10 Perusahaan Swasta Terbesar di Indonesia Incaran Jobseeker

Tak melulu BUMN, beberapa nama perusahaan swasta terbesar di Indonesia ini juga kerap diincar oleh para pemburu kerja, sebab jenjang karirnya yang jelas dan dengan gaji di atas rata-rata.

Advertisement

Bekerja di perusahaan yang terkenal bagus, baik dari sisi kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia, maupun budaya kerja perusahaannya memang impian tiap orang.

Tak jarang para jobseeker pun menambahkan sertifikat profesinya, guna menambah keunggulan individu yang dimiliki, saat melamar kerja di perusahaan tersebut.

Selain perusahaan milik negara yang sering dituju, terdapat pula beberapa perusahaan swasta terbesar di Indonesia yang dikenal memiliki reputasi baik.

Bahkan sederet nama perusahaan ini berhasil mengantongi laba bersih yang fantastis berkat kinerjanya yang bagus.

Daftar Perusahaan Swasta Terbesar di Indonesia

Lantas, apa saja perusahaan swasta terbesar di Indonesia itu? Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini CekAja hadirkan informasinya khusus untuk kamu.

1. PT Bank Central Asia Tbk

Perusahaan swasta terbesar di Indonesia yang pertama datang dari sektor perbankan yakni PT Bank Central Asia Tbk alias BCA.

Di bawah naungan PT Dwimuria Investama Andalan, perusahaan yang didirikan oleh Liem Sioe Liong pada 1957 silam ini, berhasil membukukan laba bersih hingga mencapai Rp20 triliun, terhitung dari awal Januari hingga September 2020 lalu.

Bukan hanya unggul dari pendapatan saja, BCA juga dikenal sebagai salah satu perbankan paling diminati oleh para fresh graduate.

Alasannya sendiri beragam. Namun, beberapa menilai bahwa perusahaan ini memiliki reputasi yang baik dalam dunia perbankan, sekaligus dengan jenjang karir yang jelas.

2. PT Astra International Tbk

Didapuk sebagai salah satu perusahaan swasta terbesar di Indonesia, PT Astra International Tbk memiliki pendapatan bersih konsolidasian grup sebesar Rp89,8 triliun, berdasarkan data dari lama iNews.id.

Pendapatan bersih yang didapat oleh Astra ini dibukukan khusus untuk kuartal I 2020.

Menurut pihak perusahaan, pendapatan konsolidasian sendiri mengalami penurunan sekitar 23 persen, akibat dari pandemi Covid-19.

Sementara untuk laba bersihnya, perusahaan yang didirikan di Jakarta pada 1957 silam ini justru mengalami kenaikan hingga 16 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Seperti halnya BCA, PT Astra International Tbk juga kerap diincar oleh para pencari kerja tiap kali perusahaan ini membuka rekruitasi.

Gajinya sendiri berkisar antara Rp5 juta hingga Rp12 juta ke atas.

(Baca Juga: 7 Perusahaan Paling Diincar Fresh Graduate)

3. PT HM Sampoerna Tbk

Terletak di kawasan Sudirman Central Business District, PT HM Sampoerna Tbk atau Sampoerna juga termasuk perusahaan swasta terbesar di Indonesia, dengan pendapatan Rp106,1 triliun pada 2019 lalu.

Perusahaan yang diakuisisi oleh Philip Morris International ini dikenal memiliki budaya kerja yang baik, dan membuat para fresh garudate selalu tertarik untuk melamar kerja di sana.

Tiap tahunnya, lewat program pelatihan intensif yang dinamakan Sampoerna Graduate Trainee, Sampoerna selalu merekrut karyawan barunya dengan kualifikasi yang sesuai akan aturan perusahaan.

Untuk tahun ini, Sampoerna menyalurkan lulusan dari program Graduate Trainne ke divisi Operasi, Pemasaran, dan divisi Departemen Komersial. Gajinya cukup menjanjikan, yakni sekitar Rp7 juta ke atas.

4. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi semen dan tambang agregat.

Salah satu perusahaan swasta terbesar di Indonesia ini didirikan pada 1985 silam, dengan kantor pusat berada di Jakarta.

Sebagai perusahaan besar, Indocement mengantongi pendapatan bersih hingga Rp479,03 miliar untuk kuartal pertama 2020.

Meski begitu, nyatanya pendapatan tersebut justru dinilai mengalami penurunan sebesar 26,5 persen dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan pantauan CekAja dari laman Investasi Kontan, penurunan laba Indocement sendiri disebabkan oleh sejumlah faktor di luar kendali perusahaan.

Mulai dari adanya bencana banjir besar yang melanda wilayah Jabodatebak pada awal tahun, hingga dampak dari PSBB pandemi virus Corona.

5. PT Gudang Garam Tbk

Telah ada sejak 26 Juni 1958, PT Gudang Garam Tbk juga termasuk produsen rokok terbesar di Indonesia dengan membukukan pendapatan senilai Rp110,05 triliun pada 2019 lalu.

Pendapatan tersebut tentu saja lebih besar jika dibandingkan dengan laba yang diterima oleh HM Sampoerna di tahun yang sama.

Kendati demikian, pada semester I 2020, Gudang Garam justru mengalami pemerosotan laba bersih sampai 10 persen.

Di mana per Juni lalu, laba usaha menurun hingga Rp5,22 triliun dari nilai sebelumnya Rp5,97 triliun.

6. Unilever

Perusahaan multinasional yang berpusat di London ini juga membuka cabangnya di Indonesia, dan telah ada sejak 5 Desember 1933.

Sepanjang perjalanannya, Uniliver Indonesia telah beberapa kali berganti nama sebelum akhirnya menggunakan “Unilever” sebagai merk dagang mereka.

Pada 1933 silam, Unilver Indonesia hadir dengan nama Zeepfabrieken N.V.Lever.

Lalu berganti nama lagi menjadi PT Lever Brother Indonesia pada tahun 1980.

Dan terakhir menggunakan nama PT Unilever tercatat sejak 1990-sekarang.

Salah satu perusahaan swasta terbesar di Indonesia ini bergerak dibidang perawatan tubuh, makanan sekaligus minuman, dan telah membukukan laba bersihnya sebesar Rp5,44 triliun per September 2020.

7. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Perusahaan swasta terbesar di Indonesia yang berikutnya diisi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Produsen makanan dan minuman yang berkantor pusat di Jakarta ini didirikan oleh Sudono Salim pada Agustus 1990, dan termasuk dalam Salim Group.

Pada 2019 lalu, Indofood sukses mencetak laba bersihnya senilai Rp4,91 triliun.

Sementara di tahun ini, laba bersih yang bisa diatribusikan kepada tiap pemilik entitas induk mencapai Rp1,4 triliun, seperti mengutip dari Investasi Kontan.

8. United Tractors, Tbk

Nama United Tractors, Tbk mungkin masih terdengar asing bagi kamu.

Namun, distributor peralatan berat ini ternyata merupakan salah satu perusahaan swasta terbesar di Indonesia lho.

Di bawah naungan PT Astra International, United Tractors berhasil mengantongi pendapatan sebesar Rp5,3 triliun pada kuartal III/2020.

Lingkup bisnis dari perusahaan ini sendiri adalah mesin konstruksi, pertambangan, industri konstruksi, kontraktor penambangan, serta energi.

9. PT Kalbe Farma Tbk

Beralih dari perusahaan alat berat, nama selanjutnya yang masuk dalam daftar perusahaan swasta terbesar di Indonesia adalah PT Kalbe Farma Tbk.

Didirikan oleh Boenjamin Setiawan pada 10 September 1966 silam, Kalbe Farma adalah perusahaan internasional yang bergerak dibidang farmasi.

Pada kuartal pertama 2020, tercatat kenaikan laba bersih dan pendapatan dari Kalbe.

Untuk penjualan bersihnya, sepanjang 6 bulan pertama di tahun ini, pemasukannya dapat mencapai Rp11,6 triliun.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,76 persen jika dibandingkan dengan capaiannya pada tahun lalu.

(Baca Juga: 10 Situs Populer untuk Cari Kerja Sampingan)

10. PT AXA

Perusahaan asuransi internasional asal Perancis, PT AXA sempat mencatatkan laba bersihnya sebesar EUR103,5 miliar pada 2019, sebelum akhirnya anjlok 39 persen menjadi EUR1,4 miliar akibat dari pandemi virus Corona.

Meski demikian, PT AXA yang berkolaborasi dengan Bank Mandiri, yakni AXA Mandiri Financial Service, justru tembus hingga Rp10,74 triliun terhitung sejak 2019 lalu.

Dengan keuntungan yang besar tersebut, tak heran jika akhirnya perusahaan asuransi ini juga direkomendasikan untuk pencari kerja. Apalagi gaji yang diberikan cukup menggiurkan.

Untuk sekelas staff biasa, Axa mematok gaji mulai dari Rp3-Rp11 juta. Sementara untuk manajer, gajinya bisa mencapai Rp40 juta.

Nah itu dia sederet perusahaan swasta terbesar di Indonesia dengan gaji menjanjikan untuk para karyawannya.

Bagi kamu yang saat ini telah menjadi karyawan tetap di suatu perusahaan, jangan lupa miliki kartu kredit untuk memudahkanmu dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

Dengan kartu kredit, kamu dapat berbelanja kapan saja saat uang menipis, dan membayarnya di bulan depan.

Kamu bisa memiliki kartu kredit lewat layanan CekAja.com.

Di sini, kamu juga bisa membandingkan dulu jenisnya, dan mengajukan secara online jika sudah sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupmu.

Jadi, yuk langsung saja kepoin produk kartu kredit dari CekAja.com, dan nikmati suku bunga rendah beserta promo terbaru dari produk kami.

Advertisement