Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Pilih Tempat Liburan Saat Lebaran di Jakarta

by JTO on 29 Juli, 2014

Lebaran selalu identik dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Bagi yang tahun ini tidak mudik dan masih tetap di Jakarta,  jangan kecewa. Sebab, Kamu sekeluarga masih punya banyak aktivitas alternatif yang tidak kalah menyenangkan.

Kamu bisa sekadar menikmati lapangnya jalanan kota, atau mengunjungi beberapa tempat yang bisa dijadikan arena rekreasi keluarga seperti yang akan dibahas dalam artikel ini. Siapa tahu beberapa tempat yang kami rekomendasi bisa menjadi tujuan rekreasi sekeluarga untuk menghabiskan hari libur lebaran nanti. Apa saja, baca terus artikel ini.

Widget TRV Insurance

1. Tempat Rekreasi Publik

Paling mudah, dan murah, tempat liburan yang bisa kita kunjungi saat lebaran ya hanya di arena rekreasi publik. Banyak tempat yang bisa dikunjungi. Di Jakarta ada Kebun Raya Ragunan dan Taman Impian Jaya Ancol. Dua tujuan paling favorit bagi warga ibukota untuk menghabiskan waktu liburnya. Hanya bermodal belasan ribu, sekeluarga bisa menikmati libur lebaran sampai puas. Selain dua tempat tadi, kamujuga bisa berkungjung ke Taman Mini Indonesia Indah, atau Planetarium yang menawarkan hiburan berbeda.
Bosan liburan di Jakarta? kita bisa berkunjung ke Istana Presiden di Bogor, Taman Safari, atau Puncak Pass yang daerahnya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Tapi karena jumlah wisatawan lokal yang pasti membludak saat lebaran, disarankan untuk berlibur di dalam kota saja.

2. Museum

Bagi yang tidak betah dengan keramaian, liburan ke museum bisa jadi pilihan tepat. Selain murah, berlibur ke museum juga bisa menambah pengetahuan sejarah. Ada banyak museum yang bisa kita kunjungi di Jakarta, paling favorit tentu adalah Monumen Nasional, atau Monas. Selain Monas, masih banyak lagi tempat bersejarah lainnya yang mungkin belum pernah dikunjungi seperti Museum Taman Prasasti di Tanah Abang, Museum Art Mon Decor di Kemayoran, Museum Sumpah Pemuda di Jl.Kramat Raya, atau Museum Seni Rupa dan Keramik di Taman Sari, Jakarta Barat.

3. Mall atau Pusat Perbelanjaan

Main ke mall memang sudah biasa. Walau begitu, beberapa mall di Jakarta ini tetap layak untuk jadi tempat liburan keluarga karena berbagai keunikan dan fasilitasnya yang lengkap. Apalagi, biasanya di musim lebaran, banyak mall yang menyediakan promo lebaran dan diskon lebaran.

Mall Central Park misalnya yang menawarkan tempat perbelanjaan luas dipadu dengan taman indah lengkap dengan kolam-kolam dan atraksi air mancur. Jika berkunjung ke Central Park, kamu juga bisa melirik mall di sebelahnya, Mall Taman Anggrek yang sudah lama jadi ikon di Jakarta Barat. Di MTA, kita bisa meluncur di atas es atau ice skating yang mungkin belum pernah dicoba. Bosan dengan kedua mall tersebut? masih banyak mall di Jakarta yang tidak kalah bagus seperti Gandaria City, Pondok Indah, Grand Indonesia, atau yang saat ini sedang tenar; Ciputra World Lotte Shopping Avenue (Love).

4. Pusat Wisata Kuliner

Selain rekreasi, makan bersama keluarga juga jadi acara favorit saat lebaran. Jika bosan makan ketupat dan opor tiap hari, saatnya untuk berburu makanan di pusat-pusat wisata kuliner di Jakarta. Jalan Pecenongan, Jalan Sabang, atau Jalan Menteng adalah pusat wisata kuliner yang banyak dituju para pemburu makanan. Ada banyak warung tenda atau restoran mewah yang bisa dipilih sesuai isi kantong. kamu juga bisa mengunjungi pusat restoran seafood di Muara Angke, Jakarta Utara jika ingin menikmati aneka hidangan seafood yang lezat namun ramah di kantong.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.