7 Perusahaan Paling Diincar Fresh Graduate Indonesia Masa Kini

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Perusahaan paling diincar fresh graduate di zaman sekarang terbilang lebih variatif. Tak hanya bidang pertambangan dan perminyakan, ada banyak bidang baru yang bermunculan menjadi incaran para fresh graduate.

Fresh graduate atau lulusan baru dari tingkat SMA maupun universitas biasanya mulai bersiap mencari pekerjaan saat mereka memasuki tahun akhir masa pendidikan.

Berbagai survei dan pertimbangan dilakukan untuk memilih perusahaan idaman sesuai dengan minat dan bidang kemampuan masing-masing fresh graduate.

Namun, memang ada beberapa perusahaan paling diincar fresh graduate yang bergerak di bidang yang digadang-gadang menggaji karyawannya dengan gaji yang besar. Seperti bidang pertambangan dan perminyakan yang sejak dulu unggul.

Kini, sudah banyak perusahaan di bidang lain yang juga diincar fresh graduate. Seperti startup, bank swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan multinasional yang bergerak di bidang digital dan layanan internet, agency periklanan atau creative agency, hingga perusahaan media sosial.

Alasan Fresh Graduate Incar Perusahaan Unggulan

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk memilih perusahaan paling diincar fresh graduate. Di antaranya sebagai berikut:

Reputasi

Tentu saja citra baik dari sebuah perusahaan menjadi alasan tingginya minat fresh graduate untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Hal ini bisa dibuktikan lewat lama eksistensi perusahaan, kualitas produk atau jasa perusahaan, popularitas perusahaan, kesejahteraan karyawan, dan lain-lain.

Gaji

Ya, kebanyakan pekerja tentu juga memikirkan besaran gaji pada suatu posisi pekerjaan.

Perusahaan paling diincar fresh graduate biasanya dikenal memiliki standar gaji yang tinggi, sesuai dengan kualifikasi karyawan yang dibutuhkan.

Jaringan atau Networking

Lingkup pertemanan relasi kerja juga patut dipertimbangkan para fresh graduate.

Di perusahaan hebat, kamu akan bertemu dengan orang-orang berkompeten yang memiliki banyak ilmu dan pengalaman yang bisa kamu pelajari.

Budaya Perusahaan

Mungkin hanya sebagian kecil fresh graduate yang mempertimbangkan ini. Tapi, budaya perusahaan adalah hal terpenting dalam menyeleksi perusahaan incaran.

Budaya perusahaan yang dimaksud meliputi budaya bekerja, peraturan perusahaan, cara perusahaan menjaga kekompakan antar-karyawan, cara meningkatkan kinerja, cara memperbaiki kesalahan, apresiasi atas kinerja bagus, dan lain sebagainya.

Fasilitas

Di zaman modern, kantor tidak lagi didesain dengan tata letak ruangan yang membosankan.

Sudah banyak perusahaan paling diincar fresh graduate yang mengubah suasana kantor menjadi lebih santai dengan fasilitas tambahan.

Mulai dari stok makanan, area bersantai, sarana hiburan, dan lain-lain. fresh graduate tentu saja tertarik akan hal ini. Sebab porsi kerja dan hiburan akan lebih seimbang dan mengurangi stres.

(Baca Juga: 9 Keuntungan Berkarir di Startup yang Perlu Kamu Ketahui)

Daftar Perusahaan Paling Diincar Fresh Graduate Masa Kini

Ada beberapa perusahaan paling diincar fresh graduate saat ini. Mulai dari perusahaan di bidang umum seperti perbankan, bisnis, dan minyak, hingga perusahaan digital modern. Berikut ini daftar lengkapnya:

1. Pertamina

Pertamina adalah BUMN yang bergelut di bidang perminyakan. Sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi dengan kinerja karyawan berkualitas, dan pemasaran produk yang meraih keuntungan tinggi.

Setiap tahun, Pertamina selalu membuka lowongan pekerjaan terbaru dengan proses seleksi yang cukup ketat.

Ada berbagai posisi yang ditawarkan, mulai dari teknisi, petugas pengeboran minyak di lapangan, tim marketing, bisnis, dan lain-lain.

Konon, gaji minimal di Pertamina setidaknya di atas Rp8 juta per bulan. Nggak salah ya jika Pertamina masuk ke dalam daftar perusahaan paling diincar fresh graduate?

Sedangkan untuk perusahaan setipe yang menjadi competitor Pertamina dan diincar banyak fresh graduate lainnya adalah Chevron Indonesia, Total Indonesia, British Petroleum, dan lain-lain.

2. Bank BCA

Di dunia perbankan, salah satu perusahaan paling diincar fresh graduate adalah Bank BCA.

Bank swasta yang satu ini dikenal sebagai bank dengan pelayanan dan fasilitas terbaik. Tak heran jika banyak fresh graduate yang melamar di perusahaan ini.

Untuk para lulusan SMA, posisi petugas Customer Service atau Teller bisa kamu pilih.

Sedangkan untuk lulusan perguruan tinggi, kamu bisa memilih masuk ke dalam tim back office yang beragam. Mulai dari General Affair, HRD, IT Development, Teknisi ATM, dan lain-lain.

Sebab, selain memiliki banyak kantor cabang dan mesin ATM yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, BCA juga memiliki situs resmi dan aplikasi yang membutuhkan peningkatan performa oleh tenaga ahli.

Di BCA, karyawan terpilih juga berkesempatan mendapatkan program beasiswa pendidikan. Sehingga mereka bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

3. Sampoerna

PT. HM Sampoerna atau lebih dikenal dengan sebutan Sampoerna adalah perusahaan rokok terbesar pertama dan tertua di Indonesia, berdiri sejak 1913. Kini, kepemilikan perusahaan paling diincar fresh graduate ini diakuisisi oleh Philip Morris Indonesia. Kantor pusat Sampoerna berada di Jakarta dan Surabaya.

Sampoerna merekrut karyawan baru lewat program pelatihan intensif dengan proses seleksi ketat bernama Sampoerna Graduate Trainee (GDT).

Pelatihan ini dibuka setiap tahun, mengambil lulusan terbaik dan sesuai dengan kualifikasi, dan melatihnya secara gratis.

Setiap tahun, penempatan lulusan SGT ini beragam. untuk tahun 2020, pihaknya akan menyalurkan lulusan GDT ke bagian Tim Operasi, Tim Departemen Komersial, dan Tim Pemasaran.

Gaji karyawan Sampoerna cukup menggiurkan untuk ukuran fresh graduate, yakni sekitar di atas Rp7 juta.

4. Ogilvy Indonesia

Nah, sedangkan di industri kreatif, nama Ogilvy Indonesia pasti sudah tak asing di telinga. Ogilvy merupakan perusahaan konsultan marketing dan agency periklanan mutinasional asal New York yang sudah ada sejak 1948.

Di Indonesia, kantornya berpusat di Jakarta. Mereka banyak menangani materi iklan dan promosi berbagai brand kenamaan.

Posisi yang paling tersedia yakni Copywriter, Creative Designer, Account Executive, dan masih banyak lagi.

Rata-rata gaji minimal di salah satu perusahaan paling diincar fresh graduate ini adalah mulai dari Rp6 juta.

Pastikan kamu cakap berbahasa Inggris baik dalam lisan maupun tulisan, jika ingin diterima di perusahaan ini, ya.

(Baca Juga: Mau Gaji Dua Digit? Duduki 7 Jabatan Ini di Perusahaan Startup)

5. Shopee

Perusahaan paling diincar fresh graduate selanjutnya adalah e-commerce asal Singapura, yakni Shopee.

Perkembangan Shopee sangat pesat terhitung sejak awal didirikannya pada 2015 lalu. Mereka berhasil melakukan ekspansi hingga ke Vietnam, Filipina, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Di Indonesia, kantor pusatnya berlokasi di Jakarta. Shopee menjadi perusahaan paling diincar fresh graduate karena mereka membuka program magang juga.

Mahasiswa tingkat akhir yang puas dengan program magang ini kemudian menjadi tertarik melamar di Shopee.

Fasilitas di kantor Shopee terbilang lengkap. Mulai dari stok makanan gratis, area bermain, area santai, kafetaria, dan lainnya.

6. GoJek

Siapa yang tak kenal dengan perusahaan transportasi berbasis teknologi ini? GoJek didirikan pada 2009, lalu namanya makin melejit sejak layanan aplikasinya ramai digunakan publik pada 2015.

Kini, layanan GoJek tidak hanya terbatas pada ojek dan taksi online, tapi juga layanan pesan antar makanan, pemesanan tiket, jasa kebersihan dan otomatif, nonton streaming online, serta masih banyak lagi lainnya.

GoJek masuk ke dalam perusahaan paling diincar fresh graduate karena perusahaan ini sedang maju dari segi strategi bisnis dan pengembangan layanan aplikasi.

Nggak heran jika banyak lulusan dari berbagai jurusan mengincarnya.

Kenyamanan kantor juga dijamin bikin terpukau. Kantor pusat GoJek di Mall Pasar Raya, Jakarta, memiliki fasilitas tambahan.

Seperti area santai, area bermain, ruang tidur karyawan, auditorium, dan lain-lain.

7. Google Indonesia

Perusahaan paling diincar fresh graduate yang terakhir adalah Google Indonesia.

erusahaan multinasional yang bergerak di bidang produk dan jasa internet asal California, AS, ini dikenal hanya mempekerjakan karyawan yang sangat kompeten.

Kisaran gaji minimum di Google setidaknya adalah Rp8 juta, dengan fasilitas dan suasana kantor yang dijamin bikin nyaman.

Seperti coworking space, area bersantai, ruang bermain, ruang istirahat karyawan, kafetaria, dan masih ada lagi lainnya.

Itulah daftar perusahaan paling diincar fresh graduate di Indonesia. Bagi para lulusan baru yang baru saja masuk ke dunia kerja, pemenuhan berbagai kebutuhan akan lebih praktis jika menggunakan kartu kredit.

Miliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu dengan mengajukannya lewat CekAja.com.

Di sini, kamu bisa membandingkan terlebih dulul, lalu memilih yang pas, dan mengajukan hanya dengan sistem online yang gampang.

Cicilan kartu kredit ringan dan suku bunga kompetitif. Yuk, buruan cek, bandingkan, dan ajukan kartu kredit hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah