Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Pilih Dana, Ovo atau Link Aja?

by Kyla Damasha on 27 Maret, 2020

Pilih Dana, Ovo, atau Link Aja? Pertanyaan ini mungkin akan sering keluar didalam benakmu ketika memilih dompet digital manakah yang dianggap terbaik dan memiliki fitur yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan dan gaya hidup.

Khususnya masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, menggunakan dompet digital sudah mulai menjadi kebutuhan dalam mendukung kehidupan sehari-hari.

Bagaimana tidak? Selain kamu tidak perlu lagi mencari uang tunai ketika ingin melakukan transaksi, sebagian besar dompet digital juga sering kali memberikan beragam promo dan diskon bagi setiap penggunanya.

Nah, hal inilah yang juga sekaligus membuat penggunaan dompet digital semakin meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan data yang diambil dari Bank Indonesia, terlihat bahwa sudah 38 layanan dompet digital yang mendapatkan lisensi resmi mereka.

Kemudian pada tahun 2018, transaksi dompet digital di Indonesia bahkan sudah mencapai angka 1,5 miliar USD dan diprediksi akan semakin meningkat untuk beberapa waktu yang akan datang.

Diantara berbagai jenis-jenis dompet digital yang ada saat ini, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Dana, Ovo, dan Link Aja, bukan?

Untuk saat ini, ketiga dompet yang baru saja disebutkan memang memiliki popularitas yang cukup tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, dikarenakan popularitasnya itulah banyak masyarakat yang juga bingung untuk memilih. Kira-kira mau pilih Dana, Ovo, atau Link Aja?

Dari pada bingung, yuk disimak saja pembahasannya berikut ini.

Pilih Dana, Ovo atau Link Aja?
1. DANA

Dompet digital yang pertama akan kita bahas adalah DANA. Bagi kamu yang telah cukup lama menggunakan dompet digital, pastinya sudah tidak asing lagi dengan DANA.

Dilansir oleh sakudigital, DANA merupakan uang elektronik berbasis layanan pembayaran secara digital dengan menggunakan aplikasi.

Nah, aplikasi DANA itu sendiri bisa kamu unduh secara gratis, baik itu melalui IOS maupun Android yang mana di dalam penggunaannya kamu juga tidak perlu lagi mencari uang tunai atau kartu ketika ingin melakukan transaksi.

Tidak hanya dapat berfungsi sebagai dompet digital yang dapat menyimpan uangmu dalam bentuk aplikasi, Danapun juga seringkali digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya, seperti membayar tagihan bulanan, membeli kuota internet, voucher game, bahkan tak jarang pula dompet digital satu ini menyediakan beragam promo, cashback, dan potongan harga di beberapa merchant yang bekerjasama.

Keuntungan Menggunakan DANA
  • Dapat digunakan sebagai salah satu metode transaksi ketika ingin berbelanja di e-commerce
  • Cara top up saldo yang mudah dan cepat
  • Berbagai promo menarik hingga mencapai 50 persen untuk beberapa merchant yang bekerjasama
  • Dapat melakukan transfer dan menerima uang dari sesama pengguna Dana dengan begitu mudah dan cepat
  • Buatan anak bangsa
  • Informasi data yang terjamin keamanannya
Kekurangan Menggunakan Dana
  • Masih sedikitnya merchant yang bekerjasama dengan Dana

Jadi, pilih Dana, Ovo, atau Link Aja? Nah, sebelum menentukan pilihanmu, yuk kita ketahui jenis dompet digital lainnya.

2. OVO

Selanjutnya kita akan membahas tentang dompet digital OVO. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi DANA yang telah kita sebutkan sebelumnya, OVO juga merupakan dompet digital yang menawarkan layanan pembayaran serta aktivitas transaksi secara online.

OVO termasuk ke dalam produk e-money yang mana juga telah mendapatkan pengakuan dari Bank Indonesia secara sah. Oleh karena itu, jelas penggunaan OVO juga sudah terjamin keamanannya sebagai alat pembayaran berbasis online.

Dalam penggunaan OVO, kamu bisa menemukan dua kategori penyimpanan yang dapat dipilih, yaitu OVO Cash dan OVO Point. Apa saja manfaat dari keduanya?

·   OVO Cash

OVO Cash dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk setiap merchant yang bekerjasama atau menjadi rekanan dari OVO itu sendiri.

·   OVO Points

Sementara itu, OVO Points adalah sebuah loyalty reward berbentuk poin yang bisa dihasilkan pengguna setiap mereka melakukan transaksi dengan metode pembayaran OVO.

Di setiap transaksi yang dilakukan, pengguna akan mendapatkan poin yang disesuaikan dari besarnya transaksi yang mereka lakukan.

(Baca Juga: Perbandingan Gopay dan Ovo. Manakah yang Terbaik?)

OVO point itu sendiri akan dihargai dengan nilai rupiah yang pada nantinya apabila sudah terkumpul bisa ditukarkan dengan layanan lainnya yang ada di OVO. Misalkan, 1 OVO Point = Rp1.

Keuntungan Menggunakan OVO
  • Hadirnya OVO Point yang membuat aktivitas transaksi menjadi lebih menyenangkan
  • Menawarkan berbagai promo menarik di seluruh merchant yang bekerjasama
  • Pembayaran menjadi lebih cepat dan mudah
  • Dapat memonitor pengeluaran menggunakan OVO sehingga mempermudahmu dalam mengatur keuangan menjadi lebih tepat
Kekurangan Menggunakan OVO
  • Masih kurangnya fitur membayar tagihan, seperti BPJS Ketenagakerjaan, PBB, dan lain-lain
  • Upgrade dari OVO Club ke OVO Premiere harus datang ke booth secara langsung dan tidak bisa dilakukan secara online

Pilih Dana, Ovo, atau Link Aja? Jangan langsung menentukan! Yuk mari disimak lagi pembahasan terakhir kita, yaitu mengenai Link Aja.

3. LinkAja

Terakhir, kita akan membahas tentang LinkAja sebagai dompet digital yang tak kalah populernya dengan kedua jenis dompet digital yang baru saja kita sebutkan. Sama halnya seperti DANA dan OVO, LinkAja juga merupakan sebuah layanan keuangan elektronik yang berbasis oleh sebuah aplikasi.

Dimana dari hadirnya aplikasi tersebut, setiap pengguna tidak perlu memiliki uang tunai maupun kartu dalam hal penggunaannya. Tidak hanya itu, proses transaksipun juga menjadi lebih cepat, mudah, dan praktis.

Aplikasi LinkAja itu sendiri memiliki dua jenis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Pertama adalah Basic Service, yang mana jumlah saldo tidak bisa melebihi Rp2 juta. Sedangkan untuk jenis kedua adalah Full Service yang mana jumlah maksimum di dalam saldo dapat mencapai Rp10 juta.

Kedua jenis ini memiliki fungsi yang cenderung sama, yaitu dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi, seperti top up saldo, berbelanja online, hingga melakukan pembayaran di berbagai merchant yang bekerjasama.

Sementara itu, perbedaan keduanya juga tidak hanya terletak pada jumlah maksimum saldo saja, melainkan juga tambahan fitur lainnya. Jenis Full Service bisa turut digunakan untuk mengirim uang dan tarik saldo sedangkan untuk Basic Service tidak bisa melakukannya.

Keuntungan Menggunakan LinkAja
  • Mempermudah transaksi kapanpun dan dimanapun
  • Dapat digunakan sebagai alat pembayaran di berbagai merchant yang bekerjasama, seperti makanan, belanja, tiket kereta api, dan masih banyak lagi
  • Berbagai promo menarik hingga mencapai 50 persen di beberapa merchant
  • Memiliki berbagai cara pengisian saldo, mulai dari transfer antar rekening, minimarket, Kantor Pos, dan lain-lain
  • Hadirnya promo berhadiah paket data gratis
  • Mempermudah dalam pembayaran tagihan
Kekurangan LinkAja
  • Masih terdapat banyak merchant yang belum bekerjasama dengan LinkAja

Nah, setelah mengetahui lebih detil mengenai ketiga dompet digital ini, maka mana yang kamu jadikan unggulan? Pilih Dana, Ovo atau LinkAja? Tidak hanya menggunakan dompet digital, kartu kredit pun juga memberikan banyak keuntungan lho. Yuk segera ajukan kartu kredit mu di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda