Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Pertamina Kasih Diskon BBM 30% di Jalur Mudik, Tapi Ada Syaratnya..

by Gentur Putro Jati on 29 Mei, 2019

PT Pertamina (Persero) memberikan diskon berupa cashback bagi pembelian bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) jalur mudik dan arus balik sampai 30 persen dari harga normal. Lumayan bukan..

konsumsi BBM

Buat kamu yang berencana mudik ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi tentu tidak akan melewatkan kesempatan menghemat uang bensin ini.

Namun, ada baiknya membaca sampai selesai informasi yang disampaikan oleh Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas’ud Khamid di bawah ini. Karena untuk menikmati potongan harga tersebut, ada beberapa syarat yang ditetapkan Pertamina. Cek yuk:

1. Khusus BBM jenis Pertamax cs

Diskon harga 30 persen diberikan bagi konsumen BBM jenis Pertamax 92, Pertamax Dex, dan Pertamax Turbo 98. Jadi kalau mobil kamu masih minum bensin jenis Pertalite apalagi Premium, jangan harap bisa dapat cashback dari Pertamina ya.

(Baca juga: Perang Swasta vs BUMN Rebutan Pengguna Uang Elektronik)

Berdasarkan pantauan CekAja.com di awal Mei ini, harga tiga jenis BBM keluarga Pertamax itu adalah sebagai berikut: Pertamax 92 dijual Rp 9.850 per liter, Pertamina Dex Rp 11.700 per liter, sedangkan Pertamax Turbo 98 dijual Rp 11.200 per liter.

2. Lokasi SPBU dan periode diskon

Seperti disebutkan di awal artikel ini, Pertamina memberikan diskon sebesar 30 persen pada 148 SPBU yang berada di jalur mudik dan arus balik tol lintas Jawa dan Sumatera. Diskon tersebut bisa kamu nikmati mulai 31 Mei sampai 16 Juni 2019.

3. Diskon acak 5-30 persen

Mas’ud Khamid menuturkan, cashback diberikan secara acak dengan besaran 5 sampai 30 persen untuk transaksi minimal Rp100 ribu per kendaraan. Jadi semoga beruntung mendapatkan potongan harga terbesarnya ya.

4. Wajib pakai LinkAja atau kartu kredit/debit Bank BUMN

Syarat lain yang harus kamu penuhi untuk bisa mendapatkan diskon adalah bayar transaksi tersebut dengan kartu kredit atau kartu debit dari bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Bank Mandiri, BNI, atau BRI. Mas’ud menyebut diskon 15 sampai 20 persen bakal diberikan Pertamina apabila kamu menggunakan metode pembayaran ini.

Diskon lebih besar sampai 30 persen bisa kamu dapatkan, asalkan membayarnya dengan aplikasi uang elektronik LinkAja yang juga dikelola oleh perbankan pelat merah.

“Pengguna yang membayar dengan LinkAja bisa dapat cashback sampai 30 persen,” ujar Mas’ud.

Beri Kemudahan

Pertamina berharap diskon yang diberikan Pertamina bisa meningkatkan transaksi non tunai pembelian BBM selama musim libur Lebaran. Ia mencatat saat ini transaksi nontunai pelanggan perseroan berkisar 20 hingga 30 persen dari total transaksi pembayaran.

Dari sisi stok, Posko Nasional Sektor ESDM Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, hingga Minggu (26/5) malam mencatat stok BBM dan Liquified Petroleum Gas (LPG) dalam kondisi aman.

“Stok BBM dalam kondisi normal, dengan coverage days untuk BBM jenis Premium 21 hari, Pertalite 22 hari, Pertamax atau Akra 92 sebanyak 23 hari, Solar/Akrasol 26 hari, Kerosene 57 hari, dan Avtur 49 hari,” bunyi laporan Posko Nasional Sektor ESDM.

Selain itu, kondisi stok LPG juga terpantau dalam kondisi normal, dengan jumlah stok sebesar 333.279 MT (metrik ton) dan realisasi penyaluran 24.336 MT dengan jangkauan waktu sekitar 15 hari.

Rumah Pertamina Siaga

Bukan hanya menjamin ketersediaan stok BBM dan LPG, namun Pertamina juga menyebar 15 titik Rumah Pertamina Siaga yang terletak jalur mudik dan balik di Pulau Jawa dan Sumatera yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat para pemudik.

Tempat istirahat ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti area istirahat (alat pijat dan tempat bersantai), tempat sholat, tempat bermain anak, ruang menyusui, layanan produk, layanan kesehatan ringan, hingga isi ulang kartu uang elektronik. Rumah Pertamina Siaga ini akan mulai beroperasi secara bertahap mulai 27 Mei hingga 10 Juni 2019.

(Baca juga: E-Money Mudahkan Hidupmu! Mana Saja yang Terfavorit?)

Buat kamu yang sudah tidak sabar lagi untuk mudik tahun ini, jangan lupa lindungi diri dan keluarga tercinta dengan pilihan asuransi terbaik yang bisa kamu dapatkan sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum