10 Perusahaan Ekspedisi Terpopuler di Indonesia, yang Mana Langgananmu?

Perubahan sistem jual beli saat ini, membuat beberapa perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia, jadi ladang bisnis di bidang jasa, yang besar dan paling dibutuhkan.

Bagaimana tidak? Semenjak teknologi memudahkan seseorang, untuk menjual dan membeli barang secara online, perusahaan ekspedisi mulai berkembang dan maju.

Setelah itu, Covid-19 datang dan mempengaruhi banyak pihak, untuk menggunakan jasa ini, sebagai satu-satunya alternatif, berbisnis di kondisi pandemi.

Nah, karena semakin dibutuhkan, maka tak heran jika saat ini perusahaan ekspedisi baru, akhirnya banyak bermunculan, dan berkembang pesat.

Seperti yang diketahui, bahwa perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia, pada zaman dulu hanya Pos dan TiKi saja.

Tapi, sekarang jumlahnya sudah banyak, dan saat ini mereka bersaing ketat, untuk memberikan pelayanan terbaik, untuk pelanggannya.

Sehingga, kini masyarakat pun, menjadi lebih leluasa, untuk memilih sendiri ekspedisi mana, yang lebih cocok untuk mereka.

(Baca Juga: Begini Cara Mudah Cek Ongkir dan Resi Ekspedisi!)

Bagaimana? Sudah penasaran, apa saja perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia? Yuk, langsung saja intip informasi selengkapnya berikut ini.

10 Perusahaan Ekspedisi Terpopuler di Indonesia

1. JNE

Perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia, yang sudah memiliki banyak cabang di mana-mana, apa lagi kalau bukan JNE.

Buat para pebisnis dan kamu yang hobi belanja online, pasti sudah tidak asing lagi bukan, dengan JNE?

Ya, JNE sendiri merupakan salah satu ekspedisi atau jasa pengiriman, yang paling sering dipakai oleh masyarakat, terutama untuk bisnis online.

Berdiri sejak tahun 1990, JNE sampai saat ini terus memperluas jaringannya, dengan banyak gerai cabang yang bisa dengan mudah ditemukan.

JNE juga memiliki banyak jenis penawaran jasa pengiriman barang partai kecil dan besar. Mengapa JNE paling dikenal dan paling lengkap memberikan pelayanan?

Hal tersebut dikarenakan, mereka kini sudah memiliki banyak agen di berbagai daerah termasuk kota-kota kecil.

Jadi, akan sangat mudah bagi pihak pebisnis dan pembeli, yang lokasi rumahnya di daerah terpencil sekalipun.

Tidak hanya itu, JNE juga menawarkan banyak layanan, yang mungkin belum ada di ekspedisi lain, seperti layanan jemput-antar ASI, kirim uang, dokumen penting, dan lainnya.

2. J&T Express

Setelah JNE perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia selanjutnya adalah J&T Ekspress. Jika dibandingkan dari segi pengalaman, J&T tentu lebih junior daripada JNE.

Tapi, meski terbilang baru, J&T mampu memberikan pelayanan terbaik, dan sukses memiliki pangsa pasar, hingga bisa menyaingi JNE.

Adapun, J&T kini semakin populer ketika brandnya diiklankan oleh salah satu selebriti, yakni Deddy Corbuzier.

Berdiri sejak tahun 2015, kini J&T juga telah memperluas jaringan. Sehingga, ia bisa bersaing dengan perusahaan ekspedisi senior.

J&T juga tidak kalah memberikan pelayanan terbaik, dengan cara menerapkan perkembangan teknologi, sebagai dasar dari sistemnya, dan mengeksekusi penjemputan yang cepat.

3. POS Indonesia

Jangan anggap POS hanya bisa mengirim surat ya. Justru kini POS sudah menjadi salah satu perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia, bahkan sejak dulu.

POS ini merupakan perusahaan, atau Badan usaha milik negara (BUMN), yang sudah berdiri sejak tahun 1746. Wow, apa kamu sudah lahir?

Tidak hanya menjadi perusahaan yang melayani jasa pos dan kurir, POS Indonesia, juga menawarkan jasa keuangan.

Jadi, jika kamu membutuhkan layanan selain pengiriman surat dan paket, seperti jasa pengiriman uang, kargo, dan lainnya, kamu bisa pilih POS Indonesia sebagai alternatif terbaik.

Adapun, kini layanan POS telah didukung oleh titik jaringan, sebanyak 4.800 kantor pos dan 58.700 titik layanan, yang tersebar secara menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia.

4. TIKI (Titipan Kilat)

Nah, buat sobat yang sudah hobi kirim barang sejak dulu, mungkin tidak asing dengan perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia, yang kabarnya, juga menjadi ekspedisi tertua di Indonesia.

Bagaimana tidak, TiKi mulai berdiri sejak tahun 1970, dan masih mampu bersaing, dengan menerapkan tarif pengiriman, yang kompetitif terhadap kompetitornya.

Tidak kalah lengkap, TiKi jua memiliki berbagai produk dan layanan. Sehingga, mampu memenuhi segala kebutuhan pelanggan, seperti Same Day Services, Overnight Services, Holiday Delivery Services, Trucking Service, Jemputan Online, dan lainnya.

5. SiCepat

Baru saja merayakan ulang tahun yang ke tujuh tahun, yakni pada 1 Februari kemarin, SiCepat juga masuk ke dalam, salah satu perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia.

SiCepat sendiri merupakan perusahaan ekspedisi, meliputi transportasi darat dan udara, yang berdiri sejak tahun 2014.

Seperti namanya yakni “Sicepat”, maka kurir perusahaan ini selalu berusaha, untuk menjadi yang selalu cepat dalam pengiriman.

Bisa dilihat dari mana, bahwa kurir SiCepat selalu menjadi yang tercepat? Jadi, pihak SiCepat mengklaim bahwa, layanannya mulai selalu mencapai target perusahaan, yaitu 95%, dalam melakukan layanan.

6. Pahala Express

Masih seumur jagung, perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia ini, juga bisa dijadilan alternatif jasa pengiriman barang, yakni Pahala Express.

Pahala Express sendiri telah beroperasi sejak 2008, serta menawarkan berbagai jenis layanan pengiriman, mulai dari yang ekonomis hingga layanan ekspres.

Untuk jumlah kantor cabangnya, mungkin tidak sebanyak perusahaan ekspedisi senior. Namun, untuk ekspedisi baru, Pahala Expres, termasuk yang cukup berkembang.

Saat ini, Pahala Express telah memiliki 29 kantor cabang dan 500 cabang agen yang tersebar di Indonesia.

7. Wahana

Siapa yang bingung saat pertama kali mendengar, perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia, bernama Wahana? Mungkin, sesaat kamu pernah bertanya-tanya, tapi kini Wahana sudah mulai dikenal dengan ekspedisi yang cukup populer.

Wahana sendiri, sudah berdiri sejak 1998, dan mulai mengirimkan paket ke kota-kota besar di seluruh Indonesia, sejak tahun 2002.

Tidak hanya di Indonesia, bahkan saat ini Wahana Logistik, telah memiliki puluhan kantor cabang utama, yang tersebar di seluruh Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

8. Indah Logistik

Perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia berikutnya adalah Inda Logistik. Adapun, Indah Logistik pun terkenal sebagai jasa ekspedisi di Sumatera. Apa benar begitu masyarakat Sumatera?

Didirikan pada tahun 2002, oleh Arizal Aziz, awalna Indah Logistik ini memiliki nama CV Indah Travel.

Namun, seiring permintaan titipan barang yang semakin banyak, maka perusahaan ini mendapat teguran dari Dinas Perhubungan setempat, karena membawa barang melebihi kapasitas.

Sehingga Indah Travel, disarankan untuk membuka perusahaan yang berbeda, berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan izin khusus untuk Jasa titipan barang.

Nah, setelah berbagai macam proses dilalui, pada tahun 2007 PT. Indah Cargo pun lalu didirikan.

9. Pandu Logistics

Selanjutnya, ada Pandu Logistic yang juga masuk ke daftar perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia.

Perusahaan ekspedisi pandu Logistic ini, bahkan sudah berdiri, sejak tahun 1992. Hingga saat ini, Pandu Logistic, telah memiliki sebanyak 180 kantor cabang atau agen, yang tersebar di seluruh Indonesia.

10. First Logistic

First Logistic menjadi perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia yang terakhir. Di mana ia telah berdiri sejak 2007.

Adapun perusahaan ini, melayani paket pengiriman sampai di hari yang sama atua istilahnya same day services, hingga sampai di hari kerja berikutnya (next day services), dan sampai antara 2-3 hari berikutnya (regular services).

(Baca Juga: 8 Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan)

Namun, dari ke 10 perusahaan ekspedisi di atas, tentunya memiliki pelanggan setianya masing-masing. Sehingga, setiap ekspedisi, tentu juga memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing di mata pelanggan.

Nah, kamu sendiri sering pakai jasa ekspedisi yang mana? Adapun perusahaan ekspedisi saat ini sangat dibutuhkan, demi menunjang jalannya usaha para pebisnis, terlebih seperti UMKM, yang tidak memiliki layanan pengiriman sendiri.

Bahkan, kamu juga bisa partisipasi membuka agen ekspedisi dengan cara franchise, di lokasi rumahmu, yang belum terjamah layanan pengiriman barang.

Jadi, sistem franchise tidak melulu soal kuliner saja. Tapi juga bisa dalam bidang jasa seperti ekspedisi.

Sama seperti sistem franchise lainnya, di sini kamu juga memerlukan modal usaha yang memadai. Seperti untuk membeli peralatan komputer, mesin printer, sewa tempat, gaji karyawan dan lainnya.

Butuh Modal untuk Bangun Usaha Franchise Ekspedisi? Ke CekAja Saja!

Yuk, buat kamu yang sedang butuh modal usaha, seperti ingin franchise ekspedisi, bisa banget loh mengajukannya lewat CekAja.com.

CekAja.com juga menawarkan, banyak produk pinjaman, salah satunya seperti kredit tanpa agunan atau KTA.

CekAja,com menyediakan banyak produk pinjaman KTA, dari berbagai bank ternama di Indonesia, yang pastinya aman dan terpercaya.

Jadi, kalau butuh modal usaha, pastikan selalu ingat CekAja ya! Yuk, ajukan segera pinjaman KTA terbaik pilihanmu hanya di CekAja.com.