Pilihan Kartu Kredit untuk Freelancer Berpenghasilan Tak Tetap

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Penggunaan kartu kredit sangat dibutuhkan untuk memudahkan pembayaran berbagai kebutuhan. Tak terkecuali untuk para freelancer yang memiliki penghasilan tak tetap. Pilihan kartu kredit untuk freelancer wajib kamu ketahui agar bebas berbelanja sesuai pendapatanmu.

Keunggulan Kartu Kredit

Bagi para freelancer, kartu kredit memiliki peran besar untuk memudahkan penggunaan dan pembelian berbagai produk barang dan jasa. Pembayaran di muka dengan kartu kredit nantinya akan lebih ringan dibayar lunas dengan cicilan dalam masa tenor tertentu.

Dari beberapa pilihan kartu kredit untuk freelancer, ada keunggulan lain yang bisa kamu nikmati. Di antaranya:

Lebih praktis membayar

Dengan menggunakan kartu kredit, proses pembayaran akan lebih praktis. Sebab kamu tak perlu membawa uang tunai setiap bepergian.

Selain itu, ada pula beberapa produk barang dan jasa yang hanya bisa dibayar dengan menggunakan kartu kredit. Itu mengapa kartu kredit sangat membantu nasabahnya.

Penyelamat kebutuhan mendesak

Saat ada kebutuhan yang mendadak dan mendesak, kartu kredit bisa menjadi penyelamat buatmu. Terutama bagi para freelancer yang sedang menantikan bayaran kerja yang tak kunjung cair.

Ada banyak promo

Semua kartu kredit tentu memiliki merchant yang bekerjasama dengannya. Dengan begitu, ada banyak promo yang bisa kamu nikmati saat membayar kebutuhan dengan kartu kredit. Promo itu biasanya berupa diskon alias potongan harga, cashback, atau reward point.

Pengeluaran tercatat rapi

Jika kamu bukan orang yang teliti menyimpan bukti pembayaran dan catatan pengeluaran, maka beberapa pilihan kartu kredit untuk freelancer bisa mengatasi hal ini.

Sebab semua transaksi yang dibayarkan dengan kartu kredit akan tercatat rapi. Pembagian budget bulanan pun bisa lebih mudah kamu atur.

Bisa digunakan di mana saja

Sebagian besar kartu kredit kini sudah bekerjasama dengan Visa,JCB atau MasterCard. Jika ada logo salah satu dari ketiganya tertera di kartu, berarti kamu bisa menggunakan kartu kredit di seluruh negara di dunia. Menguntungkan banget nih, untuk freelancer dengan mobilitas tinggi atau yang hobi travelling.

Freelancer Pikirkan Hal Ini Sebelum Mengajukan Kartu Kredit

Meskipun berbagai pilihan kartu kredit untuk freelancer memiliki banyak keunggulan, ada hal-hal yang perlu kamu pikirkan sebelum mengajukan kepemilikan kartu kredit.

Pertama, buat lah nilai rata-rata pendapatmu setiap bulannya. Meskipun seorang freelancer tidak memiliki pendapatan tetap, tapi kamu pasti bisa membuat perkiraan nilai rata-rata terhadap pendapatan tersebut.

Apalagi, saat ini jasa freelancer sangat dihargai oleh perusahaan-perusahaan. Walau tak memiliki pendapatan tetap, nilai bayaran proyek seorang freelancer bisa saja melebihi gaji bulanan karyawan kantoran.

Kedua, ajukan pilihan kartu kredit untuk freelancer yang sesuai dengan limit yang kamu rasa masih berada dalam batas kemampuanmu membayar.

Poin kedua ini masih berkaitan dengan nilai pendapatan rata-rata bulanan yang sudah kamu perkirakan tadi. Ini penting untuk diingat agar kamu tak terjebak dalam kredit macet.

Ketiga, gunakan kartu kredit dengan bijak. Tak perlu membeli hal-hal yang tidak terlalu penting, terutama jika kamu merasakan pendapatan yang sedang menurun.

Kalau kartu kredit tidak terpakai, kamu hanya perlu membayar biaya tahunan yang umumnya digratiskan di tahun pertama penggunaan.

Tips Agar Pengajuan Kartu Kredit Disetujui untuk Freelancer

Berikut beberapa tips agar pengajuan pilihan kartu kredit untuk freelancer yang kamu inginkan disetujui oleh pihak bank.

Jika kamu pernah memiliki kartu kredit atau mengajukan pinjaman sebelumnya, maka pastikan tidak ada riwayat kredit macet yang pernah kamu alami.

Hal ini dibutuhkan agar membuktikan bahwa kamu adalah calon nasabah yang terpercaya dan mampu membayar tagihan kartu kredit nantinya.

Kemudian, kamu juga harus memiliki tabungan yang cukup. Endapan dana pada rekening tabungan juga menjadi pertimbangan pihak bank dalam menyetujui pengajuan kartu kreditmu.

Juga buktikan reputasi pekerjaanmu bahwa kamu adalah seorang profesional yang terpercaya dan layak menjadi nasabah kartu kredit.

(Baca Juga: Keamanan Kartu Kredit di Marketplace Yang Harus Kamu Ketahui!)

Pilihan Kartu Kredit untuk Freelancer

1. BNI MasterCard Gold

Kartu kredit untuk berbagai kebutuhan yang memudahkanmu, terutama dalam pembayaran tagihan kebutuhan rumah tangga. Seperti tagihan PLN, Telkom, Telkomsel, Matrix, Xplor, Fren, Esia, Indovision, First Media, Indosat, Speedy, Air Aetra, dan lainnya.

Terdapat perlindungan asuransi kecelakaan dalam perjalanan, akses masuk Airport Lounge bandara di Indonesia, reward point yang menarik.

Bisa dimiliki nasabah dengan penghasilan gabungan kotor minimum Rp 36 juta yang merupakan WNI usia 21-65 tahun. Bunga kartu kredit ini adalah 2,25% dan biaya tahunan Rp 240 ribu.

2. BNI Visa Gold

Memiliki sederet keuntungan yang sama dengan BNI MasterCard Gold, hanya saja penggunaan kartu kredit ini bisa dilakukan di jaringan Visa.

Bisa dimiliki nasabah dengan penghasilan gabungan kotor minimum Rp 36 juta yang merupakan WNI usia 21-65 tahun. Bunga kartu kredit ini sebesar 2,25% dan biaya tahunan Rp 240 ribu.

3. BNI Mastercard Lottemart Gold

Pilihan kartu kredit untuk freelancer ini cocok untuk kamu yang gemar berbelanja di Lottemart. Dapatkan diskon 5% untuk barang bermerek label pribadi Lotte Mart, akses masuk Airport Lounge bandara di Indonesia, serta cashback 3% di Lotte Mart.

Kartu kredit ini bisa dimiliki untuk WNI berusia 21-65 tahun dengan penghasilan gabungan kotor minimum Rp 36 juta. Bunga sebesar 2,25%, dan biaya tahunan Rp 350 ribu yang digratiskan di tahun pertama.

4. Mega Visa Gold

Pilihan kartu kredit untuk freelancer yang menguntungkan. Terutama dengan adanya berbagai diskon hingga 50% di merchant yang merupakan bagian dari CT Corp.

Kemudian ada penukaran Reward Point untuk pembayaran transaksi di merchant yang bekerjasama.

Bisa dimiliki oleh freelancer dengan penghasilan gabungan kotor minimum Rp 36 juta, WNI berusia 21-65 tahun, dengan biaya tahunan 400 ribu dan bunga 2,25%.

5. BRI Easy Card

Ada pula pilihan kartu kredit untuk freelancer dengan bunga rendah dan biaya tahunan yang ringan. Kartu kredit ini bisa digunakan di seluruh dunia.

Ada sederet keuntungan cashback 1% untuk tarik tunai di ATM, cashback 2% untuk setiap pembelanjaan di supermarket, cashback 3% untuk setiap pembelian BBM di SPBU.

Dapat dimiliki bagi kamu yang merupakan WNI berusia 25-45 tahun, dengan penghasilan gabungan kotor minimum Rp 36 juta. Biaya tahunannya sebesar Rp 250 ribu, dengan bunga 2,25%.

6. BRI Touch

Pilihan kartu kredit untuk freelancer lainnya adalah BRI Touch. Keunggulannya adalah gratis biaya tahunan seumur hidup dan cicilan 0% sampai dengan 36 bulan di merchant yang bekerjasama.

Para freelancer bisa banget memiliki kartu kredit ini karena penghasilan minimum nasabah hanya Rp 3 juta per bulan. Atau setara dengan penghasilan gabungan kotor minimum Rp 60 juta per tahun.

Biaya tahunannya yakni Rp 250 ribu, dengan bunga 2,25%.

(Baca Juga: Yuk, Cek Daftar Kartu Kredit Bebas Biaya Admin)

7. BRI JCB Platinum

Dengan logo JCB, kamu bisa menggunakan kartu kredit ini di seluruh dunia. Dapatkan free ex-lounge di Indonesia & JCB Lounge (di negara Jepang, Korea Selatan, Cina, Singapura, dan lain-lain).

Kemudian, ada juga keuntungan BRI Point untuk berbagai transaksi di dalam maupun luar negeri. Miliki kartu kredit ini dengan syarat WNI berusia 25-55 tahun dengan penghasilan gabungan kotor minimum Rp 84 juta.

Biaya tahunan Rp 300 ribu dan bunga 2,25%.

8. CIMB Niaga Precious

CIMB Niaga Precious juga merupakan pilihan kartu kredit untuk freelancer yang bebas biaya tahunan. Selain itu, nasabah juga mendapat asuransi kesehatan, dan bonus voucher belanja.

Bagi WNI berusia 21-65 tahun dapat memiliki kartu kredit ini. Penghasilan gabungan kotor minimum calon nasabah yakni Rp 120 juta, sedangkan bunganya 2,25%.

9. CIMB Niaga Visa Platinum

Pilihan kartu kredit untuk freelancer ini menggratiskan biaya tahunan di masa 1 tahun pertama penggunaan kartu. Kamu juga bisa mendapatkan Double Point Extra untuk transaksi di situs penerbangan, serta cicilan 0% selama 3 bulan dengan pembelanjaan minimal Rp 500 ribu.

Syarat memilih kartu ini adalah WNI berusia 21-65 tahun dengan penghasilan gabungan kotor minimum Rp 90 juta. Bunga 2,25% dan biaya tahunan 350 ribu berlaku di tahun kedua.

Berbagai kartu kredit bisa kamu bandingkan dan ajukan melalui CekAja.com. Cara mudah tanpa ribet dengan sistem online akan memudahkanmu saat mengajukannya.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah