Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mau Kredit Rumah Tanpa DP? Ini Solusi Alternatifnya

by lhmdi on 27 Agustus, 2017

tips kredit rumah untuk wiraswasta _ KPR - CekAja.com

Mengajukan kredit rumah tanpa DP atau Down payment plus bunga yang ringan saat ini masih susah diwujudkan. Besarnya harga rumah jadi alasan.

Meskipun sempat muncul ide pembelian rumah tanpa dibutuhkan uang muka atau DP, hingga kini belum ada satu pihak bank atau lembaga keuangan sebagai penyalur kredit yang bisa mewujudkannya dan menyalurkan cara penjualan ini.

Pasalnya, hampir tidak mungkin mengajukan kredit rumah tanpa duit pertama atau uang muka. Bahkan dalam ketetapan Peraturan Bank Indonesia sebagai regulator penyalur kredit dengan nomor 18/16/PBI/2016, mengatakan bahwa uang muka kredit rumah tetap menjadi syarat mutlak dalam KPR.

Hanya saja, nilai down payment ini memang turun. Pemerintah bersama beberapa bank bekerjasama menurunkan angka uang muka pembelian rumah dari yang awalnya selalu berada di angka 20% kini diturunkan menjadi 15%.

Hal yang sama juga berlaku bagi pengembang. Beberapa pengembang bahkan belum berani mengungkapkan seperti apa pembelian rumah tanpa uang muka atau down payment.

Perihal Pemilikan Rumah Tanpa DP

Hal ini dikarenakan belum ada hitungan pasti tentang berapa harga rumah yang akan dijual jika kredit rumah diberlakukan tanpa uang muka. Selain itu, hal ini nantinya juga akan berpengaruh kepada besaran cicilan yang akan ditanggung oleh kreditur atau calon pembeli rumah.

Hingga kini pun belum ada satu gebrakan yang dibuat oleh pihak pengembang atau bank tentang menghadirkan layanan kredit rumah tanpa DP.

Bahkan program rumah pemerintah bersama bank BTN dan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) baru-baru ini tetap membutuhkan uang muka atau down payment bagi masyarakat kelas menengah ke bawah yang ingin memiliki tempat tinggal.

(Baca: Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga Buat yang Baru Nikah)

Namun jangan khawatir. Jika masih ingin membeli rumah secara KPR dan tanpa DP, beberapa solusi berikut ini bisa dicoba agar beban DP atau uang muka tidak terasa berat.

Walau sulit, memilih kredit rumah tanpa DP di 2017 mesti gunakan solusi lain

kredit mobil dan rumah_KPR - CekAja.com

Tahun 2017 segera berakhir, namun perencanaan ketersediaan rumah bagi masyarakat terus bertambah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemerintah terus bekerjasama dengan LFPP, bank dan pengembang untuk menghadirkan rumah murah plus DP yang ringan.

Sebagai contoh, rumah murah untuk buruh yang direncanakan pemerintah hanya membutuhkan 1% uang muka atau DP. Namun hingga saat ini belum ada rencana menghadirkan DP rumah yang murah bagi masyarakat dengan golongan ekonomi menengah.

(Baca juga: Jenis Potensi Bisnis Sekitar Perumahan di Bandung)

Nah, bagi yang sedang ingin mencari kredit rumah tanpa DP atau uang muka yang ringan beberapa tip berikut ini setidaknya akan membantu untuk mendapatkan cara pengganti untuk membeli kredit rumah tanpa DP.

  1. Investasi dulu dan beli secara tunai

Agar biaya down payment tidak memberatkan kita dalam rencana membeli rumah, solusi sederhananya adalah dengan berinvestasi. Bisa saja memiih jenis investasi sederhana seperti deposito untuk menyiapkan uang muka pembelian rumah.

Selain itu, jika memiliki banyak jenis investasi dan bersabar dalam jangka waktu yang panjang maka bisa disipilin menabung dan mengelola uang investasi.

Jika sudah terkumpul, maka kita sudah dapat menyiapkan uang muka plus kesiapan pembelian rumah yang diinginkan secara tunai.

  1. Pilih pengembang yang tepat

Jika menemukan iklan atau bilboard tentang penawaran kredit rumah tanpa DP dari pengembang, mungkin saja hal tersebut benar adanya. Apalagi, untuk pembelian rumah baru, biasanya para pengembang akan berusaha menjalankan berbagai macam strategi untuk menarik minat masyarakat dalam membeli rumah.

Pembelian rumah tanpa DP ini mungkin saja terjadi karena pihak pengembang sudah bekerja sama dengan bank yang menangani fasilitas KPR.

Proses sederhananya, pihak pengembang terlebih dahulu berinvestasi kepada bank dengan menempatkan senilai uang kepada pihak bank, sehingga masyarakat yang akan membeli rumah tidak dibebankan lagi dengan uang muka.

Selain itu, strategi lainnya adalah pengembang bekerjasama dengan pihak bank menampilkan iklan kredit rumah tanpa uang muka, padahal nantinya DP tersebut sudah termasuk dalam pembayaran cicilan rumah hingga lunas.

Jika pernah melihat iklan seperti ini, pastikan untuk mencari informasi detil dari pengembang terlebih dahulu. Apakah pengembang tersebut memang memiliki reputasi yang baik atau masih mendapatkan komentar negatif.

Selain itu jangan lupa untuk bertanya langsung di kantor-kantor marketing developer atau pengembang untuk mendapatkan infromasi yang benar tentang iklan rumah tanpa butuh uang muka seperti yang disebutkan.

Cara ini setidaknya mampu memastikan apakah rumah yang akan dibeli benar-benar bebas dari DP atau tidak. Selain itu, juga bisa tahu tentang berapa jumlah cicilan yang akan dibayarkan nantinya jika membeli rumah tanpa dibutuhkan uang muka, sehingga sudah menyiapkan dana dan perkiraan yang tepat saat pembayaran angsuran.

  1. Mengikuti program pemerintah

Ingin rumah dengan DP yang ringan? Mengikuti program pemerintah adalah solusi berikutnya. Mungkin saat ini pemerintah fokus pada pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Namun, di masa yang akan datang bukan tidak mungkin pemerintah mulai mencari solusi menyediakan rumah bagi masyarakat yang memiliki penghasilan menengah. Jadi, tidak perlu ragu-ragu lagi akan ketersedian rumah.

Setelah berinvestasi dan menyiapkan dana untuk uang muka, bukan tidak mungkin sudah bisa memiliki rumah yang memiliki uang muka ringan dari pemerintah.

  1. Memanfaatkan promo

Dalam beberapa momen tertentu, biasanya pihak pengembang akan melakukan pameran atau promo-promo tertentu untuk memasarkan rumahnya. Bahkan beberapa waktu yang lalu, pihak bank mengadakan acara “Property Expo” untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam mencari rumah idaman.

Nah, biasanya di acara-acara seperti ini baik pihak bank atau pengembang akan memberikan berbagai macam promo menarik. Selain bunga yang bersaing, bukan tidak mungkin Down Payment atau DP rumah juga lebih ringan di saat acara seperti ini.

  1. Pilih rumah bersubsidi

Trik berikutnya untuk mencari solusi lain adalah dengan memilih rumah bersubisdi. Hingga saat ini memang hanya BTN yang diberikan kesempatan untuk menyediakan produk ini.

Bunganya cukup bersaing. Bahkan di beberapa acara tertentu, Down Payment dari rumah bersubidi juga sangat ringan. Bukan tidak mungkin di waktu yang akan datang BTN, atau bank-bank lainnya juga akan menyediakan produk berupa rumah bersubsidi dengan uang muka yang lebih ringan.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami