Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cek Perusahaan Tempat Bekerja Terbaik 2018 Versi LinkedIn

by Tisyrin N. T on 26 Maret, 2018

tips sukses - CekAja.com

Jejaring sosial bagi para profesional LinkedIn melansir daftar perusahaan idaman. Facebook yang belakangan sedang menjadi bahan perbincangan yang hangat juga masuk dalam daftar tersebut.

LinkedIn Top Companies 2018 yang mewakili daftar perusahaan idaman di kalangan profesional Amerika Serikat  itu memuat 50 nama perusahaan. Daftar itu tersusun berdasarkan aksi yang dilakukan member LinkedIn.

Hal-hal yang menjadi pertimbangan antara lain keuntungan-keuntungan yang ditawarkan perusahaan, pekerjaan yang harus diselesaikan dan retensi karyawan. Retensi karyawan adalah upaya perusahaan untuk mempertahankan karyawan terbaiknya.

Microsoft dan LinkedIn merupakan pengecualian dalam daftar tersebut. Namun, LinkedIn tidak menjelaskan alasannya lebih jauh. Di bawah ini ulasan tentang beberapa perusahaan idaman 2018 yang masuk daftar, yuk, cek!

Amazon

Siapa sangka, perusahaan yang bermula di garasi rumah ini bisa menjadi toko online raksasa. Jeff Bezos mendirikan Cadabra pada tahun 1994. Cadabra kemudian berganti nama menjadi Amazon. Bezos memiliki keyakinan bahwa perkembangan jumlah pengguna internet yang cepat bisa menjadi peluang yang menggiurkan.

Selain merupakan toko online serba ada, perusahaan yang berpusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat ini juga memproduksi buku elektronik Kindle serta komputer table Kindle Fire.

Jumlah pegawai Amazon secara global mencapai 566.000 orang. Salah satu keuntungan bekerja di Amazon adalah jam kerja yang fleksibel bagi karyawan divisi tertentu. (Baca juga: Awas Uang Palsu! Cek Cara Membedakannya)

Alphabet

Perusahaan induk Google, Alphabet, juga masuk dalam daftar perusahaan idaman. Saat ini Alphabet memiliki setidaknya 80.110 pegawai secara global.

Facebook

Anda pasti sudah sangat akrab dengan jejaring sosial yang satu ini bukan? Belakangan Facebook juga sedang hangat menjadi bahan pembicaraan karena adanya kabar tentang penyalahgunaan data anggota.

Facebook bernilai lebih dari 512 miliar dolar AS dan telah meningkatkan jumlah karyawannya sebesar 47 persen tahun lalu. Jumlah pegawai Facebook secara global mencapai 25.100 orang.

Tahun lalu, Facebook telah memperpanjang kebijakan cuti berkabung hingga 20 hari. Kebijakan ini dikembangkan setelah Chief Operating Officer Sheryl Sandberg tiba-tiba kehilangan suaminya.

Salesforce

Salesforce merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai aplikasi Customer Relationship Management (CRM) untuk membantu perusahaan. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola dan menganalisis semua aktivitas pelanggan dengan perangkat lunak berbasis cloud.

Pendiri perusahaan ini adalah Marc Benioff, pengusaha yang juga dikenal sebagai filantropis. Kini, Salesforce memiliki 30.000 pegawai secara global.

Tesla

Perusahaan otomotif Tesla memiliki jumlah pegawai hingga 37.000 orang secara global. Menariknya, setiap karyawan diberikan saham perusahaan.

Salah satu tantangan Tesla saat ini adalah meningkatkan produksi sedan Model 3 yang dipasarkan secara massal. Tentu saja Tesla membutuhkan tim yang terus tumbuh, mulai dari ilmuwan hingga tukang atap.

Tesla dikenal sebagai perusahaan yang bisa membuat keputusan dengan cepat. Seseorang bisa melakukan sesuatu tanpa birokrasi yang rumit.

Apple

Perusahaan yang memproduksi perangkat komputer, laptop, hingga ponsel pintar ini memiliki 123.000 pegawai secara global. Peluncuran produk terbaru Apple seringkali mendapat sambutan hangat meskipun harga yang dibanderol lumayan tinggi.

Salah satu keuntungan karyawan Apple adalah mendapatkan diskon 25 persen untuk pembelian produk Apple. Dan bagi wanita, terdapat kebijakan 18 minggu cuti melahirkan berbayar. Bagi pria, terdapat cuti selama 6 minggu jika istrinya melahirkan. (Baca juga: 6 Solusi Melawan Rasa Jenuh Pekerjaan di Kantor)

Comcast NBCUniversal

Raksasa telekomunikasi dan hiburan Comcast NBCUniversal mempekerjakan lebih dari 36.000 karyawan baru tahun lalu. Perusahaan ini menarik karyawan baru dengan segudang benefit yang diperluas, mulai dari internet gratis hingga tiket gratis Universal Studios.

Comcast NBCUniversal memiliki 164.000 karyawan secara global. Tahun ini, perusahaan mengembangkan the Comcast Technology Center.

The Walt Disney Company

The Walt Disney Company memiliki 199.000 pegawai di seluruh dunia. Para pegawai memiliki akses masuk gratis ke semua taman Disney di dunia. Ada pula diskon untuk menginap di hotel dan belanja merchandise Disney.

Oracle

Oracle adalah perusahaan di bidang teknologi komputer yang mengembangkan sistem hardware dan software, khususnya sistem manajemen database. Jumlah karyawannya secara global mencapai 138.000 orang.

Netflix

Netflix mengubah cara konsumen menonton film dan tayangan lainnya. Konsumen bisa menikmati tayangan favoritnya di mana saja melalui gawai. Kini, jumlah konsumennya mencapai 117 juta orang di seluruh dunia.

Jumlah pekerjanya secara global adalah 5.500 orang. Manajemen perusahaan tidak menentukan jam kerja yang pasti. Yang terpenting adalah, setiap karyawan bisa menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik.

Berikut daftar lengkap LinkedIn Top Companies 2018 (Amerika Serikat):

1) Amazon (internet)

2) Alphabet (IT & services)

3) Facebook (internet)

4) Salesforce (internet)

5) Tesla (automotive)

6) Apple (consumer electronics)

7) Comcast NBCUniversal (media production)

8) The Walt Disney Company (entertainment)

9) Oracle (IT & services)

10) Netflix (entertainment)

11) Spotify (music)

12) Uber (internet)

13) McKinsey & Company (management consulting)

14) Adobe (computer software)

15) Airbnb (internet)

16) Time Warner (entertainment)

17) Dell Technologies (IT & services)

18) JPMorgan Chase & Co. (financial services)

19) LVMH (luxury goods & jewelry)

20) IBM (IT & services)

21) Samsung (consumer electronics)

22) Deloitte (management consulting)

23) Verizon (IT & services)

24) Goldman Sachs (financial services)

25) PwC (accounting)

26) Bostong Consulting Group (management consulting)

27) Live Nation Entertainment (entertainment)

28) Morgan Stanley (financial services)

29) EY (accounting)

30) Stryker (medical devices)

31) Cisco (computer networking)

32) Dropbox (internet)

33) National Basketball Association (sports)

34) Accenture (IT & services)

35) Nike (sporting goods)

36) WeWork (hospitality)

37) Citadel (financial services)

38) Kering (luxury goods & jewelry)

39) National Football League (sports)

40) Square (internet)

41) ADP (human resources)

42) Capital One (financial services)

43) Twitter (internet)

44) Box (internet)

45) Johnson & Johnson (hospital & health care)

46) Starbucks (retail)

47) PepsiCo (food & beverages)

48) JLL (commercial real estate)

49) Tableau Software (computer software)

50) Abbott (hospital & health care)

Karier yang baik adalah dambaan setiap orang. Nama-nama perusahaan di atas bisa jadi referensi Anda dalam menemukan tempat ideal untuk meniti karier. Butuh kartu kredit untuk menunjang karier Anda? Ajukan di CekAja.com.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami