

  • Obat saluran pencernaan seperti obat maag, obat mules dan kembung, obat radang usus, dan obat cacing.
  • Obat batuk dan asma, baik itu dalam bentuk tablet maupun hirup.
  • Obat kulit untuk infeksi kuman, jamur, dan eksim.
  • Obat anti-alergi

Selain itu, bagi kamu yang memiliki anak balita, terdapat beberapa jenis obat yang sebaiknya kamu miliki dan masuk ke dalam beberapa persediaan obat yang wajib ada di rumah, diantaranya adalah:

  • Bedak penghilang gatal yang diakibatkan oleh biang keringat.
  • Obat kejang demam yang didasari oleh diagnosis dokter
  • Adrenalin apabila si kecil sering mengalami mimisan.
  • Tablet CTM dan tablet deksametason jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi terhadap makanan atau obat tertentu.
Pentingnya Kotak P3K di Rumah

Selain memiliki persediaan obat yang wajib ada di rumah, ada baiknya jika kamu juga memiliki peralatan kotak P3K yang mumpuni. Perlu diketahui bahwa setiap rumah penting memiliki kotak P3K guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait kondisi kesehatan anggota keluarga.

Karena, insiden kecelakaan yang terjadi di dalam rumah jelas bisa terjadi kepada siapapun dan kapanpun tanpa kita sangka. Nah, hal inilah yang membuat hadirnya kotak P3K itu sendiri sangat dibutuhkan, yaitu untuk mengurangi risiko infeksi ataupun mengurangi keparahan cedera yang terjadi.

Bagi yang belum tahu, lalu apa sih manfaat dari kotak P3K dan peralatan apa saja yang wajib ada di dalam kotak P3K? Yuk disimak bersama-sama!

Manfaat Kotak P3K
·   Sebagai Tempat Persediaan Obat

Kotak P3K perlu dimiliki agar bisa dijadikan sebagai wadah persediaan obat yang wajib ada di rumah. Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing atau bingung mencari jika membutuhkan suatu obat tertentu, karena seluruh obat tersebut sudah bisa kamu temukan di dalam satu kotak saja.

·   Antisipasi Medis Ketika Bepergian

Ketika kamu dan keluarga melakukan bepergian kemanapun itu, membawa kotak P3K menjadi salah satu hal yang harus selalu diperhatikan dan menjadi peralatan wajib yang juga harus selalu ada di dalam mobil.

Hal tersebut guna mengantisipasi insiden yang terjadi selama perjalanan berlangsung, baik itu ketika masih di jalan maupun ketika sudah tiba di tempat tujuan. Kotak P3K bisa dijadikan sebagai alat pertolongan pertama sebelum kamu mendapatkan bantuan dari medis.

·   Selalu Sedia di Dalam Situasi Darurat

Kotak P3K menjadi tempat persediaan berbagai obat yang dibutuhkan di dalam situasi darurat, terutama ketika di dalam rumah, seperti mencegah infeksi pada luka, gigitan ular, tersedak, alergi, dan berbagai situasi lainnya.

Peralatan yang Wajib Ada di Kotak P3K

Tidak hanya memiliki persediaan obat yang wajib ada di rumah, kita pun juga harus memiliki beberapa peralatan medis dasar yang seharusnya ada di dalam kotak P3K. Lalu, apa saja sih peralatan medis yang seharusnya kamu miliki?

·   Thermometer

Kotak P3K tidak lengkap tanpa adanya thermometer. Maka dari itu, pastikanlah bahwa kamu memiliki jenis termometer yang tepat. Termometer merkuri yang biasanya digunakan sudah tidak dianjurkan oleh dokter lagi, karena ada thermometer digital yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

·   Perban Steril

Berfungsi sebagai alat perban untuk luka, seperti menghentikan pendarahan.

·   Plester untuk Membalut Kasa

Biasanya digunakan untuk cedera yang lebih parah dan membutuhkan balutan yang lebih besar. Hal pertama yang harus dilakukan ialah pakaikan antiseptik pada luka dan tutup luka dengan menggunakan perban dan eratkan dengan menggunakan plester.

·   Alat Jepit Khusus

Digunakan untuk mengangkat benda asing yang tertahan atau masuk ke dalam tubuh, seperti serpihan benda. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk mengangkat kutu pada hewan peliharaan. Pastikan bahwa alat jepit dalam keadaan steril ketika kamu menggunakannya.

·   Plester Perekat

Perlu diingat bahwa jangan pernah membiarkan luka goresan tidak tertutup. Untuk luka goresan dengan darah yang tidak terlalu parah, kamu bisa menggunakan plester perekat seperti hansaplast.

Ukurannya yang beraneka ragam juga bisa kamu disesuaikan dengan besarnya luka yang kamu alami. Bahkan tersedia pula plester warna-warni yang dilengkapi dengan berbagai gambar lucu yang digemari oleh anak.

(Baca Juga: Intip 15 Tanaman Obat di Rumah yang Kaya Manfaat. Apa Saja?)

Jadi, hadirnya persediaan obat beserta peralatan kotak P3K yang perlu kamu miliki di rumah ini memang berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terkait kondisi kesehatan.

Terutama ketika virus corona Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini sehingga imunitas tubuh sangat perlu untuk diperhatikan. Nah, sembari ngabuburit dan mengisi waktu luang di rumah, yuk baca berbagai berita terbaru lainnya mengenai kesehatan, finansial, hingga lifestyle di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda