Pinjam Dana JULO Bisa Buat Renovasi Rumah Irit Biaya, Begini Caranya

3 min. membaca Oleh CekAja on

Hari Raya Idul Fitri atau lebaran menjadi momen kunjungan keluarga, teman, saudara, dan tetangga ke rumah. Tak sedikit yang kemudian berniat untuk melakukan renovasi demi membuat rumah terlihat lebih cantik, dan membuat tamu merasa nyaman saat berkunjung.

tips renovasi rumah minimalis

Namun, niat renovasi rumah kerap terganjal permasalahan biaya. Selama Ramadan dan jelang lebaran, biasanya pengeluaran membengkak sehingga apabila ada niat renovasi rumah akan dikesampingkan terlebih dahulu.

Kendati demikian, kamu tetap bisa kok renovasi rumah jelang lebaran dengan biaya yang terjangkau dan tidak membuat keuangan kamu jebol.

Renovasi rumah juga bisa dibilang sebagai investasi jangka panjang karena mau tak mau hal itu mesti dilakukan. Jelang lebaran dapat dikatakan sebagai momentum yang pas untuk itu.

Agar renovasi dapat tetap dilakukan dengan dana yang relative kecil, maka kamu perlu melakukan perencanaan yang matang. Mulai dari konsep, material, hingga proses pengerjaannya.

Jika tidak ada perencanaan yang matang maka kamu harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam untuk renovasi rumah. Berikut ini tips renovasi rumah irit biaya jelang lebaran yang bisa kamu terapkan.

1. Bikin Skala Prioritas

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum renovasi rumah irit biaya jelang lebaran adalah dengan membuat catatan skala prioritas. Catatan skala prioritas ini penting supaya kamu tahu bagian rumah mana yang memang perlu mendapat renovasi atau sekadar diberikan dekorasi sebelum lebaran.

(Baca juga: Cara Renovasi Dapur Biaya Murah Di Bawah 5 Juta)

Selain itu, catatan skala prioritas tersebut juga bisa jadi panduan kamu saat berbelanja bahan bangunan yang dibutuhkan untuk merenovasi.

Beberapa prioritas yang bisa kamu dahulukan untuk merenovasi rumah dengan biaya terbatas misalnya memperbaiki genteng rumah, rangka atap keropos, dan cat pagar serta dinding terkelupas.

2. Cat Rumah Sendiri

Dalam melakukan renovasi, cat rumah menjadi hal yang paling terlihat oleh orang lain dan juga diri sendiri. Ketika menjelang lebaran, kamu tentu ingin mendapatkan suasana baru dari rumah kamu dan cat kembali rumah adalah salah satu cara untuk menekan biaya renovasi rumah.

Agar lebih hemat, kamu bisa melakukan pengecatan dinding rumah kamu secara mandiri. Oleh sebab itu kamu perlu membeli cat yang harganya murah tapi kualitasnya tidak murahan. Dengan begitu, maka kamu akan mendapatkan hasil maksimal dari biaya yang sangat minimal.

Untuk itu kamu perlu mengerti tentang cat apa yang akan kamu gunakan. Kamu bisa mencarinya di internet atau meminta rekomendasi dari teman yang lebih paham. Keputusan memilih cat yang murah dan berkualitas baik menjadi penting terlebih dalam momen lebaran yang akan datang nanti.

3. Survei Harga Material Bangunan

Tips renovasi rumah irit biaya jelang lebaran berikutnya adalah dengan melakukan survei harga material bangunan sendiri. Dengan begitu, kamu jadi mengetahui berapa harga pasaran material bangunan yang kamu butuhkan.

Survei pun tidak hanya ke satu toko material, melainkan ke beberapa toko sehingga kamu bisa membandingkan harga material bangunan di masing-masing toko.

Semua akan lebih tertata dan terencana jika kamu lakukan sendiri. Selain itu kamu juga bisa mengontrol dana dengan cara membeli barang atau material yang memang sesuai dengan kebutuhan renovasi rumah kamu.

4. Pakai Material Bekas

Selain menggunakan bahan material baru, bahan material bekas juga bisa dipakai untuk renovasi rumah. Dengan begitu, kamu akan semakin irit biaya dan uangnya bisa kamu gunakan untuk keperluan yang lain.

Menggunakan bahan material bekas bukanlah suatu hal yang harus dihindari. Bahan material bekas biasanya dibanderol dengan harga jauh lebih murah dan juga masih bagus digunakan untuk memperbaiki beberapa kerusakan yang ada di rumah maupun sekadar mempercantik tampilan.

Selain dari toko, bahan material bangunan bekas juga bisa kamu peroleh dari tetangga kamu. Mungkin saja mereka memiliki bahan material yang tak terpakai dari renovasi sebelumnya dan kamu bisa minta untuk menggunakannya.

5. Geser Posisi Perabotan dan Tata Ulang

Dalam renovasi rumah jelang lebaran, kamu tidak perlu mengganti semuanya dengan yang baru. Agar mendapatkan renovasi rumah irit biaya kamu cukup mengubah posisi beberapa perabotan dan menatanya kembali.

(Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Renovasi Rumah)

Biasanya, setelah melakukan reposisi perabotan kamu akan mendapati ruangan semakin lowong dan terasa lebih luas. Oh iya, dengan mengubah tata letak perabotan kamu akan mendapatkan suasana rumah yang baru tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Menarik bukan?

Manfaatkan JULO

Nah, kalau kamu sudah melakukan 5 tahapan di atas, sekarang saatnya menghitung estimasi biaya yang diperlukan untuk merenovasi rumah. Kalau dana yang kamu siapkan kurang, jangan urungkan niat kamu memperbaiki tampilan rumah jelang lebaran.

Ajukan pinjaman online JULO yang sudah mengantongi izin resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

JULO merupakan layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa diajukan dengan mudah, berbunga rendah.

Kamu bisa mengajukan pinjaman sampai Rp15 juta untuk merenovasi rumah ke JULO dengan bunga 1,5 sampai 4 persen per bulan, bergantung dari hasil analisa kelayakan kredit masing-masing nasabah.

JULO juga memiliki program cashback apabila kamu membayarkan cicilan sebelum atau tepat pada waktunya.

Jadi, buruan ajukan pinjaman online JULO lewat CekAja.com yang pastinya akan memberikan kamu banyak kemudahan dan keuntungan dalam merenovasi rumah kesayangan.

 

Tentang kami

CekAja

CekAja