Pinjaman Commonwealth untuk Bangun Bisnis Jasa Rumahan

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan kerap kali dilakukan oleh para pebisnis. Hal tersebut karena pinjaman Commonwealth dapat digunakan untuk menambah modal membangun bisnis jasa rumahan.

Pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan yang banyak digunakan, yaitu KTA TymeDigital.

Yang mana, pinjaman Commonwealth satu ini selain bisa digunakan untuk bangun bisnis jasa rumahan, juga bisa digunakan untuk memenuhi biaya pendidikan, pernikahan, kesehatan, liburan, pembangunan atau renovasi rumah, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tidak heran apabila banyak pebisnis yang mengajukan pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan, maupun mencukupi kebutuhan hidup lainnya.

Sekilas Tentang Bisnis Jasa Rumahan

Untuk bisa membangun bisnis jasa rumahan, sepertinya kamu harus mengetahui hal dasarnya terlebih dahulu, seperti definisi dari bisnis jasa rumahan itu sendiri.

Sejatinya, bisnis jasa rumahan atau yang seringkali disebut sebagai usaha rumahan, merupakan bisnis dalam bentuk apapun yang memanfaatkan rumah sebagai lokasi usahanya.

Dalam arti, rumah di sini digunakan sebagai tempat produksi, marketing, pendistribusian barang dan lain sebagainya.

Sehingga, pelaku bisnis tidak perlu lagi melakukan sewa tempat untuk dijadikan lokasi bisnis. Selain itu, pebisnis pun tidak perlu pusing-pusing mencari dan membeli beberapa properti khusus untuk bisnis, karena bisa menggunakan barang-barang yang ada di rumah.

Hanya saja, jika menjalankan bisnis jasa rumahan, kamu harus siap dengan segala risiko yang dapat terjadi.

Seperti misalnya, rumah yang selalu berantakan, terkena teguran tetangga akibat aktivitas bisnis yang mengganggu warga sekitar dan lain sebagainya.

Namun semua risiko tersebut rasanya kini sudah bisa diatasi dengan baik oleh para pebisnis, melihat semakin banyaknya orang yang beralih dari pekerja kantoran ke bisnis jasa rumahan.

(Baca Juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Bank Commonwealth)

Jenis-jenis Bisnis Jasa Rumahan

Jika tertarik untuk menjalankan bisnis jasa rumahan, sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu jenis bisnis jasa rumahan apa yang fokus dijalankan.

Karena sejatinya, jenis-jenis bisnis jasa rumahan ada sangat banyak, di antaranya yaitu seperti berikut ini:

  • Bisnis jasa laundry kiloan
  • Bisnis jasa jahit pakaian
  • Bisnis jasa cuci motor (steam motor)
  • Bisnis aneka makanan berat atau camilan
  • Bisnis pulsa elektrik dan paket internet
  • Bisnis jasa foto dan video
  • Bisnis jasa rental PlayStation
  • Bisnis jasa desain grafis
  • Bisnis kedai kopi rumahan
  • Bisnis jasa service handphone dan barang elektronik lainnya
  • Bisnis jasa isi ulang air galon
  • Bisnis agen pembayaran resmi
  • Dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Rumahan

Selain mengetahui jenis-jenis bisnis jasa rumahan, kamu juga perlu tahu kelebihan dan kekurangan dari bisnis jasa rumahan itu sendiri.

Sebab, hal itu berguna untuk mengetahui apa saja yang didapat dari kelebihan dan kekurangan bisnis rumahan, untuk dijadikan bahan evaluasi agar kekurangan tersebut dapat diantisipasi atau diminimalisir.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis jasa rumahan? Berikut ulasannya.

Kelebihan

  • Tidak terikat oleh jam kerja (jam kerja fleksibel)
  • Tidak perlu lagi terjebak oleh sibuknya aktivitas pagi pegawai kantoran, seperti terjebak macet, berangkat pagi buta, berdesak-desakan di transportasi umum dan lain sebagainya
  • Mengurangi pajak penghasilan yang harus dibayarkan
  • Tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa tempat bisnis.

Kekurangan

  • Bisnis jasa rumahan kerap kali membuat diri terisolasi
  • Tak jarang menimbulkan kebisingan akibat aktivitas bisnis, sehingga harus banyak negosiasi dengan lingkungan sekitar
  • Tak jarang konsumen kesulitan menemukan lokasi bisnis.

Pinjaman Commonwealth untuk Bangun Bisnis Jasa Rumahan

Setelah mengetahui beberapa hal terkait bisnis jasa rumahan di pembahasan sebelumnya, mulai dari informasi dasar, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangannya, kamu mungkin tertarik untuk mencoba peluang bisnis jasa rumahan.

Jika benar begitu, maka kamu sudah harus mulai membuat perencanaan yang matang, serta mempersiapkan sejumlah dana, untuk dijadikan modal bisnis jasa rumahan.

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan, apabila dana yang dimiliki belum mencukupi.

Sebab, pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan yang bernama KTA TymeDigital ini, merupakan produk KTA yang diberikan kepada debitur, yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pinjaman Commonwealth ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pernikahan, membangun atau renovasi rumah, biaya kesehatan, pendidikan hingga modal dalam merintis usaha baru.

Tidak hanya itu, pinjaman Commonwealth juga memungkinkan para debiturnya untuk mengajukan pinjaman mulai dari Rp10 – Rp30 juga, dengan masa tenor selama 12 bulan dan 18 bulan.

