Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Persiapan Sebelum Reservasi Tiket Kereta Api Online

by lhmdi on 1 Mei, 2017

tips traveling - CekAja.com

Dengan mulai banyak bermunculan layanan reservasi tiket kereta api secara online, tentunya akan semakin memudahkan masyarakat yang akan bepergian khususnya dengan moda transportasi kereta api.

Apalagi, dengan layanan online atau daring yang saat ini semakin banyak, masyarakat pun tidak perlu lagi mengantri di loket keberangkatan stasiun kereta. Layanan pemesanan tiket kereta api ini ini bahkan bisa dipesan dari jauh-jauh hari, karena setiap layanan online memiliki data-data jadwal keberangkatan terbaru setiap harinya.

Tidak jarang pula beberapa layanan online yang menambahkan penjualan untuk tiket kereta api tambahan bagi para traveler atau wisatawan yang sudah kehabisan tiket.

Widget TRV Insurance

Selain PT KAI, layanan pemesanan tiket kereta api secara online pada awalnya juga dapat dipesan melalui beberapa layanan seperti Tiket.com, PadiTrain dan yang terbaru beberapa layanan seperti Tokopedia dan Traveloka juga menyediakan layanan pemesanan tiket kereta api.

Jika kamu sedang berencana untuk memesan tiket kereta api melalui layanan online, ada beberapa hal penting yang terlebih dahulu kamu persiapkan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Tentukan tujuan

Sebelum berangkat menggunakan kereta api, pastinya harus menetapkan tujuan terlebih dahulu. Beberapa daerah populer di Jawa, seperti Bandung, Cirebon, Malang, Purwokerto, Surabaya, Solo dan Yogyakarta merupakan tempat-tempat populer yang biasanya akan direkomendasikan layanan penyedia tiket kereta api online atau daring.

Agar perjalanan jadi lebih menarik, jangan lupa untuk menetapkan tujuan keberangkatan terlebih dahulu.

(Baca juga: Bingung Pilih Pesawat, Bus atau Kereta untuk Traveling? Ini Jawabannya!)

  1. Menyiapkan dana

Menyiapkan dana atau uang saat akan melakukan pemesanan tiket kereta merupakan hal penting berikutnya. Pasalnya setiap pelayanan kereta api menawarkan tiga kelas kereta api yang berbeda di setiap perjalanannya.

Khusus kereta api, terdapat tiga kelas yaitu, ekonomi, bisnis, dan eksekutif, dan memiliki harga yang berbeda pula. Oleh karena itu, pastikan juga untuk selalu menyiapkan dana untuk memiliki kereta api mana yang akan kamu pilih.

Selain kelas kereta api, dana juga penting dipersiapkan saat akan memilih jam keberangkatan. Secara umum, tiket keberangkatan pada pagi dan malam hari akan lebih murah ketimbang jadwal keberangkatan di sore atau menjelang malam hari.

  1. Mengisi data diri

Setelah memilih, maka layanan online kereta api ini biasanya akan mengarahkan pada halaman pengisian data diri. Mulai dari nama, alamat surat elektronik atau email dan nomor telepon atau ponsel yang dimiliki.

Dibawahnya akan terdapat data penumpang yang akan berangkat. Jika ingin berangkat sendiri, bisa mengisi data diri dan menambahkan nomor identitas yang bisa diambil dari KTP, SIM atau passport.

Namun, jika ingin menolong seseorang yang akan berangkat, bisa mengisi data penumpang dengan nama dan nomor identitas yang lain.

  1. Pilih kursi

Saat ini layanan reservasi tiket kereta api seperti Traveloka hingga Bukalapak untuk tiket kereta api dan juga layanan lainnya sudah menyediakan pilihan bagi calon penumpang untuk memilih kursi sendiri.

Jadi, kita dapat memilih di mana tempat akan duduk apakah di barisan depan, tengah atau belakang, hingga memilih gerbong pertama atau terakhir. Selain itu, kita juga dapat memilih untuk duduk di kursi yang berada di dekat jendela atau tidak.

(Baca juga: Inilah Letak Kursi Terbaik di Bus dan Kereta Api)

  1. Jangan lupa melakukan pembayaran

Setelah memilih kursi, biasanya layanan reservasi tiket kereta api secara online ini akan mengarahkan kita untuk melakukan pembayaran. Karena namanya layanan online, maka cara pembayarannya pun mudah dilakukan.

Kita bisa menggunakan layanan transfer antar bank, menggunakan mesin ATM, mobile banking, bahkan menggunakan kartu kredit. Jadi, tidak perlu lagi mengantri di loket untuk membayar tiket yang sudah dipesan secara online.

  1. Jangan lupa cetak atau print tiket

Setelah selesai membayar, jangan lupa untuk mencetak atau menghasilkan tiket kereta api versi kertas yang sudah dibeli. Saat ini PT KAI bahkan sudah menyediakan banyak mesin cetak tiket kereta api di hampir semua stasiun keberangkatan. Tiket yang dicetak ini nantinya akan digunakan sebagai tanda masuk ke stasiun dan naik kereta api.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami