Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Pinjam KTA untuk lunasi tagihan kartu kredit, solusi bukan?

by JTO on 10 Juni, 2014

Halo Mbak Prita, saya Rudy. Kebetulan, saat ini saya memiliki 6 buah kartu kredit dari 4 bank berbeda. Akhir-akhir ini saya mengalami masalah pembayaran dalam kartu kredit, hingga saya harus lakukan hanya pembayaran minimum untuk semua kartu kredit saya. Sudah 5 bulan merasa hutang menumpuk dan terus berbunga, saya berencana untuk ajukan KTA demi lunasi semua hutang kartu kredit saya. Kira-kira bagaimana ya? Bagaimana pengaturan dengan penghasilan yang saya miliki?

Terimakasih

Salam,

Rudy

 

Prita menjawab;

prita-pngUntuk menyelesaikan utang kartu kredit, maka ada strategi dan komitmen yang perlu dilakukan. Pertama, Anda harus menghitung dan membuat daftar saldo utang kartu kredit yang dimiliki saat ini. Buatlah kolom yang akan mengurutkan: Saldo utang – tingkat suku bunga belanja – tingkat suku bunga tarik tunai – biaya administrasi.

Kedua, hentikan dahulu penggunaan kartu kredit sampai Anda sudah membayar lunas semua tagihannya. Coba hubungi bank penerbit dan minta permohonan stop bunga untuk tujuan pelunasan tagihan kartu kredit.

Ketiga, atur ulang anggaran bulanan Anda. Selama beberapa bulan kedepan, saya minta Anda untuk tidak membuat pengeluaran gaya hidup dahulu. Maaf ya, tapi Anda sudah menikmati di awal dengan bantuan kartu kredit J. Untuk 2 kartu kredit dengan suku bunga tertinggi, bayarlah tagihan melebihi ketentuan minimum payment. Lakukan terus hingga tagihan Anda selesai atas 6 kartu kredit yang dimiliki.

Keempat, gunakan hanya kartu kredit dengan fitur menguntungkan. Karena untuk saat ini Anda hanya perlu gunakan 1 kartu kredit saja untuk keperluan darurat. Mengingat Anda sampai terlilit utang, saya berkesimpulan Anda belum sanggup bijak untuk memiliki lebih dari 1 kartu kredit dengan limit penggunaan maksimal sejumlah 1 bulan gaji. Coba bandingkan kartu kredit dengan fitur yang paling menguntungkan untuk Anda, misalnya bebas iuran tahunan seumur hidup.

Nah, sumber dana untuk melunasi utang kartu kredit sebaiknya berasal dari saldo tabungan yang mungkin Anda miliki saat ini. Jika jumlahnya tidak cukup, maka mengambil fasilitas KTA untuk melunasi semua kartu kredit adalah salah satu opsi yang cukup bijak. Namun, jika pilihan pinjaman KTA yang diambil, maka Anda harus segera menghentikan penggunaan kartu kredit agar konsentrasi keuangan dapat ditujukan untuk cicilan pembayaran. Pinjamlah sebesar nominal saldo utang kartu kredit Anda dan usahakan cicilan pembayaran maksimal sebesar 30% dari penghasilan bulanan. Selamat mencoba. Live a Beautiful Life!

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.