Dengan begitu, pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan benar-benar sangat membantu dan memudahkan para pebisnis, dalam mengembangkan bisnisnya.

Dengan mengajukan pinjaman Commonwealth, kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan, di antaranya yaitu terbebas dari biaya administrasi atau provisi, yang biasanya dibebankan kepada debitur.

Syarat Pengajuan Pinjaman Commonwealth

Nah, jika kamu tertarik mengajukan pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu dan lengkapi semua persyaratan umum dan dokumen yang dibutuhkan.

Adapun beberapa persyaratan umum dan dokumen yang harus dilengkapi tersebut, di antaranya yaitu:

Syarat Umum

  • Calon peminjam atau debitur berada pada rentang usia 21-55 tahun
  • Memiliki penghasilan per bulan minimal Rp5 juta
  • Memiliki penghasilan per tahun minimal Rp90 juta
  • Bekerja sebagai pegawai tetap
  • Sudah memiliki kartu kredit sebelumnya
  • Mengajukan jumlah pinjaman minimal Rp10 juta – Rp30 juta
  • Masa tenor pinjaman minimal 12 – 18 bulan.

Syarat Dokumen

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) debitur
  • Slip gaji satu bulan terakhir atau rekening koran dua bulan terakhir.

Suku Bunga dan Biaya Pinjaman Commonwealth

Rasanya, mengetahui dan melengkapi beberapa persyaratan yang dibutuhkan saja tidak cukup. Kamu juga perlu mengetahui suku bunga yang ditetapkan, serta biaya pinjaman yang harus dibayarkan.

Untuk tahu lebih jelas apa saja suku bunga dan biaya pinjaman yang harus dibayarkan tersebut, yuk simak ulasan berikut ini!

  • Suku bunga tetap untuk masa tenor pinjaman 12 bulan, sebesar 3,44 persen
  • Suku bunga tetap untuk masa tenor pinjaman 18 bulan, sebesar 3,46 persen
  • Biaya pelunasan dipercepat, sebesar 5 persen dari sisa pokok pinjaman
  • Biaya keterlambatan pembayaran, sebesar 6 persen dari kewajiban pembayaran angsuran per bulan.

Ilustrasi Angsuran Pinjaman Commonwealth Per Bulan

Setelah mengetahui sejumlah biaya yang harus dibayarkan dan suku bunga yang ditetapkan, bagaimana? Apakah sudah terbayang berapa besar kisaran angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya?

Eits, kalau misalnya belum, jangan khawatir! Karena, kali ini CekAja.com akan memberikan ilustrasi angsuran pinjaman Commonwealth per bulan, seperti berikut ini.

Rumus menghitung biaya angsuran per bulan:

Angsuran per bulan = pinjaman + (bunga tetap per bulan x masa tenor x pinjaman) : masa tenor

Ilustrasi penghitungan biaya angsuran per bulan:

  • Jumlah fasilitas pinjaman yang disetujui, sebesar Rp20 juta
  • Masa tenor pinjaman yang disetujui, yaitu selama 12 bulan
  • Suku bunga tetap per bulan, sebesar 1,44 persen
  • Dana pinjaman dicairkan tanggal 10 setiap bulan
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran angsuran per bulan setiap tanggal 10, atau pada hari kerja sebelumnya apabila tanggal 10 hari libur.

Angsuran per bulan = [Rp20 juta + (1,44 persen x 12 x Rp20 juta)] : 12 = Rp1.955.000,-.

Jumlah angsuran per bulan tersebut, wajib dibayarkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, yaitu tanggal 10 di setiap bulannya.

Apabila pembayaran dilakukan melebihi tanggal jatuh tempo, maka debitur akan dikenakan denda keterlambatan, yaitu sebesar 6 persen dari kewajiban pembayaran angsuran setiap bulannya.

Cara Pembayaran Angsuran Pinjaman Commonwealth

Setelah mengetahui ilustrasi kisaran angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui cara pembayaran angsuran pinjaman Commonwealth.

Yang mana, cara pembayaran angsuran tersebut pada dasarnya hanya bisa dilakukan melalui fasilitas auto debet, dari rekening tabungan harian Bank Commonwealth.

Dengan demikian, kamu selaku debitur harus memiliki rekening tabungan harian Bank Commonwealth terlebih dahulu, sebelum mengajukan pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Darurat dari KTA Commonwealth)

Ajukan Pinjaman Commonwealth untuk Bangun Bisnis Jasa Rumahan Melalui CekAja.com

Beberapa informasi terkait bisnis jasa rumahan, beserta pinjaman Commonwealth sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, melihat dari jumlah pinjaman yang mungkin diberikan oleh Commonwealth, yaitu sekitar Rp10 – Rp30 juta, sangat besar bukan?

Jumlah dana tersebut bisa digunakan untuk bangun bisnis jasa rumahan, serta mengembangkannya hingga menjadi bisnis rumahan yang sangat besar.

Nah, jika kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan, kamu bisa segera mengajukannya langsung di mitra yang bekerja sama dengan bank Commonwealth, seperti CekAja.com.

Karena, CekAja.com menawarkan proses pengajuan pinjaman yang mudah, cepat dan aman, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman Commonwealth untuk bangun bisnis jasa rumahan sekarang juga, dan raih kesuksesan bisnis yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani