Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Pertamina Prediksi Puncak Konsumsi BBM Saat Mudik Pada 9 Juni 2018

by Gito on 17 Mei, 2018

Kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) jelang puasa dan lebaran di Indonesia setiap tahunnya pasti mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya. Hal itu terjadi lantaran adanya budaya mudik yang rutin dilakukan oleh perantau pada 7 hari sebelum lebaran hingga 7 hari setelah lebaran. Nah, pada tahun ini puncak konsumsi BBM diprediksi bakal terjadi pada 9 Juni 2018.

Kenaikan tertinggi konsumsi BBM diprediksi terjadi pada puncak arus mudik, yakni pada tanggal 9 dan 13 Juni 2018 dengan kenaikan 32% dan 29% dari konsumsi normal. Sedangkan arus balik pada 19 Juni 2018 yang diperkirakan mencapai 28%.

Kenaikan tertinggi konsumsi BBM terjadi pada jenis pertalite dari 46 ribu kiloliter menjadi 55 ribu kiloliter (20%), disusul Pertamax dari 15 ribu kiloliter menjadi 18 ribu kiloliter (15%) kemudian Premium dari 24 ribu kiloliter menjadi 26 ribu kiloliter (7%).

Untuk jenis BBM lainnya seperti Pertamax Turbo diproyeksikan meningkat konsumsinya dari 787 kiloliter menjadi 820 kiloliter (5%), Dexlite dari 1.598 kiloliter menjadi 1.678 Kiloliter (5%), Dex dari 485 kiloliter menjadi 504 kiloliter (4%) serta Avtur meningkat dari 15 ribu kiloliter menjadi 16 ribu kiloliter (5%). Sementara untuk kebutuhan solar diperkirakan turun dari 35 ribu kiloliter rata-rata harian menjadi 30 ribu kiloliter.

Untuk itu selama Puasa dan Lebaran 2018, konsumsi BBM harian secara nasional diperkirakan naik rata-rata 15%. Nah sebagai salah satu strateginya, Pertamina bakal meningkatkan stok dan penyaluran BBM selama Puasa dan Idul Fitri dari rata-rata harian normal gasoline 90 ribu kiloliter per hari menjadi 104 ribu kiloliter per hari.

Satgas BBM & LPG 

Selain meningkatkan pasokan, Pertamina juga membentuk Satuan Tugas (satgas) BBM & LPG Idul Fitri guna memastikan ketersediaan bahan bakar bagi masyarakat luas. Nah satgas anyar ini bakal mengawal ketersediaan dan kelancaran distribusi ke seluruh wilayah Indonesia.

Disamping itu satgas BBM & LPG juga bertugas melayani kebutuhan bbm & lpg bagi masyarakat khususnya pemudik selama Puasa dan Idul Fitri 2018. Oleh karena itu, masa kerja aktif Satgas BBM & LPG baru di mulai pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri.

Untuk meningkatkan pelayanan, Pertamina juga membangun KiosK/Serambi PX, Mobil Dispenser Unit, BBM Kemasan di SPBU serta Motor/Mobil Pengantar Kemasan BBM. Layanan khusus ini akan disediakan di sepanjang jalur mudik Pulau Jawa baik jalan tol maupun non tol serta jalur Sumatera.

Selain BBM, Pertamina juga bertugas menjaga pasokan gas cair tetap aman. Oleh karena itu perusahaan juga akan meningkatkan penyaluran LPG pada Puasa dan Idul Fitri 2018 yang diperkirakan puncaknya akan terjadi pada minggu terakhir jelang Lebaran, dengan kenaikan sekitar 17% dari rata-rata harian 23.124 metrik ton menjadi 27.000 metrik ton. Pertamina juga telah meningkatkan ketahanan stok LPG menjadi rata-rata 17,6 hari.

Dari sisi distribusi, Pertamina akan menyiagakan 3.094 agen LPG PSO dan NPSO serta 31.612 pangkalan LPG PSO di seluruh Indonesia. Selain itu 49 Kantong SPPBE di Pulau Jawa guna memastikan kelancaran suplai LPG selama arus mudik juga sudah disiagakan.

Pertamina juga membuka Posko Pengaduan melalui Contact Pertamina 1 500 000 serta Posko Pengaduan di tiap Marketing Operation Region (MOR) di seluruh Indonesia. Anda dapat menyampaikan kondisi ketersediaan BBM dan LPG di wilayahnya, termasuk jika adanya pelanggaran di Agen dan SPBU.

Mudik Aman

Selain bahan bakar, setidaknya terdapat 4 hal yang perlu Anda lakukan agar mudik berjalan nyaman dan menyenangkan.

• Bawa Uang Kecil

Sering kali Anda akan menjumpai panganan khas daerah setempat yang kebetulan dilewati ketika mudik. Biasanya makanan tersebut memiliki rasa yang lezat dan harga yang relatif murah. Sedangkan si penjual juga kebetulan baru saja kehabisan uang kecil, jangan sampai wisata kuliner Anda gagal hanya karena tidak ada kembalian, sayang bukan.

• Bawa Kamera

Abadikan setiap momen mudik Anda menjadi sebuah cerita bergambar yang kelak nanti akan membuat Anda sekeluarga rindu akan kebersamaan yang sudah terjalin.

• Kacamata Hitam

Selain untuk menambah manis penampilan Anda, Kacamata Hitam juga berguna disaat matahari memancarkan sinarnya secara maksimal. Jadi berkendara Anda tetap aman dan nyaman. Saat ini terdapat banyak model Kacamata yang dapat anda sesuaikan dengan bentuk muka dan juga penampilan Anda

• Asuransi

Jangan lupa juga untuk mendaftarkan diri Anda dan juga keluarga ke asuransi perjalanan. Ini akan sangat berguna untuk memitigasi resiko yang mungkin muncul di Jalan.

Untuk mendapatkan ragam pilihan asuransi perjalanan atau travel, akses CekAja.com. Disana Anda akan menemui banyak pilihan produk asuransi dari beberapa perusahaan Asuransi, jadi bandingkan dan temukan.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami