Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Pilih Mana, KPR atau Pinjaman Dana Tunai untuk Beli Rumah di Bekasi?

by lhmdi on 6 Oktober, 2016

Tidak jarang masyarakat mengajukan pinjaman dana tunai di Bekasi berupa kredit dengan agunan untuk membeli rumah, meskipun sudah ada layanan khusus seperti kredit pemilikan rumah atau yang dikenal KPR. Beberapa diantaranya pembelian rumah ini terjadi di kota-kota penyangga seperti Bekasi.

Harga rumah yang masih terjangkau dan murah menjadi salah satu alasannya. Selain itu cara pembayarannya yang bisa dicicil semakin membuat banyak masyarakat bisa menggunakan dua layanan ini untuk membeli rumah impian mereka.

Lalu, apakah perbedaan menggunakan pinjaman dana tunai seperti kredit dengan agunan atau KPR? Manakah yang tepat untuk dipilih untuk membeli rumah baru?

KPR

-Membeli rumah menggunakan layanan KPR memudahkan kamu untuk membayarnya. Melalui angsuran atau membayar dengan cara menyicil dengan nominal yang lebih ringan tentunya akan memudahkan siapa pun termasuk kamu yang ingin memiliki rumah.

Selain itu jangka waktu cicilan pun terbilang hadir dalam jangka waktu yang cukup panjang, sehingga nasabah dengan penghasilan yang tidak terlalu besar dapat menikmati rumah yang mereka inginkan.

-Tenor panjang dari KPR juga memberikan keuntungan bagi nasabah, khususnya nilai suku bunga.  Rata-rata bank yang menyediakan KPR berbentuk pinjaman dana tunai di Bekasi  dengan memberikan suku bunga fixed dalam rentang waktu tertentu, sesuai dengan ketentuan dari bank.

-Nasabah atau debitur lebih dimudahkan dalam mengatur pola keuangan mereka. Sebagai contoh jika seorang karyawan memiliki gaji yang relatif standar, maka dengan cara pembayaran atau bentuk cicilan yang mudah dibayarkan membuat masyarakat bisa mengatur keuangan mereka sendiri. Sehingga membuat beban cicilan KPR yang bisa saja menghabiskan setengah gaji menjadi lebih ringan bagi nasabah yang ingin membeli rumah melalui cara KPR.

Kredit Dengan Agunan (KDA) 

– Jika kamu ingin membeli rumah menggunakan pinjaman dana tunai di Bekasi melalui kredit dengan agunan, keuntungan yang bisa didapat adalah nilai suku bunga rendah, jangka waktu pembayaran yang panjang, sehingga pengaturan keuangan pun bisa jadi lebih baik dilakukan dengan membuat prioritas tertentu.

-Sebagian bank memberikan penawaran kepada debitur untuk membayar dana pinjaman yang diperoleh dari KDA dengan waktu lebih cepat dari kesepakatan. Ini terjadi karena ketika pinjaman yang dilakukan sudah dibayar lunas, maka bank yang menyediakan KDA pun akan mendapatkan keuntungan yang besar.

-Meskipun begitu, KDA masih memiliki sedikit kekurangan yaitu ketika kamu tidak bisa melunasi cicilan, maka jaminan yang diajukan sebagai syarat pinjaman dana tunai bisa disita oleh pihak kreditur atau bank.

 

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.