Daftar Perusahaan Teknologi Terkaya di Dunia, Apple Inc Masih Raih Posisi Satu

Gelar perusahaan teknologi terkaya di dunia nyatanya masih dipegang oleh Apple Inc. Selain perusahaan tersebut, berikut beberapa perusahaan teknologi lainnya yang dikenal terkaya di dunia.

Pesatnya teknologi saat ini, tentunya tak lepas dari peran beberapa perusahaan besar di dunia yang namanya sudah terkenal sejak lama.

Perusahaan-perusahaan tersebut memang secara khusus menciptakan beragam teknologi termutahir dengan kualitas di atas rata-rata.

Mereka terus berlomba-lomba menjadi yang terbaik, agar produknya tetap digunakan oleh banyak orang.

Tidak hanya itu saja, salah satu tolak ukur keberhasilan dari suatu perusahaan teknologi pun dinilai dari pencapaian yang didapat, seperti masuk dalam nominasi perusahaan terbaik, atau menjadi perusahaan teknologi terkaya di dunia.

Nah, lewat pembahasan artikel yang satu ini, secara eksklusif CekAja bagikan khusus buat kamu, dan pembaca setia lainnya mengenai daftar perusahaan teknologi terkaya di dunia. Check this out!

9 Perusahaan Teknlologi Terkaya di Dunia

Sebagai informasi, daftar perusahaan teknologi terkaya di dunia berikut ini CekAja rangkum dari banyak sumber dan merupakan versi terbaru.

1. Apple Inc

Perkiraan Pendapatan: USD2,0 triliun

Perusahaan teknologi terkaya di dunia yang pertama masih dipegang oleh Apple Inc.

Perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di California ini, berhasil mencetak pendapatan hingga USD100 miliar paa kuartal akhir 2020 lalu.

Menurut laporan The Verge yang dilansir CekAja dari laman Suara.com, pendapatan tersebut bisa didapat oleh Apple Inc dari hasil penjualan ponsel teranyarnya, yakni seri iPhone 12.

Produk tersebut bahkan ludes terjual di pasar internasional dengan total Rp 916 triliun.

(Baca Juga: 100 Perusahaan Besar Paling Inovatif di Dunia)

2. Amazon Inc

Perkiraan Pendapatan: USD1,6 triliun

Menyusul Apple Inc, di peringkat kedua dalam daftar perusahaan teknologi terkaya di dunia ditempati oleh Amazon Inc.

Perusahaan teknologi multinasional yang didirikan oleh Jeff Bezos ini, termasuk salah satu perusahaan Big Four yang memiliki inti bisnis berupa e-commerce.

Mengutip dari laman Medcom.id, untuk kuartal keempat yang berakhir pada 31 Desember 2020 lalu, perusahaan ini mencatatkan perolehan penjualan bersih hingga USD125,6 miliar yang diketahui naik sebanyak 44 persen dari tahun tahun sebelumnya.

Bahkan berdasarkan data IBES dari Refinitiv, pencapaian besar yang didapat oleh Amazon Inc sendiri melebihi perkiraan analisis awal yang hanya sebesar USD119,7 miliar.

3. Alphabet Inc

Perkiraan Pendapatan: USD56,9 miliar

Perusahaan teknologi terkaya di dunia yang ketiga ditempati oleh induk perusahaan Google, yakni Alphabet Inc.

Berbasis di California, Alphabet Inc sukses dikenal sebagai salah satu perusahaan bergengsi dengan nilai saham mencapai USD22,30 atau sekitar Rp 312.600 per lembar.

Pada kuartal empat 2020 lalu, perusahaan ini berhasil meraup pendapatan besar bahkan melampaui prediksi awal para analis di Wall Street.

Pendapatannya sendiri diketahui berasal dari Google Search maupun layanan iklan di YouTube lewat format iklan TrueView.

Bukan hanya itu saja, mengutip dari laman Tekno Kompas, Alphabet Inc juga berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang lewat Google Services yang mengalami kenaikan 41,4 persen dari tahun lalu.

4. Microsoft Corp

Perkiraan Pendapatan: USD43,08 miliar

Berkat kebijakan WFH selama masa pandemi terjadi, Microsoft Corporation berhasil menduduki peringkat empat dalam daftar perusahaan teknologi terkaya di dunia ini.

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975 silam tersebut, mengalami peningkatan pendapatan lewat beberapa layanan yang dimiliki.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Reuters dan dikutip CekAja melalui laman Kontan, diketahui layanan komputasi awan Azure mengalami pertumbuhan hingga 50 persen, seiring dengan adanya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah.

Bukan hanya itu, layanan sosial profesional seperti LinkedIn pun juga mulai kembali mencatatkan perbaikan pendapatan di masa sulit akibat pandemi.

Begitupun dengan layanan game online yang dimiliki oleh Microsoft, seperti Xbox Live yang memiliki pengguna aktif sebanyak lebih dari 100 juta per bulan.

5. Alibaba Group Holding

Perkiraan Pendapatan: USD34,2 miliar

Perusahaan teknologi terkaya di dunia yang kelima adalah Alibaba Group Holding.

Perusahaan milik Jack Ma ini sukses menorehkan pendapatan hingga USD34,2 miliar, dari permintaan pembelian barang di e-commerce akibat pandemi.

Bahkan, total pendapatan tersebut mengalami kenaikan sebesar 37 persen dari perkiraan awal yang dirilis oleh analis, berdasarkan IBES dari Refinitiv.

6. Facebook

Perkiraan Pendapatan: USD28 miliar

Beralih dari Alibaba Group Holding, berikutnya yang juga termasuk dalam daftar perusahaan teknologi terkaya di dunia adalah Facebook.

Mengutip dari laman Liputan6.com, pada kuartal keempat 2020, Facebook membukukan laba mereka sekitar USD28 miliar atau setara Rp 395,5 triliun.

Laba tersebut mengalami kenaikan sebesar 53 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Di mana bisnis iklanlah yang dianggap memiliki kontribusi paling tinggi dalam menghasilkan pendapatan untuk Facebook, yakni sekitar USD27 miliar.

(Baca Juga: 8 Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia)

7. Tencent Holdings

Perkiraan Pendapatan: USD15,24 miliar

Lanjut ke Tencent Holdings, perusahaan teknologi terkaya di dunia yang satu ini diketahui mengalami peningkatakn laba hingga 6 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yakni 2019.

Mengutip dari laman Hybrid, pada kuartal satu 2020 lalu, pendapatan Tencent dari game online naik menjadi 31 persen dengan keuntungan nominal sekitar Rp78 triliun.

Pendapatan tersebut nyatanya banyak didapat dari mobil game di kalangan pasar domestik, seperri Peacekeeper Elite dan Honor of Kings.

Tidak hanya itu saja, beberapa mobile game lainnya yang dirilis Tancet untuk pasar internasional, seperti PUBG Mobile dan Clash of Clans juga sukses memberikan kontribusi yang nyata untuk pemasukan perusahaan.

8. Samsung Electronics

Perkiraan Pendapatan: USD6,84 miliar

Perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Seoul ini, juga berhasil mendapat predikat sebagai salah satu perusahaan teknologi terkaya di dunia, dengan laba operasional yang meningkat 23 persen pada kuartal kedua 2020 lalu.

Walau begitu, Samsung Electronics tetap mengalami penurunan penjualan perangkat pintar seperti smartphone sejak 2019 lalu.

Namun untungnya, berkat bisnis Display dan chip memori, produsen ponsel tersebut berhasil memperoleh laba bersih hingga di angka double digit pada Q4 2020.

9. NVIDIA

Perkiraan Pendapatan: USD10,92 miliar

Perusahaan teknologi terkaya di dunia yang terakhir adalah NVIDIA.

Perusahaan multinasional yang secara khusus merancang unit pemrosesan grafis dan sistem unit cip untuk perangkat pintar tersebut, sukses meraih pendapatan besar hingga Rp70,5 triliun, meski kelangkaan GPU masih terjadi pada 4 bulan belakangan.

Berdasarkan informasi Globalnewswire.com yang berhasil CekAja himpun dari laman Nextren.com, NVIDIA bisa dibilang mampu meningkatkan pendapatan mereka hingga mencapai 61 persen keuntungan, jika dibandingkan dengan kuartal 4 di tahun sebelumnya.

Bahkan, perusahaan tersebut juga telah menargetkan pemasukan mereka untuk kuartal 1 di 2022 dengan nominal yang cukup fantastis, yakni lebih dari Rp70 triliun.

Nah, itu dia informasi mengenai sembilan perusahaan teknologi terkaya di dunia. Buat kamu yang juga tengah berbisnis dan butuh modal usaha, sebaiknya langsung saja ajukan di CekAja.com.

CekAja hadir dengan berbagai pilihan produk pinjaman dari mitra bank terbaik. Seluruh proses pengajuan dijamin enggak ribet, karena dilakukan secara online.

Suku bunganya pun terbilang rendah dan pastinya dengan sistem cicilan yang ringan.

Jadi, yuk langsung kepoin produk pinjaman dari CekAja.com, dan ajukan sesuai kebutuhan maupun profil keuanganmu.