Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Pinjam Uang dengan Mudah Jadi Lancar dengan Tips Ini

by lhmdi on 22 Desember, 2016

pinjaman bank - CekAja.com

Pinjam uang dengan mudah seringkali menjadi promosi yang dilakukan oleh berbagai macam bank atau lembaga keuangan untuk menarik minat banyak masyarakat. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang mengeluhkan proses pinjaman uang biasanya akan berjalan sulit.

Padahal sebenarnya, meminjam uang kini sebenarnya lebih mudah. Dahulu ketika seseorang ingin meminjam sejumlah uang ke bank, para calon debitur biasanya diwajibkan datang ke bank dengan menunjukkan bukti-bukti tertentu sebagai persyaratannya.

Nah! Agar pinjaman uang yang ingin dilakukan berjalan lancar dan mudah, sudah saatnya mengikuti tips-tips berikut ini

  1. Mengenali batas usia

Setiap layanan kredit yang ditawarkan oleh bank atau lembaga keuangan pastinya meminta syarat batas usia. Jika di bank atau lembaga keuangan secara umum batas usia yang bisa melakukan pinjaman adalah ketika berada pada usia 21 tahun.

Sementara itu batas usia paling tinggi yang dapat melakukan pinjaman adalah berada di usia 55 tahun. Namun tentunya tidak jarang pula kita menemukan layan pinjaman yang menawarkan kemudahan namun tidak terdaftar di lembaga keuangan Otoritas Jasa Keuangan menawarkan syarat batas usia yang bervariasi.

Namun, agar keamanan dan kenyamanan saat meminjam sejumlah uang dilakukan, sangat disarankan untuk memiliki batas usia yang dimulai dari 21 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia 21 tahun seseorang sedang beranjak dewasa dan mulai berpikir mereka bisa menghasilkan sesuatu dari uang yang dipinjam.

  1. Memiliki penghasilan

Bagi yang sudah pernah mengajukan pinjaman di bank atau lembaga keuangan tentunya pasti akan sangat akrab dengan pertanyaan atau persyaratan penghasilan yang dimiliki. Apalagi jika kamu ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan, persyaratannya adalah harus memiliki nilai penghasilan tertentu.

Selain itu biasanya bank juga akan menilai penghasilan dari wilayah daerahnya. Sebagai contoh, sebagian bank memiliki standar batas minimum penghasilan yang lebih rendah di luar kota seperti Jakarta.

Oleh karena itu, jika kamu ingin melakukan pinjam uang dengan mudah, jangan lupa untuk memiliki penghasilan terlebih dahulu ya. Cara ini akan membantu kamu mengontrol jumlah pendapatan yang nantinya akan dibayarkan sebagai cicilan pinjaman yang akan kamu lakukan.

  1. Bandingkan

Jumlah pinjaman antara satu bank atau lembaga keuangan pastinya berbeda-beda. Nah! Agar kamu dapat memilih pinjaman yang tepat sekarang lah waktu yang tepat untuk membandingkannya. Berbagai macam layanan keuangan online seperti CekAja.com misalnya memberikan data yang dapat dipilih oleh masyarakat untuk menentukan jumlah pinjaman yang mereka ajukan.

Selain itu terdapat pula layanan lainnya yang membuat pinjaman uang jadi lebih cepat dan mudah dengan nilai nominal yang sangat terjangkau dan persyaratan yang tidak tepat.

Jadi, sebelum meminjam uang di lakukan, jangan lupa untuk membandingkannya dengan produk-produk lainnya.

  1. Lengkapi persyaratan

Setelah membandingkan biasanya akan terdapat persyaratan persyaratan yang perlu disiapkan. Setiap bank atau lembaga keuangan pasti memiliki persyaratan yang berbeda-beda pula untuk menilai apakah kamu layak mendapatkan pinjaman.

Agar dapat dilakukan dengan baik maka jangan lupa untuk melengkapi persyaratan dengan baik. Mulai dari dokumen hingga persyaratan lainnya perlu kamu lengkapi sebelum meminjam uang.

  1. Rapi menyiapkan dokumen

Mempersiapkan dokumen sebagai alat kelengkapan juga menjadi sangat penting agar pinjaman yang kamu lakukan jadi mudah. Tentu saja cara ini tidak hanya berlaku di bank saja, namun juga di lembaga keuangan lainnya.

Jadi, sebelum datang ke bank untuk meminjam uang, jangan lupa untuk melengkapi dokumen-dokumen yang menjadi syarat seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, slip gaji, catatan tabungan dan lain-lainnya.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami