Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

5 menit waktu bacaan

Jenis Potensi Bisnis Sekitar Perumahan di Bandung

by lhmdi on 27 August, 2017

tips be;i rumah _ KPR - CekAja.com

Selain dikenal karena potensi wisata, saat ini pertumbuhan perumahan di Bandung pun kian tinggi. Bahkan beberapa lokasi punya potensi bisnis.

Potensi Bandung sebagai kota di Pulau Jawa terus berkembang. Perumahan-perumahan baru yang kian bermunculan di Bandung ini pun bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama, karena taraf kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Bandung yang mulai meningkat.

Kedua, semakin banyaknya masyarakat yang mulai berinvestasi di bidang properti karena Bandung yang identik sebagai tempat wisata terdekat dari Ibukota, Jakarta.

Mulai dari rumah untuk tempat tinggal, kini rumah-rumah pun dibangun untuk disewakan bagi para travelers yang ingin menghabiskan waktu liburannya di kota Kembang.

Namun kini, perkembangan Bandung semakin cepat dan luar biasa. Perumahan-perumahan tidak hanya terpusat di kota Bandung saja. Khusus untuk properti, pertumbuhan-pertumbuhan perumahan di Bandung kini mulai bergeser ke Bandung Timur, Bandung Selatan, hingga Cimahi.

Jenis Bisnis yang Ada di Sekitar Perumahan Bandung

pekerjaan sampingan _ kartu kredit - CekAja.com

Berkunjung ke pusat kota Bandung saat ini hampir semuanya memiliki potensi bisnis yang segera berkembang. Mulai dari hotel bertingkat, coffee shop hingga hiburan yang dibangun untuk menumbuhkan potensi bisnis.

Seperti apa saja bisnis yang dikelola dan berada di dekat perumahan di Bandung? Sambil berwisata di Bandung, setidaknya kita bisa mencari celah potensi bisnis rumahan apa yang bisa dikelola di kota kembang ini.

Berikut beberapa diantaranya:

  1. Warung kopi

Bicara tentang Bandung, tentunya belum lengkap jika kita berkunjung ke Coffee Shop yang tiap hari selalu bermunculan di pusat kota.

Namun, terdapat satu jenis Coffee Shop yang unik di sekitaran kota Bandung, dan lokasinya berada di sekitar perumahan di Bandung. Coffee Shop ini diberi nama Warkop Modjok.

Berlokasi di Jalan Pinus Raya komplek Perumahan Pondok Hijau Indah, Warkop Modjok berada tidak jauh dari komplek perumahan. Warkop Modjok kini menjadi tempat nongkrong baru bagi masyarakat yang sedang berkunjung ke Bandung.

Layanan rekomendasi coffee shop seperti Qraved atau Zomato bahkan merekomendasikan Warkop Modjok sebagai tempat yang layak untuk dikunjungi selama di kota Bandung.

Meskipun terletak di komplek perumahan Pondok Hijau Indah, Warkop Modjok tetap mendapatkan kunjungan dari berbagai macam masyarakat. Kesuksesan Warkop Modjok tentunya akan membuka peluang usaha untuk mengembangkan bisnis yang serupa dan berlokasi di sekitar komplek perumahan.

  1. Penyewaan kamar atau penginapan

Seperti yang sudah kita ketahui, daerah Dago di Bandung merupakan salah satu magnet untuk menarik wisatawan. Mulai dari tempat wisata, restoran dan lain-lainnya menjamur di daerah ini.

Semakin besarnya perluasan wisata di daerah Dago, maka semakin besar pula peluang bisnis yang bia dikelola di daerah Dago.

Sebagai contoh, layanan penyewaan kamar atau penginapan untuk tempat menginap para wisatawan selama di Dago, kini semakin menjamur.

Salah satunya adalah layanan penyewaan kamar yang berada di komplek perumahan yang terletak di di Dago Golf Raya.

Selain perumahan, terdapat beberapa cluster yang berada di tempat ini. Layanan pemesanan kamar online seperti AiryRooms bahkan bekerjasama dengan beberapa pemilik properti untuk mengelola bisnis penyewaan kamar ini.

Di masa depan nanti, tentunya pertumbuhan properti di sekitar Dago dan sekitarnya masih akan tumbuh dan berkembang pesat, dan bukan tidak mungkin akan semakin banyak tempat penginapan dan penyewaan kamar yang berada di dalam perumahan yang tersebar di Dago.

  1. Distro dan Factory Outlet

Salah satu bisnis yang masih ramai dikelola di Bandung adalah kehadiran Distro dan Factory Outlet. Apalagi Bandung dikenal dengan cara kreatifnya menghasilkan produk-produk fashion yang berkualitas.

Maka, tidak jarang kita melihat di akhir pekan, jalanan kota Bandung penuh sesak dari berbagai masyarakat yang datang untuk membeli beberapa perlengkapan fashion.

Lokasi pilihan para masyarakat yang akan belanja di tempat ini biasanya berada di sekitar Jalan Riau. Karena di tempat inilah banyak distro-distro atau Factory Outlet menawarkan berbagai macam produknya.

Selain menyediakan toko-toko di jalan besar, beberapa usaha distro atau Factory Outlet juga berada di komplek perumahan di sekitar Jalan Riau.

Karena bisnis fashion terus berkembang di Bandung,  bukan tidak mungkin akan bermunculan distro-distro atau Factory Outlet yang akan bermunculan di kemudian hari dan berlokasi di sekitar perumahan yang dekat dengan Jalan Riau.

Potensi Bisnis  Perumahan di Bandung Timur dan Selatan

tips anti bangkrut _ investasi - CekAja.com

Keistimewaan Bandung tidak hanya terletak di pusat kotanya saja. Saat ini kita sudah melihat berbagai macam Coffee Shop, Distro serta Factory Outlet, dan bisnis-bisnis lainnya begitu ramai di pusat kota Bandung.

Namun, di masa yang akan dating, daerah Bandung Timur dan Bandung Utara memiliki potensi yang berkembang di masa depan.

Bberapa faktornya bisa dimulai terrlihat dari rencana pembangunan sistem transportasi kereta cepat Jakarta-Bandung, dan Light Rail Transit (Metro kapsul) berpotensi mengembangkan bisnis yang berada di sekitar perumahan di Bandung Utara dan Timur nantinya.

Hal ini masih ditambah dengan rencana pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) dari Pasteur hingga Ujung Berung di Bandung Timur punya potensi menumbuhkan pasar properti di sekitar kawasan Bandung Timur.

Properti yang dimaksud tentu saja adalah karena semakin mudahnya akses untuk pulang dan pergi dari dan ke kota Bandung. Meskipun hadir dalam bentuk properti, namun di masa yang akan datang, tempat-tempat ini bisa berkembang menjadi sentra bisnis baru di daerah Bandung.

Tidak hanya itu, kawasan Bandung Timur pun direncanakan sebagai kota yang berbasis teknologi iformasi dan rencananya akan diberi nama Bandung Teknopolis . Semakin luasnya perkembangan kawasan di Bandung Timur, maka akan memicu pertumbuhan bisnis baru.

Bukan tidak mungkin di masa yang akan datang akan semakin tempat penyewaan kamar hingga hotel, bisnis kulier dan lain-lainnya bermunculan di Bandung Timur.

Hampir sama dengan Bandung Timur, Bandung Selatan diprediksi akan semakin ramai dengan pasar properti. Saat ini beberapa perumahan di Bandung Selatan sudah berdiri seperti komplek Giriya, hingga perumahan permata buah batu.

Hal ini masih bisa bertambah, karena pertumbuhan properti atau perumahan baru di Bandung akan semakin banyak dan berkembang.

Perumahan-perumahan baru di bandung  ini nantinya bisa dikelola kembali menjadi sentra bisnis dan tentu saja akan membuka peluang bisnis baru di kawasan Bandung Selatan. Apalagi, di kawasan Bandung Selatan saat ini sudah dipenuhi dengan tempat-tempat wisata dan berburu kuliner, seperti daerah Ciwidey.

Sehingga di masa depan, selain semakin ramainya komplek perumahan, akan bermunculan berbagai macam tempat bisnis yang berada di sekitar perumahan hingga di perumahan-perumahan yang ada di Bandung.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami