Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Pilihan Destinasi Liburan Keluarga Sesuai Anggaran

by JTO on 3 Juli, 2015

liburan keluarga _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Liburan sekolah kerap menjadi pilihan yang tepat untuk mengajak seluruh anggota keluarga berekreasi bersama. Beragam pilihan tujuan wisata mulai dari yang harga tiket masuknya berkisar puluhan ribu hingga yang bisa menghabiskan uang jutaan bisa menjadi pilihan. Lantas, bagaimana cara menyesuaikan anggaran yang kita miliki dengan tujuan tempat liburan yang kita inginkan?

Tempat liburan keluarga yang lebih menyenangkan adalah lokasi yang bisa mengajak anak-anak berlibur sekaligus belajar. Berapapun jumlah anggaran yang telah disiapkan, alternatif pilihan wisata edukasi untuk anak-anak akan lebih baik untuk dipilih.

Berikut adalah beberapa pilihan tujuan wisata untuk liburan keluarga yang bisa menjadi pertimbangan dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Rp 500 ribu – Rp 1 juta

Dengan anggaran ini, cukup berwisata ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh selama satu hari. Tujuan liburan yang paling umum dipilih adalah waterpark yang kini juga semakin banyak jumlahnya dengan variasi jenis wahana air yang bisa membuat anak-anak bersenang-senang di kolam seharian. Setiap kota besar di Indonesia mulai memiliki taman bermain air seperti ini.

Selain itu, arena bermain seperti misalnya Dunia Fantasi atau Trans Studio juga menjadi pilihan setiap orang tua saat mengajak anak mereka berlibur dengan anggaran yang tidak terlalu besar seperti ini. Jika ingin sedikit suasana berbeda, kita bisa mengajak keluarga berlibur ke kota terdekat. Untuk yang tinggal di Jakarta, anak-anak bisa diajak berwisata alam ke Bogor misalnya.

Ada beberapa tempat tujuan yang bisa menjadi pilihan seperti Kebun Raya Bogor atau Kuntum Farm Fields. Anak-anak akan diberikan pengalaman berinteraksi dengan alam melalui kegiatan wisata satu ini. Taman Safari, Cisarua juga mungkin tidak akan terlupakan menjadi salah satu destinasi pilihan liburan bersama anak-anak. (Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bali yang Gratis Tapi Eksotis)

Atau,jika ingin mencari wisata alam lain yang tak terlalu jauh dari rumah, yang bisa dilakukan adalah mencari tempat-tempat outbond. Kota Jakarta sudah memiliki arena outbond seperti Kampung Main Cipulir, CEVP Kampoeng Maen, dan beberapa tempat serupa yang cukup banyak hadir di kota ini.

Jenis wisata lain yang bisa menjadi pilihan adalah wisata museum. Selain berlibur, anak-anak juga menggali pengetahuan umum dari museum yang mereka kunjungi. Taman Mini Indonesia Indah bisa menjadi salah satu pilihan untuk mereka yang ingin mendapatkan wisata alam sekaligus wisata museum.

 

Rp 1–3 juta

Dengan jumlah anggaran yang sedikit lebih besar, kita bisa mengagendakan liburan yang lebih panjang di lokasi yang tidak terlalu jauh. Dengan menambah jumlah hari liburan, pilihan tujuan wisata yang ada pun semakin banyak sehingga liburan akan terasa lebih menyenangkan dan memuaskan.

Salah satu kawasan wisata alam yang menarik adalah daerah Lembang, Bandung. Di sana terdapat beragam daerah wisata yang cocok untuk keluarga seperti Floating market, Deranch, Kebun Stroberi, Wahana Dusun Bambu. Bandung kini mudah dijangkau dari Jakarta sehingga tidak membutuhkan banyak uang untuk transportasi

Dengan budget sebesar ini, keluarga di Jakarta juga bisa menikmati pilihan liburan sehari ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Ada paket liburan ke satu atau dua pulau yang memiliki ciri khas masing-masing misalnya Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Bidadari, Pulau Ayer, Pulau Kotok, Pulau Pelangi, Pulau Putri, Pulau Sepa, dan masih banyak lagi. Semakin jauh jarak pulau akan semakin besar biaya transportasinya. Yang jelas, setiap pulau menawarkan pengalaman wisata laut yang berbeda-beda. (Baca juga: Mau Liburan Murah di Cianjur? Ini 10 Destinasinya)

 

Rp 3 – 5 juta

Anggaran ini bisa digunakan untuk paket liburan 2 hari 1 malam ke Kepulauan Seribu. Untuk keluarga pecinta wisata alam di kawasan pantai dan laut akan menyukai pilihan ini. Akan ada waktu yang lebih banyak untuk menikmati pemandangan bawah laut di beberapa lokasi di kawasan Kepulauan Seribu ini.

Selain berlibur ke pantai, pilihan liburan yang juga dapat menjadi pertimbangan adalah wisata ke kota-kota lain di pulau Jawa seperti Semarang, Jogjakarta, atau Solo. Anak-anak bisa mengenal budaya khas yang ada di kota-kota tersebut. Memiliki sejarah yang menarik, kota-kota ini bisa menjadi pilihan wisata budaya untuk anak-anak.

Misalnya kita memilih berlibur ke Jogjakarta, ada banyak tempat yang bisa menjadi pilihan tujuan wisata. Untuk wisata budaya kita bisa mendatangi Candi Prambanan, Candi Borobudur, Taman Sari, dan Kraton Jogjakarta. Ada juga museum-museum yang bisa menjadi pilihan tujuan berikutnya seperti Museum Jogja Kembali atau Museum Dirgantara. Dan, ada juga arena taman air bernama Kids Fun.Tentu untuk wisata belanja, Malioboro bisa menjadi pilihan.

 

Lebih dari Rp 10 juta

Dengan anggaran ini, kita dan keluarga bisa menikmati liburan di Bali atau Lombok. Kita bisa mengajak anak-anak berlibur menikmati pantai, atau menikmati wisata alam lainnya. Selain itu, pertunjukan seni di Bali tentu bisa menjadi lebih menarik untuk para pecinta seni. Liburan selama tiga hari dua malam cukup untuk memuaskan keinginan liburan di pulau eksotis ini. Wisata alam di Bali juga menjanjikan. Ada Bali Bird Park dan Bali Zoo yang bisa dikunjungi.

Selain ke kawasan Bali Lombok, wisata ke luar negeri mungkin bisa masuk dalam pilihan. Anak-anak bisa diajak menikmati liburan di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Yang cukup sering menjadi pilihan orang tua adalah Singapura yang memiliki Universal Studios atau Malaysia yang menawarkan Legoland atau Hello Kitty Town. Arena bermain ini tentu sangat disukai anak-anak. (Baca juga: 8 Alasan Wisata Raja Ampat Papua Wajib Jadi Tujuan Liburan 2018)

Wisata alam dan wisata budaya di kedua negara tersebut juga cukup menarik. Kita bisa menikmati Gardens By The Bay atau Singapore Zoo di Singapura. Di Malaysia, ada Genting Highland dan Pulau Perhentian yang dapat dipilih untuk wisata alam. Tentu kita tidak bisa melewatkan kesempatan untuk mendatangi tempat-tempat yang menjadi ikon kedua negara itu. Setidaknya untuk bisa menikmati Menara Kembar Petronas misalnya.

Menurut hasil studi dari MasterCard Global Destination Cities Index, Singapura dan Kuala Lumpur memang sudah menjadi dua kota di kawasan Asia yang paling sering dikunjungi. Singapura menduduki peringkat ke-7 dengan 11,88 juta pengunjung internasional per malam.Disusul Kuala Lumpur di peringkat 8 dengan 11,12 juta pengunjung internasional per malam. Mungkin ini juga bisa memperkuat pertimbangan jika ingin liburan yang aman dan nyaman bersama anak-anak di kedua negara tetangga tersebut.

 

Lebih dari Rp 50 juta

Dengan anggaran yang cukup besar ini, kita tentu bisa membawa anak-anak liburan ke Eropa. Ada lima negara yang populer menjadi destinasi liburan bersama keluarga yaitu Belanda, Inggris, Prancis, Italia, dan Jerman. Atau, mungkin kita bisa memilih negara-negara Asia yang cukup menjanjikan kawasan wisatanya seperti Jepang, Korea Selatan.

Situs lonelyplanet.com juga bisa menjadi salah satu referensi untuk yang menginginkan suasana liburan ke Eropa yang berbeda tahun ini. Beberapa negara seperti Spanyol, Portugal, Norwegia, atau Serbia bisa menjadi pilihan tambahan destinasi liburan keluarga. Spanyol memiliki kota pantai Malaga yang cocok untuk liburan di musim panas. Atau kita juga bisa mengajak keluarga ke suasana kota Belgrade, Serbia yang beberapa tahun belakangan mengalami banyak perubahan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di Eropa.

Untuk wisata di Jepang, ada dua kota yang menjadi bidikan para wisatawan internasional, Osaka dan Tokyo. Kedua kota ini masuk dalam 10 besar kota dengan pertumbuhan pengunjung internasional tercepat versi MasterCard Destination Cities Index. Beberapa destinasi wisata edukatif  yang bisa dikunjungi di Osaka antara lain bangunan simbol kebangkitan Jepang dari Perang Dunia II (Tsūtenkaku), Open Air Museum of Old Farmhouses, Peace Osaka, dan Maritime Museum.

Jika kita termasuk orang tua yang tetap sangat mengedepankan edukasi untuk anak, program homestay yang ditawarkan beberapa lembaga tertentu bisa menjadi pilihan. Salah satu jenis homestay yang biasanya ditawarkan adalah homestay dari lembaga kursus bahasa asing. Dengan kegiatan ini, kemampuan bahasa asing di negara tempat homestay ini diharapkan bisa meningkat lebih cepat.

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami