Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

6 menit waktu bacaan

Persib Bandung Klub Paling Kaya di Indonesia, Ini 7 Faktanya!

by Miftahul Khoer on 25 September, 2018

Persib Bandung berhasil mengalahkan Persija dalam laga lanjutan Gojek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu lalu. Pertandingan yang berakhir dengan skor 3-2 oleh Persib itu sudah terlihat memanas sejak awal hingga pertandingan berakhir. Nah, menyoal status klub, Persib dikenal sebagai yang terkaya di Tanah Air. Simak fakta-faktanya!

Maklum, duel El Clasico ini sudah lama dinanti-nanti oleh para pecinta sepak bola Indonesia setelah sebelumnya sempat tertunda karena ajang Asian Games 2018. Dua musuh bebuyutan ini pun akhirnya bertemu di Bandung dan dimenangkan oleh sang tuan rumah.

Gol-gol yang diciptakan sang tuan rumah tak lepas dari kontribusi pemain asing bergaji tinggi yakni Ezechiel N’Douasel, Jonathan Bauman dan Bojan Malisic yang semuanya para pemain asing. Persib, klub berjuluk Maung Bandung memang terkenal jor-joran belanja pemain asing pada musim ini.

Nah, kali ini CekAja tak akan membahas perseteruan antara Persib vs Persija tapi mengulas fakta-fakta kekayaan Persib Bandung di sepak bola Indonesia. Yuk cek!

(Baca juga: Timnas Juara! Ini 5 Pemain Timnas Sepakbola Indonesia Termahal Sepanjang Sejarah)

Klub terkaya versi Forbes

Forbes pada tahun lalu mencatat nama Persib Bandung sebagai klub Indonesia terkaya dengan nilai Rp2,24 triliun. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari total aset, belanja pemain dan pemasukan sponsor.

Gebrakan paling mengagetkan sepak bola Tanah Air adalah ketika Persib pada musim tahun lalu mendatangkan dua pemain kelas dunia yakni mantan pemain Chelsea, Michael Essien dengan nilai kontrak sekitar Rp8,5 miliar dan Carlton Cole mantan pemain West Ham United dengan kontrak di bawah Rp5 miliar. Sayangnya, untuk musim ini kedua pemain kelas dunia tersebut sudah tidak merumput kembali bersama Persib.

Paling banyak sponsor

Persib Bandung menjadi salah satu klub yang berlaga di Liga Gojek 1 2018 dengan jumlah sponsor paling banyak. Bisa dilihat jersey Persib setiap berlaga dipenuhi oleh logo-logo sponsor. Beberapa sponsor Persib Bandung antara lain Indofood, Go-Jek, Permata Bank Syariah, Pria Punya Selera, Kopi ABC, FWD, Elevanian, Sportama, Corsa, Achilles Radial, Envi, Panther Energy, ISMC dan 96.4 FM.

Sponsor di atas merupakan perusahaan besar di Indonesia. Wajar jika dalam satu musim, Persib dikabarkan meraup ratusan miliar dari sponsorship. Meskipun, pihak manajemen tidak merinci secara detail berapa penghasilan Maung Bandung dari pendapatan sponsorship.

(Baca juga: Ronaldo Ternyata Lebih Kaya dari 9 Pengusaha Indonesia Ini)

Banjir pemain jempolan

Kunci keberhasilan Persib Bandung yang saat ini bertengger di posisi paling puncak klasemen sementara Gojek Liga 1 2018 tak lepas dari kehadiran para pemain bintang.

Salah satu pencetak gol terbanyak yang juga pemain jempolan persib yakni Ezechiel N’douassel yang nilai kontraknya paling tinggi sekitar Rp11 miliar. Berikutnya ada Bojan Malisic yang dibanderol Rp5,1 miliar diikuti Victor Igbonefo Rp3,4 miliar dan pemain muda Febri Hariyadi Rp3 miliar.

Selain para pemain di atas, Persib juga memiliki pasukan beringas di lapangan macam Billy Keraf, Gian Nugraha, Kim Kurniawan, Jonathan Bauman dan banyak lagi.

(Baca juga: Mengintip Bisnis Sampingan Pesepak Bola Kenamaan)

Salah satu pelopor klub tanpa APBD

Persib merupakan salah satu klub yang bisa mandiri tanpa beban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Pada Desember 2008, Persib resmi menjadi PT Persib Bandung Bermartabat. Sejak saat itu tak ada lagi kucuran dana dari pemerintah daerah.

Hingga akhirnya diikuti oleh klub lain. Aturan klub harus mandiri tanpa kucuran APBD tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 32 tahun 2011 dan 39 tahun 2012. Pada September 2009, ‘The New Persib’ diperkenalkan oleh manajemen.

Saat itu diperkenalkan juga sederet investor yang akan menopang pendanaan klub. Seiring waktu berjalan, Persib menjadi klub profesional yang dinaungi oleh para investor ternama.

Beberapa pengusaha yang berada di balik Persib Bandung antara lain adalah Zaenuri Hasyim selaku komisaris utama, Erick Thohir sebagai wakil komisaris dan Umuh Muchtar, lawrence Barki serta Kuswara Taryono yang masing-masing sebagai komisaris.

(Baca juga: Ini Pesepak Bola yang Miliki Rumah Mewah dengan Harga Wah)

Berencana go public

Wacana PT Persib Bandung Bermartabat untuk jadi perusahaan publik masih terus jadi wacana. Hal itu pertama kali mengemuka saat klub menjadi perusahaan perofesional di bawah naungan para investor andal.

Pihak Persib pun sempat menjajaki beberapa perusahaan sekuritas untuk mematangkan rencananya tersebut. Namun, hingga kini rencana tersebut belum juga terealisasi.

Padahal pihak internal Persib sudah percaya diri kalau klub sudah jadi milik publik, maka potensi pendanaan akan semakin mudah didapat seiring potensi pasarnya cukup besar.

Supporter terbanyak di Indonesia

Pihak internal Persib sempat melakukan survei pada 2011 terkait jumlah pendukung klub. Hasilnya, terdapat sekitar 5,3 juta bobotoh yang ada di seluruh Indonesia yakni di Bandung, Jakarta, Surabaya dan 19 kota lainnya.

Survey tersebut dilakukan pada tujuh tahun lalu. Potensi kenaikan jumlah bobotoh setiap tahunnya cukup tinggi. Belum lagi jika dihitung bobotoh yang ada di luar negeri.

(Baca juga: Fakta-fakta Ronaldo, Sang Fenomena yang Memborong Saham Real Valladolid)

Prestasi Persib Bandung

Klub Maung Bandung mungkin bisa dijadikan ‘agama’ kedua bagi bobotoh. Mau kalah atau menang, para pendukung akan tetap mencintai klub.

Selama era Perserikatan dan Liga Indonesia, Persib Bandung berhasil meraih tujuh kali trofi antara lain juara Perserikatan tahun 1937, 1961, 1986, 1989-1990 dan 1993-1994. Sementara untuk Liga Indonesia, Persib juga berhasil menjadi juara pada musim 1994-1995 dan 2014.

Sementara itu, Persib juga berhasil menjadi juara pada turnamen bergengsi Piala Presiden 2015. Tim yang diasuh Djajang Nurjaman saat itu berhasil mengalahkan kesebelasan Sriwijaya FC, 2-0.

Sayangnya, pada turnamen berikutnya yakni Piala Jenderal Sudirman, kegemilangan Persib bak ditelan bumi. Jangankan juara, pada 2015 bahkan Persib sempat membubarkan diri sebagai klub sepak bola. Tak lama kemudia, akhirnya klub lahir kembali dan berjaya seperti saat ini di bawah asuhan pelatih bertangan dingin Mario Gomez.

Saat ini, Persib masih menempati urutan teratas di klasemen sementara Liga Gojek 1 2018. Bisakah Persib kembali berjaya menjadi juara dan meraup miliaran dari sponsorship? Kita tunggu saja. Nah bagi Anda yang juga ingin kaya raya, mulailah melakukan investasi. Akses CekAja.com dan temukan produk investasi yang cocok untuk Anda.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami