Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Pinjaman Bank Syariah Mandiri untuk Renovasi Rumah

by lhmdi on 11 March, 2016

inspirasi rumah unik_kredit rumah - CekAja.com

Ketika uang tabungan tidak lagi cukup untuk digunakan merenovasi rumah, maka mengajukan pinjaman merupakan solusinya.

Jika kamu sedang berupaya untuk merenovasi rumah dengan keterbatasan dana maka pinjaman bank syariah mandiri untuk renovasi rumah merupakan solusi yang bisa dicoba. Dana pinjaman dari bank khususnya syariah tentunya memiliki banyak manfaat yang tidak terduga.

Selain untuk menutupi biaya renovasi rumah, dana ini juga bisa digunakan untuk melengkapi kebutuhan lain jika masih tersisa. Bahkan tidak jarang pula dana yang didapatkan bisa “diputar” kembali untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan.

Khusus di bank Mandiri, sebuah pinjaman dari layanan syariah untuk renovasi rumah biasanya dikenal dengan pembiayaan Griya BSM. Secara umum, pembiayaan Griya BSM merupakan konsep pengajuan dana yang digunakan oleh nasabah untuk membiayai pembelian rumah tinggal baru atau bekas, yang sesuai dengan pembangunan pengembang dengan sistem murabahah.

Namun tidak hanya berhenti disitu, pembiaayaan ini juga dapat digunakan untuk merenovasi rumah. Seperti halnya pembiayaan Syariah, maka nasabah akan dikenakan sesuatu yang akrab disebut Akad.

Akad murabahah yang menjadi salah satu persyaratan pembiayaan pinjaman bank syariah mandiri untuk renovasi rumah ini maksudnya merupakan akad jual beli antara bank dan nasabah, dimana bank membeli barang yang dibutuhkan serta menjualnya kembali pada nasabah dengan nilai yang sesuai dengan harga pokok serta ditambah dengan keuntungan margin yang telah disepakati bersama antara nasabah dengan pihak bank.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan melalui layanan ini adalah diantaranya adalah angsuran tetap hingga jatuh tempo pembiayaan, proses permohonan yang mudah dan cepat, plafon pembiayaan hingga Rp 5 Milyar, jangka waktu pembiayaan yang cukup panjang, serta fitur autodebet dari tabungan Bank Syariah Mandiri.

Manfaat pinjaman bank syariah bank mandiri untuk renovasi rumah diantaranya adalah:

1.Membiayai keperluan seorang nasabah untuk kebutuhan tempat tinggal berupa rumah baik jenis baru dan juga bekas.

2.  Besarnya pembayarannya angsuran yang dilakukan nasabah tidak akan berubah selama masa perjanjian dengan pihak kreditur.

Sementara itu untuk persyaratan yang perlu dipersiapkan adalah kamu merupakan warga negara Indonesia yang taat hukum serta berusia minimal 21 tahun dan 55 tahun pada saat jatuh tempo pembayaran kembali.

Menyiapkan anggaran

Meskipun saat ini sedang mengajukan pinjaman bank syariah mandiri untuk renovasi rumah setidaknya kamu sudah menyiapkan prioritas utama dalam merenovasi rumah. Hal pertama yang mulai kamu susun adalah menghitung biaya perizinan.

Merenovasi rumah baik interior atau pun eksterior tentunya membutuhkan izin mendirikan bangunan atau IMB. Untuk hal ini tentunya kamu harus mengurusnya ke kantor kecamatan dengan membawa desain gambar bangunan yang baru.

Kedua, jangan lupa untuk menyiapkan biaya yang digunakan untuk menyewa jasa tukang atau orang-orang yang akan mengerjakan renovasi rumah. Jangan lupa untuk membuat perkiraan, menghitungnya sendiri.

Agar mendapatkan informasi yang akurat tentang berapa perkiraan biaya yang perlu kamu siapkan, pastikan untuk bertanya dan mencari informasi untuk mendapatkan jasanya terlebih dahulu. Kemudian, bandingkan juga antara satu jasa dengan jasa yang lainnya. Selain itu kamu juga harus menentukan apakan menggunakan jasa renovasi rumah dengan sistem borongan atau harian.

Ketiga, perhitungkan biaya material yang akan disiapkan. Hal ini sangat penting karena kamu membutuhkan waktu untuk membuat survei sendiri tentang berapa harga material, mulai dari bata, semen, cat hingga material lainnya. Membahas pinjaman renovasi rumah tanpa agunan, akan berkaitan dengan pinjaman uang untuk renovasi rumah. Meskipun, syarat pinjaman bank syariah mandiri, adalah tabel angsuran kpr mandiri syariah 2016, tabel angsuran mandiri syariah.

Jangan lupa untuk bertanya pada konsultan atau kontraktor untuk berkonsultasi serta menghitung berapa besar anggaran renovasi rumah yang kamu lakukan.  Namun, secara umum ada pentingnya kamu mempersiapkan anggaran yang lebih besar dari anggaran yang sudah ditetapkan saat akan merenovasi rumah.

Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi harga bahan bangunan dan perubahan spesifikasi yang bisa terjadi secara cepat dan tidak diperkirakan sebelumnya.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami