Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Persiapan Kelahiran Anak Pertama: 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

by Miftahul Khoer on 17 Desember, 2019

Memiliki anak adalah anugerah luar biasa yang diharapkan oleh keluarga. Anak bisa melengkapi kebahagiaan orang tua. Oleh karena itu kehadiran anak selalu disambut gembira, khususnya kelahiran anak pertama. Pasti orang tua merasa sangat antusias melakukan persiapan menjelang kelahiran anak pertama. 

bisnis tak pernah sepi - bisnis perlengkapan bayi - CekAja.com

Sekarang ini, banyak sekali toko yang menjual barang kebutuhan anak. Akan tetapi, bukan berarti semua barang itu harus kamu beli. Sebaiknya, kamu tidak memboroskan uang untuk benda-benda yang tidak terlalu berguna dan fokus membeli barang-barang yang memang diperlukan saja. Lalu apa saja sih, barang-barang yang perlu dibeli saat hendak melakukan persiapan menyambut kelahiran anak pertama? Berikut ini daftarnya.

1. Baju bayi

Baju bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Baju bayi merupakan salah satu barang pokok yang harus dibeli. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih baju bayi. Selain memilih bahan yang halus dan tidak panas, kamu juga harus membeli beberapa model baju bayi yaitu baju bayi lengan pendek, baju bayi lengan panjang, dan jumper. Usahakan hindari baju bayi bergambar yang sablonannya menembus kain. Pastikan juga tidak ada jahitan yang menembus sehingga berpotensi untuk membuat bayi merasa tidak nyaman.

(Baca juga: Standar Berat Badan Bayi Ideal Mulai dari Usia 0-12 Bulan)
2. Celana bayi

Celana bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu dibeli

Selain baju, tentu kamu juga harus membeli celana bayi. Dalam memilih celana bayi kamu juga harus mempertimbangkan hal-hal yang sama seperti saat membeli baju bayi yaitu pilihan bahan dan model. Belilah celana pendek dan celana panjang. Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah, untuk memilih celana yang karetnya tidak terlalu kencang supaya bayi nyaman. Kamu juga bisa membeli beberapa set baju bayi yang berpasangan dengan celananya.

3. Pelengkap pakaian bayi

Pelengkap pakaian bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Pelengkap pakaian dalam hal ini termasuk kaus kaki, sarung tangan, dan topi. Bayi membutuhkan hal-hal ini untuk membuatnya tetap hangat. Pilihlah bahan yang lembut dan cukup hangat, tapi tidak terlalu panas.

4. Handuk bayi

Handuk bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Kulit bayi sangat halus, jadi sebaiknya menggunakan handuk khusus bayi yang lembut. Hindari menggunakan handuk dewasa yang cenderung lebih kasar.

5. Kain bedong

Kain bedong - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Membedong bayi bukanlah keharusan. Namun kamu bisa membeli kain untuk membedong kalau memang perlu. Beli kain ini tidak perlu banyak-banyak karena hanya akan dipakai sebentar.

6. Popok bayi

Popok bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Kamu bisa memilih akan menggunakan popok kain, popok sekali pakai, atau popok kain yang bisa dipakai ulang. Semua tergantung kebijakan kamu sebagai orang tua. Pilihlah yang paling memudahkan. Pastikan juga kulit bayi cocok dengan bahan popok untuk menghindari alergi.

7. Kain kasa dan plester

Kain kasa - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Kain kasa dan perban yang menutup pusar bayi perlu diganti setiap hari. Membeli plester dan kain kasa juga tidak perlu terlalu banyak karena hanya akan digunakan sebentar sampai pusar tanggal.

8. Tisu basah

Tisu basah - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Baby wipes atau tisu basah khusus bayi perlu untuk dimiliki terutama ketika kamu harus bepergian bersama bayi. Pastikan kalau kamu benar-benar memilih tisu basah khusus untuk bayi. Perhatikan juga kandungannya. Pastikan bebas dari bahan berbahaya, zat aktif yang terlalu keras, dan hal-hal yang bisa memicu alergi pada bayi.

(Baca juga: Atasi Bayi Demam yang Rewel dengan 7 Cara Berikut Ini)
9. Peralatan mandi bayi

Peralatan mandi bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Peralatan mandi meliputi bak mandi bayi, sabun mandi, dan sampo. Kamu bisa juga membeli sabun yang bisa digunakan sekaligus untuk kepala dan badan. Kamu tidak perlu membeli kosmetik yang tidak dibutuhkan bayi seperti lotion dan cologne. Kamu bisa membeli krim diaper bila memang perlu.

10. Selimut bayi

Selimut bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Dalam memilih selimut untuk bayi, pilihlah yang bahannya lembut supaya aman dan nyaman untuk bayi. Pastikan selimut anti bakteri dan jamur. Pilihlah ukuran selimut yang sesuai untuk menghindari bayi tidak sengaja tertutup selimut saat bergerak dan mengganggu pernafasan.

11. Alas tidur tahan air

Alas tidur tahan air - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Alas tidur tahan air perlu dibeli untuk menghindari ompol bayi menembus sampai kasur. Sekarang sudah banyak macam alas tahan air mulai dari perlak kecil, perlak lebar, sampai yang berbentuk sprei.

12. Pompa ASI

Pompa asi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Pompa ASI penting untuk dimiliki terutama bagi ibu yang ingin memberikan ASI eksklusif pada bayinya. ASI yang sudah dipompa bisa dimasukkan ke dalam botol kaca kemudian disimpan di kulkas. Nanti tinggal dihangatkan saat bayi butuh minum.

13. Botol susu

Botol susu - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Botol susu tentu penting untuk memberikan susu pada anak baik itu ASI atau susu formula, terutama saat ibu sedang tidak bisa menyusui langsung. Pilihlah botol susu dengan kualitas baik dan pastikan kebersihannya selalu terjaga dengan cara mencucinya dengan sabun khusus yang aman bagi bayi dan mensterilkannya dengan alat khusus atau bisa juga dengan merendam dalam air panas.

14. Sikat botol bayi

Sikat botol bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Mencuci botol susu bayi perlu tambahan alat yang dapat menjangkau bagian dalam botol dan sela-selanya. Jadi, sikat botol bayi juga diperlukan untuk memastikan botol benar-benar bersih saat dicuci.

15. Tempat tidur bayi

Tempat tidur bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Sebaiknya, bayi tidur di tempat tidur tersendiri. Hal ini untuk menjaga keselamatannya. Tempat tidur bayi biasanya memiliki pengaman di sekelilingnya untuk menghindari bayi jatuh. Tidur di tempat tidur sendiri juga untuk menghindari bayi dari tertimpa tubuh orang tua secara tidak sengaja.

16. Bantal bayi

Bantal bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Selain itu, perlu juga disediakan bantal khusus bayi yang tipis dan kecil. Hal ini untuk menyesuaikan dengan ukuran bayi sehingga posisi kepala saat tidur tidak terlalu tinggi.

17. Gendongan

Gendongan - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Gendongan bayi juga perlu untuk dibeli. Kamu bisa memilih gendongan kain tradisional atau gendongan yang lebih modern untuk memudahkan pemakaian. Yang mana saja asal bayi nyaman.

18. Stroller

Stroller - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Kamu juga mungkin butuh membeli stroller atau kereta dorong untuk bayi. Kereta dorong biasanya digunakan saat bayi beranjak besar sehingga sudah mulai berat dan melelahkan kalau harus selalu digendong ke manapun pergi. Adanya kereta dorong akan memudahkan orang tua terutama saat membawa bayi bepergian.

19. Tas perlengkapan bayi

Tas Perlengkapan Bayi - Tempat tidur bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Perlengkapan bayi sangat banyak dan makan tempat. Oleh karena itu, ada baiknya kalau kamu membeli tas peralatan bayi. Tas ini biasanya sudah didesain sedemikian rupa dengan berbagai kantong untuk bermacam-macam perlengkapan sehingga akan memudahkanmu dalam mengatur barang bawaan bayi.

(Baca juga: Raisa Bawa Anak ke LN, Ini Tips Naik Pesawat Jarak Jauh dengan Bayi)
20. Peralatan makan bayi

Peralatan makan bayi - Persiapan Kelahiran Anak Pertama 20 Jenis Barang yang Perlu Dibeli

Setelah bayi berusia 6 bulan, bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI. Untuk itu, perlu memiliki perlengkapan makan khusus untuk bayi terutama sendok makan bayi. Peralatan makan untuk bayi didesain secara khusus sehingga aman untuk bayi.

Nah, persiapan menyambut kelahiran anak pertama memang sangat menyenangkan. Itulah beberapa rekomendasi barang yang perlu dibeli saat akan memiliki anak pertama. Di pasaran banyak orang yang menjual bermacam-macam peralatan bayi lain. Kamu sebagai orang tua bisa memutuskan sendiri apakah memang perlu dibeli atau tidak. 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.