Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Pilihan Terbaik Transportasi saat New Normal dan Panduan Kesehatannya

by Nadhillah Kusindriani on 9 Juni, 2020

Rencana diterapkannya new normal atau tatanan kehidupan baru di beberapa daerah, membuat masyarakat mencari pilihan terbaik transportasi saat new normal. Pasalnya, roda perekonomian harus tetap berlangsung meski ditengah pandemi virus Covid-19.

Pilihan Terbaik Transportasi saat New Normal dan Panduan Kesehatannya

Seperti yang diketahui, adanya pandemi virus Covid-19 secara tidak langsung merubah cara dan pola hidup masyarakat, khususnya dalam aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, sekolah dan lain sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan masyarakat harus mengkarantina diri dan melakukan physical distancing, melalui kebijakan PSBB yang ditetapkan pemerintah, guna mencegah penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas.

Namun, kebijakan PSBB tersebut akan berganti dengan new normal. Di mana, pemerintah secara perlahan mulai mengaktifkan kembali aktivitas masyarakat, seperti bekerja dan belajar.

Oleh karena itu, pemerintah mulai mengeluarkan panduan kesehatan yang harus dilakukan oleh masyarakat ketika menggunakan transportasi umum. Dengan begitu, masyarakat harus mulai mencari pilihan terbaik transportasi saat new normal.

(Baca Juga: Mengajukan Asuransi Kesehatan Secara Online saat New Normal)
Pilihan Terbaik Transportasi saat New Normal

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa pemerintah akan segera menerapkan new normal di beberapa provinsi. Melansir dari money.kompas.com, beberapa provinsi yang akan menerapkan new normal pertama kali adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo.

Untuk itu, bagi kamu yang tinggal di empat provinsi tersebut, ada baiknya mengetahui pilihan terbaik transportasi saat new normal dengan menyimak ulasan yang telah CekAja.com rangkum di bawah ini.

1. Kendaraan Pribadi

Pilihan terbaik transportasi saat new normal yang pertama adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Karena selain sudah jelas kebersihannya, kamu juga sudah tentu terhindar dari kerumunan banyak orang, seperti misalnya kamu menggunakan transportasi umum.

Hanya saja, kamu harus siap dengan segala risiko yang mungkin terjadi, salah satunya adalah macet. Oleh karena itu, apabila kamu ingin menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor, kamu perlu berangkat lebih awal dari biasanya agar terhindar dari macet.

2. Sepeda

Di urutan kedua ada sepeda, sebagai salah satu pilihan terbaik transportasi saat new normal. Sebab tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tetapi menggunakan sepeda sebagai alat transportasi juga menjadi cara untuk menghindari kerumunan di dalam ruang tertutup dan antre.

Namun sayangnya, transportasi yang satu ini mungkin hanya bisa digunakan untuk kamu yang lokasi kantor ataupun sekolahnya dekat dengan tempat tinggalmu.

3. KRL

Pilihan terbaik transportasi saat new normal yang ketiga adalah. Transportasi umum yang satu ini mungkin hanya bisa digunakan oleh kamu yang tinggal di Jabodetabek. Hanya saja, jika kamu menggunakan transportasi ini, kamu perlu ekstra hati-hati.

Pasalnya, saat new normal sudah diterapkan, pengguna krl pun pasti akan lebih banyak dibandingkan saat PSBB. Namun, untuk mengatasi hal tersebut pemerintah sudah memberikan aturan terkait jumlah penumpang yang harus di angkut di setiap kereta, demi mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Terlebih, saat new normal diberlakukan, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk tidak memaksa masuk KRL maupun transportasi umum lainnya, dan melebihi kapasitas penumpang yang sudah ditentukan.

Ada baiknya jika masyarakat menunggu sampai keadaan transportasi umum tersebut sepi, atau bisa menggunakan taksi online. Karena tujuannya sudah jelas, yaitu untuk melindungi diri agar lebih aman serta menurunkan risiko penularan virus Covid-19, seperti yang dilansir klikdokter.com.

4. Bus

Pilihan terbaik transportasi saat new normal yang terakhir adalah bus. Transportasi yang satu ini memiliki sistem yang sama dengan krl. Di mana, kamu tidak bisa memaksa masuk ke dalam bus apabila kapasitas bus sudah full.

Pasalnya, apabila kamu memaksa masuk, maka kamu hanya akan menambah besar peluang terjadinya penularan virus Covid-19, baik ke dirimu sendiri maupun orang lain. Untuk itu, sebaiknya ikuti protokol kesehatan yang ada dan menunggu kedatangan bus selanjutnya.

(Baca Juga: Ini 3 Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki)
Panduan Kesehatan Naik Transportasi Umum saat New Normal

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui pilihan terbaik transportasi saat new normal, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui apa saja panduan kesehatan naik transportasi umum saat new normal yang perlu kamu lakukan.

Oleh karena itu, di bawah ini ada tujuh panduan kesehatan naik transportasi umum saat new normal yang akan CekAja.com ulas sebagai berikut.

  • Berada dalam Kondisi Sehat

Panduan kesehatan naik transportasi umum saat new normal yang pertama adalah pastikan dirimu selalu berada dalam kondisi yang sehat. Hal ini menjadi poin utama yang perlu kamu perhatikan, sebab apabila kondisi tubuh mu tidak fit, maka kamu hanya membuat dirimu mudah terpapar virus Covid-19.

Selain itu, dr. Devia Irine Putri dalam klikdokter.com juga mengatakan, apabila seseorang berada dalam kondisi tidak fit, maka sebaiknya orang tersebut beraktivitas dari rumah saja atau work from home agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat.

  • Hindari Menyentuh Fasilitas Umum

Panduan kesehatan berikutnya adalah hindari menyentuh fasilitas umum. Sebab, fasilitas umum sering kali dipegang oleh banyak orang. Untuk itu, dengan tidak menyentuh fasilitas umum, menjadi salah satu cara agar kamu tidak tertular virus Covid-19 yang mungkin menempel pada fasilitas umum tersebut.

Tetapi, apabila kamu terpaksa untuk memegang fasilitas umum, seperti jendela dan gagang pintu. Sebaiknya kamu segera menggunakan handsanitizer setelah selesai menyentuh fasilitas tersebut. Hindari juga kebiasaan menyentuh wajah sebelum menggunakan handsanitizer.

  • Gunakan Masker

Hampir seluruh masyarakat mungkin kini sudah mengetahui pentingnya menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Hal itu dikarenakan, masker dapat melindungi dirimu dari debu maupun paparan virus Covid-19.

Maka dari itu, usahakan kamu tidak melepas masker selama berada diluar rumah. Selain itu, kamu juga perlu ingat, bahwa masker yang sebaiknya digunakan oleh masyarakat biasa adalah masker kain. Kemudian, pastikan bahwa kamu mengganti masker yang telah digunakan setiap harinya.

  • Gunakan Helm Pribadi

Bagi kamu pengguna transportasi umum, khususnya ojek online, ada baiknya jika kamu menggunakan helm pribadi. Bukan bermaksud tidak ingin menggunakan helm dari pengemudinya, tetapi hal ini menjadi salah satu cara untuk melindungi diri dari penularan virus Covid-19 yang bisa menular melalui benda apa saja.

  • Hindari Menyentuh Wajah

Secara tidak sadar, kamu mungkin sering kali menyentuh wajah setelah menyentuh atau memegang benda. Hal tersebut mungkin tidak akan berdampak apa-apa di situasi normal. Namun, di tengah pandemi virus Covid-19 seperti saat ini, ada baiknya kebiasaan tersebut dihentikan dahulu.

Sebab, tangan bisa menjadi sumber penularan virus corona, apabila kamu memegang wajah sebelum mencuci tangan menggunakan sabun dengan bersih. Oleh karena itu, biasakan diri kamu selalui mencuci tangan setelah memegang sesuatu ataupun beraktivitas di luar rumah.

  • Melakukan Pembayaran Non Tunai

Melakukan pembayaran non tunai, rasanya kini menjadi metode pembayaran yang tepat untuk menghindari penularan virus. Pasalnya, kamu tidak harus melakukan kontak fisik dengan orang lain.

Tetapi apabila kontak fisik tetap harus dilakukan, maka kamu bisa segera menggunakan handsanitizer atau mencuci tangan untuk membunuh virus-virus yang menempel.

  • Menjaga Jarak dengan Penumpang Lainnya

Menjaga jarak atau physical distancing merupakan salah satu kebijakan yang terapkan pemerintah untuk masyarakatnya, sebagai upaya untuk menghindari penularan virus Covid-19. Kamu bisa memberi jarak ketika berkomunikasi dengan orang lain setidaknya 1 meter.

Nah, dari pembahasan di atas kini kamu sudah mengetahui empat pilihan terbaik transportasi saat new normal dan panduan kesehatan yang perlu kamu lakukan selama menggunakan transportasi umum.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya juga, kalau kamu harus selalu menjaga kesehatan diri agar tidak mudah terpapar virus Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Namun, rasanya menjaga pola makan saja tidak cukup. Alangkah lebih baik, jika kamu juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Apabila, kamu belum memiliki asuransi kesehatan, jangan khawatir.

Sebab, kini kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Terlebih, sebagai perusahaan financial technology, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis