Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Pilihan Makanan Buka Puasa yang Sehat

by Satrya Agung on 19 Juni, 2016

makanan buka puasa-CekAja.com

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Kehadirannya selalu ditunggu-tunggu dan tak jarang menimbulkan rasa rindu akan hadirnya bulan ini.

Dari sisi keagamaan di bulan Ramadhan seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dari pagi hingga senja selama sebulan penuh. Kucuran rahmat dan nikmat dirasakan tiap relung hati. Ada pengharapan terlahir jadi manusia yang terhapus dosa-dosa karena telah beribadah dengan tulus selama bulan Ramadhan itu.

Dan uniknya, yang menikmati bulan Ramadhan bukan hanya yang Islam saja, tapi juga yang non muslim pun ikut senang, karena selama bulan itu ada banyak makanan buka puasa yang khas dan dijual saat Ramadhan saja.

Jadi jangan kaget kalau saat ngabuburit kamu akan ketemu dengan teman kamu yang non muslim tapi ikut jajan makanan-makanan yang enak-enak itu. Wah bakal seru ya dan bikin kita makin kuat rasa toleransi dan kebersamaannya.

Bicara mengenai makanan saat berbuka puasa, banyak banget dari kita yang kalap sehingga saat pas buka makannya gak dikontrol sehingga yang ada malah lemas. Padahal setelah seharian berpuasa, kita harus menjaga agar perut tidak kaget saat berbuka.

Kita harus perhatikan komposisi makanan yang baik dan tidak berdampak negatif saat berbuka. Memang di bulan puasa makanan yang disajikan pasti enak-enak dan menggugah selera. Bukannya tidak boleh dimakan, tapi ada strateginya.

Untuk itu kali kita akan bahas menu makanan buka puasa yang sehat. Yuk disimak.

  1. Kurma

Ada banyak alasan kenapa dianjurkan berbuka puasa dengan buah kurma. Yang pertama tentu karena Nabi Muhammad mencontohkan demikian dan menjadi bagian sunnah, yang jika dikerjakan akan mendatangkan pahala. Dan ternyata dari sisi kesehatan banyak manfaatnya.

Buah dari tanah Arab ini ternyata mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang kandungan kalorinya rendah. Dengan demikian kandungan gula alami tersebut akan mengembalikan energi kita yang hilang saat setelah berpuasa. Jadi percaya atau tidak, saat kamu berbuka puasa dengan makan kurma kamu akan perlahan merasa segar kembali.

  1. Madu

Rasanya semua orang tahu bahwa madu mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Ada antioksidan-nya, kaya akan vitamin, kalsium dan kalium, zat besi, magnesium, sulfur dan juga mangan. Dengan mengosumsi madu saat berbuka puasa kita akan merasakan hal seperti memakan buah kurma.

  1. Air Putih

Seharian tubuh tidak mendapatkan cairan maka otomatis akan dehidrasi. Untuk itu dianjurkan untuk minum air putih saat berbuka puasa. Lebih bagus lagi kalau dengan air putih hangat. Kamu akan merasakan perut menjadi lebih enakan karena gas yang terbentuk karena kosong dan menyebabkan mulut beraroma tidak sedap langsung jadi lega.

  1. Buah-buahan

Selama ini kita sudah salah dalam mengosumsi buah-buahan yakni saat setelah makan. Padahal yang paling benar adalah konsumsi buah sebelum makan. Dan ini juga sudah dicontohkan lho oleh Nabi Muhammad. Beliau selalu makan buah sebelum konsumsi makanan padat lainnya.

  1. Sayuran

Saat puasa secara otomatis lambung akan kosong dan mengecil juga enzim pencernaan berkurang. Untuk itu sangat dianjurkan ketika berbuka mengosumsi makanan yang gampang dicerna seperti sayur.

Nah itu tadi 5 makanan buka puasa yang dianjurkan agar perut tidak kaget. Dan ingat juga, saat berbuka cukup berbuka dengan membatalkan puasanya sehingga masih bisa langsung sholat Maghrib. Jangan langsung makan makanan berat. Karena selain sholat Maghrib akan tertinggal, perut akan sakit.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami