5 Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia. Ada yang Menjadi Favoritmu?

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Saat ini, industri game menjadi salah satu sektor teknologi yang paling laris, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di dunia. Hal tersebut dapat dilihat dari maraknya game-game populer bermunculan dan sempat membuat masyarakat gempar, hingga masuk ke berita internasional. Sebut saja seperti PUBG dan Mobile Legends yang berhasil memasuki jajaran game paling populer di dunia.

5 Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia

Nah, dikarenakan fenomena satu ini, tentu saja hal ini membuat perusahaan video game berada di puncak kejayaannya dan menjadikan beberapa nama perusahaan masuk ke dalam jajaran perusahaan video game terbesar di dunia. Sebagai pecinta game, pastinya sebagian dari kamu ingin tahu dong, kira-kira perusahaan game favoritemu masuk gak sih ke dalam deretan perusahaan video game terbesar di dunia?

Penasaran? Yuk kita simak ulasannya!

5 Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia

Dilansir dari The Daily Records, berikut 5 perusahaan video game terbesar di dunia yang masih berjaya hingga saat ini, yaitu:

1. Sony Interactive Entertainment

Sony Interactive Entertainment - 5 Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia

Membahas perusahaan video game terbersar di dunia tentu tidak boleh lupa dengan Sony Interactive Entertainment. Perusahaan yang pada dulunya bernama Sony Computer Entertainment ini telah berdiri sejak tahun 1993 di Minato, Jepang. Memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 13,4 miliar, maka tak heran apabila perusahaan satu ini berhasil masuk ke dalam jajaran perusahaan video game terbesar di dunia.

Bagaimana tidak? Khususnya kamu yang lahir di era 90-an pasti pernah setidaknya sekali memiliki game console PlayStation bukan? Playstation itu sendiri merupakan salah satu game console yang membuat perusahaan Sony Interactive Entertainment menjadi terkenal di kalangan masyarakat pecinta game.

Hingga mengeluarkan seri Playstation 4 pada tahun 2013 silam, nama Sony Interactive Entertainment masih berada di puncak sebagai perusahaan video game terbesar di dunia.

2. Xbox Game Studios

Xbox Game Studios - 5 Perusahaan Video Game Terbesar

Xbox Game Studios atau yang sebelumnya bernama Microsoft Studios berhasil menduduki urutan kedua sebagai perusahaan video game terbesar di dunia. Didirikan pada tahun 2002, perusahaan game satu ini memiliki nilai kapitalisasi sebesar US$ 12,82 miliar dengan perangkat game console nya yang terkenal yaitu Xbox.

Tidak hanya seri Xbox nya saja yang telah digunakan oleh sebagian besar pecinta game di dunia, Xbox Game Studios juga menerbitkan game online yang bisa dinikmati, baik itu melalui PC maupun smartphone, seperti Age of Empire dan Minecraft yang juga menjadi beberapa game paling populer di dunia.

(Baca juga: Daftar Situs Nonton Film Online Terbaru 2020)

3. Nintendo

Nintendo - 5 Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia

Siapa sih yang tidak kenal dengan Nintendo? Salah satu perusahaan video game terbesar di dunia ini bahkan sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat di dunia, bukan hanya bagi para pecinta game saja melainkan untuk orang awam sekalipun. Bagaimana tidak? Perusahaan game dari Jepang yang berbasis di Kyoto ini memang menghasilkan karakter game yang dinilai sangat sulit untuk dilupakan. Sebut saja seperti Mario dan Pokemon yang menjadi andalan mereka.

Tidak hanya karakter game nya saja, Nintendo juga memiliki game console yang sudah banyak digunakan oleh sebagian besar pecinta game di dunia, seperti Game Boy yang mungkin sudah cukup familiar bagi kamu yang lahir di era 90-an, Nintendo 64, dan Nintendo Wii. Saat ini, Nintendo bahkan sudah memiliki nilai mencapai US$ 6,38 miliar lho.

4. Sega

Sega - 5 Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia

Masih di negara yang terkenal dengan bunga Sakuranya, selanjutnya ada Sega yang terletak di Tokyo Jepang. Salah satu perusahaan video game terbesar di dunia ini telah berdiri sejak tahun 1960-an dengan game nya yang cukup terkenal yaitu Sonic the Hedgehog, Cranival, Turbo dan Pac-Man.

Dengan berbagai jenis-jenis game yang mereka keluarkan, saat ini Sega bahkan sudah memiliki nilai sebesar US$4,9 miliar. Nah, bagi kamu penggemar game-game dari Sega, bertepatan pada tahun 2019 ini Sega sudah merilis kembali game lawasnya yaitu Genesis dengan versi yang lebih modern dan praktis, yang diberi nama Sega Genesis Mini lho. Bahkan kamu sudah bisa mendapatkannya sejak bulan September lalu.

5. Activision Blizzard

Activision Blizzard - 5 Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia

Activision Blizzard merupakan salah satu perusahaan video game yang berbasis di Santa Monica, California dan telah berdiri sejak tahun 2008. Masih dapat dikatakan sebagai perusahaan seumur jagung, sebuah pencapaian yang luar biasa bahwa Activision Blizzard berhasil memasuki jajaran salah satu perusahaan video game terbesar di dunia.

Saat ini, nilai perusahaan satu ini sudah mencapai US$ 4,85 miliar dengan beberapa game andalannya, diantaranya seperti Call of Duty, Guitar Hero, Tony Hawk’s, dan Candy Crush Saga.

Game Online Paling Populer di Dunia

Setelah membahas tentang perusahaan video game terbesar di dunia, maka selanjutnya yaitu membahas tentang game online paling populer di dunia untuk saat ini. Bukan hanya di Indonesia, beberapa game ini bahkan juga sangat terkenal dan menarik perhatian para gamers di mancanegara. Nah, diantara game yang akan kita bahas kali ini, adakah yang menjadi favoritemu?

· Player Unknown’s Battlegrounds

Siapa sih yang tidak tahu dengan game Player Unknown’s Battlegrounds atau yang disingkat sebagai PUBG ini? Game online dengan genre battle royale ini memang masih berada di masa keemasannya hingga saat ini. Bagaimana tidak? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dari berbagai penjuru dunia ikut memainkannya. Bahkan, fenomena PUBG ini sempat masuk ke dalam berita, baik itu nasional maupun internasional karena seringnya terjadi kecelakaan-kecelakaan tak terdgua yang disebabkan oleh orang yang terlalu fokus bermain game satu ini.

PUBG merupakan game yang melibatkan 100 pemain ke dalam sebuah pertempuran yang ketat agar bisa menjadi pemain terakhir yang bertahan hidup di akhir permainan. Pada intinya, game PUBG berfokus sepenuhnya pada gameplay survival berskala besar yang turut melibatkan pemain-pemain di seluruh penjuru dunia. Maka dari itu, jangan heran apabila kamu bertemu pemain dari negara lain yang berada di dalam satu tim denganmu. Sebagai contoh kamu berada di dalam satu tim dengan pemain dari Arab, India, ataupun Malaysia.

Di dalam game ini kamu tidak hanya dijadikan satu dengan pemain-pemain dari negara lain, tetapi kamu juga harus menyusun taktik bersama tim agar bisa menghabisi lawan tanpa mengalami kesulitan. Game yang dikembangkan oleh Tencent ini terinspirasi dari film Battle Royale yang diproduksi oleh Jepang, dan saat ini PUBG berhasil menjadi salah satu game terpopuler di dunia dan juga dicintai oleh banyak orang.

· Fortnite Battle Royale

Dirilis pada tahun 2017, Fortnite Battle Royale bahkan digadang-gadang sebagai pesaing utama dari game PUBG. Fortnite itu sendiri baru saja menyelesaikan world cup pertamanya dengan Kyle “Bugha” Giersdorf sebagai pemenang utamanya dan berhasil membawa pulang hadiah sebesar 42 miliar.

Dikenal sebagai salah satu game yang memiliki grafis yang begitu menarik, inti dari permainan Fortnite Battle Royale ini adalah setiap pemain harus membangun berbagai bangunan dan wajib mengumpulkan resources di sepanjang jalannya permainan agar pertahanan kamu semakin kuat dan tentunya agar kamu bisa memenangkan permainan.

· Garena Free Fire

Cara bermain Garena Free Fire tidak terlalu berbeda dengan kedua game yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu PUBG dan Fortnite Battle Royale. Hanya saja yang membedakan adalah dalam segi karakter dan persenjataan. Jika PUBG melibatkan 100 pemain dalam satu sesi, maka Garena Free Fire hanya melibatkan 50 pemain saja, yang mana setiap pemain diharuskan untuk membunuh semua orang yang berada di pulau tempat dimana kamu akan mendarat.

Nah, di dalam game ini kamu akan dinyatakan sebagai pemenang apabila menjadi satu-satunya orang yang tersisa di pulau tersebut.

(Baca juga: Liburan Gratis dan Seru di Malam Tahun Baru)

Ingin kartu kredit yang menawarkan berbagai diskon saat pembelian voucher game kamu? Bukan hanya itu saja, namun kamu bisa mendapatkan berbagai diskon saat makan dan nonton bioskop! Ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga bersama CekAja!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha