Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Pinjaman Dana Untuk Franchise Bagi Kamu Yang Ingin Berbisnis!

by Teti Purwanti on 17 Maret, 2020

Bisnis franchise alias waralaba memang menjadi salah satu bisnis yang digemari. Pasalnya, model bisnis ini memiliki berbagai keunggulan seperti tidak harus menyiapkan semuanya dari awal.

pinjaman dana untuk franchise

Mulai dari strategi penjualan hingga perlengkapan bahkan disediakan oleh sang induk bisnis. Namun, jangan menganggap bisnis ini adalah usaha yang dapat dilakukan dengan santai.

Untuk memulai bisnis ini, kamu juga harus tetap harus mengetahui berbagai tentang bisnis waralaba. Misalnya, kemampuan meniru yang mumpuni.

Bisnis waralaba adalah merupakan bisnis yang sangat bergantung pada duplikasi, bagaimana kamu mampu membuat sesuatu yang sangat mirip dengan produk awalnya.

Ditambah lagi, dalam bisnis waralaba merupakan bisnis yang tidak perlu improvisasi, sehingga kamu hanya perlu memastikan segalanya bisa semirip mungkin dengan model bisnis aslinya.

Padahal, dalam mempercepat pertumbuhan bisnis, dibutuhkan dua hal, dengan nilai tambah dan faktor pengali. Sayangnya, kedua hal ini tidak bisa kamu lakukan saat kamu membuka waralaba.

(Baca Juga: 7 Cara Memilih Bisnis Franchise Terbaik Bermodal Kecil)

Support system yang mumpuni juga sangat penting di dalam berbisnis terutama bisnis waralaba. Sehingga akan sangat baik, kalau pemilik induk bisnis waralaba yang kamu ambil sudah kamu kenal dengan baik.

Hal ini akan membangun ekosistem kerja dan juga support system yang baik. Kamu tidak perlu terlalu jauh juga mengenal secara pribadi mengenai pemilik waralaba, hanya saja pastikan kalau kalian memiliki tujuan yang sama dalam memajukan bisnis tersebut.

Pilih merek yang sudah terkenal memang membutuhkan dana yang lebih mahal dibandingkan dengan merek baru. Namun, merek yang sudah terkenal membuat omzet pun lebih besar, karena pengenalan terhadap merek ini sangat sulit, hal itu pula yang membuat waralaba seperti McDonalds, KFC, Pizza Hut, Starbuck bernilai sangat mahal.

Selain itu, merek yang sudah terkenal juga memastikan kalau bisnis model mereka sudah kuat, sehingga kamu sebagai pebisnis baru bisa banyak belajar.

Pastikan kalau waralaba yang kamu ambil adalah waralaba yang bisa memberikan keuntungan bagi kamu. Ingat jangan hanya melihat data yang didapat dari pemilik waralaba, lakukan perbandingan juga dengan industri sejenis.

Contoh jika ingin membeli waralaba minuman kekinian, sebaiknya membandingkan dua atau tiga bisnis sejenis.

Modal Bisnis Waralaba

Modal awal dalam bisnis sangatlah penting. Namun, modal awal tidak serta merta datang begitu saja. Ada dua jenis pendanaan yaitu pendanaan dengan uang sendiri dan pendanaan dengan uang orang lain (other people money/ OPM). OPM sendiri jenisnya ada banyak sekali, salah satunya adalah pinjaman bank.

Bank-bank di Indonesia sendiri sudah memiliki jenis kredit waralaba yang bertujuan untuk modal kerja atau investasi awal usaha waralaba.

Selain bank, banyak juga lembaga keuangan yang sudah menyediakan kredit waralaba yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu pembiayaan investasi dan pembiayaan modal kerja.

Pembiayaan yang berkaitan dengan investasi waralaba mencakup sewa tempat, persediaan awal, biaya pemasaran awal, dan komponen-komponen modal awal lainnya yang dipersyaratkan oleh merek waralaba melalui situs resminya.

Sementara itu, pembiayaan modal kerja mencakup akumulasi biaya yang keluar selama proses jalannya usaha, seperti pembelian atau penggantian aset tetap usaha, seperti mesin, bangunan, dan lain-lain, serta akumulasi gaji pegawai, biaya pemasaran dan administrasi, biaya software, dan sebagainya.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Dapat Pinjaman Waralaba

Karena jumlahnya yang kerap kali cukup besar, kredit waralaba tidak begitu mudah untuk didapatkan. Umumnya, bank atau jenis usaha sudah bekerja sama, namun untuk usaha waralaba rintisan bukan berarti tidak bisa mendapatkan pendanaan.

Usaha yang potensial dan bisa memberikan keuntungan secara jangka panjang tentu akan tetap menarik bagi berbagai lembaga keuangan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan waralaba rintisan untuk kreatif dan memiliki manajemen yang baik agar lembaga keuangan tertarik untuk memberikan kredit.

Biasanya lembaga keuangan yang akan memberikan kredit waralaba memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya melampirkan perizinan serta legalitas dari usaha.

Persyaratan ini adalah bukti asli dari dokumen beserta salinannya melalui fotokopi seperti NPWP, SIUP, SITU, surat keterangan usaha, dan tentu saja surat tanda pendaftaran usaha waralaba.

Selain itu, tentu saja melampirkan dokumen data diri, kartu tanda penduduk atau surat izin mengemudi yang asli beserta salinan dalam bentuk fotokopi.

Bagi yang sudah memiliki badan usaha, juga diwajibkan untuk melampirkan akte pendirian serta perubahan usaha. Ditambah lagi, salinan rekening koran selama tiga bulan terakhir, sebagai bukti serta tanda aktivitas usaha yang sedang kamu jalani.

Kredit Waralaba BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu bank badan usaha milik negara (BUMN) yang memiliki kredit waralaba. Keuntungan dari Kredit Waralaba BRI adalah dapat digunakan untuk usaha waralaba, baik baru, maupun untuk yang sudah berjalan sebagai pengembangan usaha.

Ditambah lagi, BRI juga menyediakan perencanaan keuangan yang memastikan keuangan bisnis berjalan lancar, dan tentu saja suku bunga bersaing dengan berbagai pihak perbankan atau lembaga keuangan lain.

Soal besaran dana, BRI bisa menyediakan dana dari mulai Rp100 juta hingga Rp50 miliar dengan tenor pinjaman yang beragam, hingga satu tahun. Adapun persyaratan mengajukan kredit ini pun sangat mudah dengan dokumen-dokumen seperti identitas diri berupa, KTP dan NPWP. Untuk legalitas usaha dibutuhkan SIUP, SITU, TDP, Akta Pendirian dan perubahannya.

Perluas Bisnis Waralaba Koinbisnis dari KoinWorks

KoinWorks juga bisa menjadi alternatif pinjaman untuk usaha waralaba kamu. Keunggulan meminjam dari KoinWorks yaitu dengan bunga rendah dan tanpa biaya tersembunyi lainnya, tidak membutuhkan agunan, proses bisa dilakukan secara online, dan tidak ada penalti jika pelunasan dilakukan lebih dini.

Koinbisnis dari Koinworks ini bisa digunakan mulai dari pembelian lisensi waralaba baru, pembelian gerai baru, renovasi gerai, hingga pembelian aset atau mesin. Dana yang disiapkan pun cukup besar, kamu bisa mengajukan kredit dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar, dengan bunga 0,75% hingga 1,67% per bulan, dengan tenor hingga 24 bulan.

Prosesnya pun bisa dikatakan berjalan cepat, dimulai dengan pendaftaran online yang hanya memakan wakut 15 menit saja. Selanjutnya bunga pinjaman akan diinformasikan dan bila disetujui akan dilakukan ke proses selanjutnya.

Jika disetujui, calon kreditur diminta untuk mengunggah dokumen legal yang dibutuhakn sesuai dengan syarat dan ketentuan pinjaman.  Kemudian ribuan lender yang terbagung di KoinWorks akan siap untuk mendanai pinjaman kamu. Setelah 100% terdanai, dana pinjaman akan dicairkan ke rekening bank yang kamu tunjuk.

Pembiayaan Investasi CIMB Niaga

CIMB Niaga juga memiliki redit yang bisa membantu mempermudah pengembangan usaha. Kredit ini dapat digunakan untuk membiayai aset baru atau bahkan refinancing atas aset yang telah dimiliki.

Fasilitas ini cocok untuk kamu yang berencana untuk melakukan rehabilitasi, modernisasi aset, perluasan usaha, relokasi tempat usaha, maupun pendirian proyek baru dimana sumber pembayaran dapat berasal dari hasil usaha dan/atau dari aset yang dibiayai, termasuk bisnis waralaba.

Keunggulan produk ini antara lain:

  • Nilai pembiayaan: Menyesuaikan nilai investasi atau aset yang dibiayai (Rupiah/ Valuta Asing).
  • Jangka waktu: Lebih dari 12 bulan.
  • Media penarikan: Customer Acknowledgement Receipt (CAR)
  • Sifat pembiayaan: On Liquidation.
  • Biaya dan tingkat pricing: Kompetitif.

Ditambah lagi, dokumen yang perlu dipersiapkan pun terbilang mudah, seperti:

  1. Surat permohonan pembiayaan
  2. NPWP
  3. Legalitas USaha, seperti Akte Pendirian dan perubahannya, ijin usaha dan TDP
  4. Data-data pengurus perusahaan, berupa KTP dan NPWP
  5. Data Keuangan berupa Laporan keuangan dan mutasi rekening
  6. Legalitas jaminan (SHM/SHGB/BPKB/ bilyetdeposito/dll)
Kredit BNI

Untuk bisnis waralaba, Bank Nasional Indonesia (BNI) memiliki beberapa jenis kredit yang sangat memungkinkan untuk usaha waralaba kamu. Pertama, Kredit Investasi, yang bisa memberikan kredit jangka menengah atau jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan investasi usaha.

Kredit ini bisa dipergunakan untuk panjang untuk pembelian barang-barang modal beserta jasa yang diperlukan untuk pendirian proyek baru, ekspansi proyek yang sudah ada, modernisasi, rehabilitasi, relokasi proyek atau refinancing atas obyek yang telah dibiayai terlebih dahulu.

Ditambah lagi, kredit ini bisa memberikan waktu kredit bisa disesuaikan dengan kemampuan usaha nasabah dengan suku bunga bersaing, serta kemudahan pencairan kredit dan transaksi lainnya.

BNI Wirausaha (BWU)

BNI Wisausaha (BWU) cocok bagi kamu yang memerlukan kredit investasi maupun kredit modal kerja yang fleksibel untuk mengembangkan usaha. Fasilitas kredit ini mulai dari Rp50 juta hingga Rp1 miliar kepada perorangan maupun badan hukum, yang meliputi seluruh sektor ekonomi yang layak dibiayai, termasuk bisnis waralaba. 

Keunggulan BNI Wirausaha (BWU) :
  •   Proses cepat dan persyaratan mudah.
  •   Jangka waktu kredit lebih panjang hingga 10 tahun.
  •   Suku bunga kompetitif.
  •   Pembayaran angsuran fleksibel.
  •   Batas kredit maksimal hingga Rp1 miliar.
  •   Dapat take over kredit dari Bank lain.

Nah sekarang sudah tahukan Lembaga keuangan mana saja yang bisa membantu kamu dalam berbisnis waralaba? Riset dulu dan pastikan pilih yang terbaik yah!

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.