Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Pilah-pilih Pengembang Perumahan Cibubur dengan Tepat

by lhmdi on 22 March, 2016

tips beli rumah - CekAja.com

Pertumbuhan infrastruktur dari tahun ke tahun seperti kehadiran jalan tol Jakarta menuju Bogor dan kawasan wisata Ciawi, pembuat perumahan Cibubur pun tumbuh pesat dan semakin banyak dibangun oleh para pengembang.

Letaknya yang berada di antara Jakarta Timur dan kawasan Bogor membuat masyarakat mulai mencari tempat tinggal di kawasan ini. Kini, kawasan Cibubur pun tumbuh pesat. Pusat perbelanjaan dan kawasan wisata lainnya mulai bermunculan. Bahkan secara tidak langsung kawasan Cileungsi pun kini mulai dibanjiri oleh perumahan.

Bicara tentang perumahan Cibubur, tentu banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan berbagai macam tempat hunian seperti Kota Wisata Legenda Wisata, Citra Grand dan berbagai macam perumahan lainnya.

Namun, yang tidak kalah menarik adalah munculnya perumahan baru murah di Cibubur. Dalam waktu dua tahun terakhir, tempat-tempat seperti The Wiladatika Residence, Lumina Hills, hingga Casavera Townhouse merupakan bagian dari daftar perumahan di Cibubur dan mulai ditempat oleh banyak masyarakat.

Berbagai macam tipe rumah pun hadir dan tentu saja harganya yang relatif murah, justru akan menjadi pilihan masyarakat. Bahkan hingga kini, rumah dijual di Cibubur tetap semakin banyak dengan berbagai tipe dan harga.

Pembeliannya pun bisa difasilitasi dengan program kredit pemilikan rumah atau dikenal dengan KPR. Diantara banyaknya pengembang, tentunya kamu akan binggung memilih yang mana. Agar proses pembelian rumah dengan pengembang dan melalui program KPR berjalan lancar, ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Cari informasi tentang reputasi pengembang

Agar tidak tertipu dengan berbagai macam program dari pengembang, kamu bisa melihat dan mencari informasi tentang reputasi pengembang. Cara ini bisa dilihat dari ijin peruntukan tanah yang meliputi ijin lokasi perumahan, siteplan, Surat Ijin Penunjukkan Penggunaan Tanah atau SIPPT,  surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Ijin Penggunaan Bangunan hingga sertifikat tanah.

Jika perusahaan pengembang sudah memiliki catatan-catatan ini, bisa dipastikan bahwa reputasinya berada dalam kondisi baik, dan setidaknya akan menjadi panduan kamu dalam memilih rumah yang ada di perumahan Cibubur dan sekitarnya.

  1. Tanyakan tentang sertifikat kepada pengembang

Ketika akan membeli rumah murah pertama kali, maka hal penting yang harus kamu ketahui adalah apakah sertifikat rumah tersebut masih atas nama pengembang. Hal ini penting karena akan proses yang perlu dipahami sebelum membeli.

Hal ini untuk memudahkan kamu mendapatkan peralihan sertifikat langsung ke nama kamu jika ingin membeli. Hal ini agar kamu juga bisa mendapatkan SHM sebegai bukti penting atau legalitas kepemilikan tanah dan bangunan. Misalnya di perumahan baru murah di cibubur, perumahan cibubur ini tergolong perumahan murah di cibubur 2016. Soal sertifikatnya, rumah murah di cibubur tanpa dp terjamin.

  1. Jangan Bayar DP ke Developer Sebelum KPR Disetujui

Terakhir, pastikan untuk mendapatkan persetujuan kredit pemilikan rumah terlebih dahulu dari bank sebelum membayarkan DP rumah. Jika tidak ini akan merugikan diri kamu sendiri. Bayangkan jika kamu sudah membayar DP sebesar 30% dari harga rumah, namun belum mendapatkan persetujuan dari bank atau lebih buruk lagi, pengajuan kredit tidak disetujui oleh pihak bank.

Maka cara ini akan merugikan diri sendiri, dan proses pembelian rumah secara kredit pun bisa jadi urung terlaksana. Oleh karena itu, jika sudah memilih rumah idaman yang sesuai di perumahan Cibubur, pastikan untuk mendapatkan persetujuan kredit terlebih dahulu dari pihak bank.

(Baca Juga : Cara Efektif Memilih Perumahan di Bogor )

Jika masih mencari informasi tentang kredit pemilkan rumah mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu, langsung akses CekAja.com untuk mengetahui informasi akurat dan perhitungan KPR paling lengkap untuk mendapatkan rumah yang kamu inginkan.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami