Pinjaman Rp5 Juta Untuk Warga Depok dari Bank Permata

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Bagi warga Depok memiliki banyak opsi sumber pembiayaan dari perbankan karena termasuk ke dalam kawasan Jabodetabek. Berbagai produk layanan keuangan bisa dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Baik dari sisi kemudahan layanan dan juga biaya layanan yang murah.

Pinjaman Dana Mulai Rp5 Juta Untuk Warga Depok

Salah satu opsi pinjaman yang mungkin bisa diajukan oleh warga Depok untuk mendapatkan pinjaman adalah Kredit Tanpa Agunan dari Bank Permata dengan limit pinjaman mulai dari Rp5 juta. Sehingga bisa membantu untuk menyediakan dana tambahan yang kamu butuhkan.

Berikut ini berbagai penjelasan mengenai produk Kredit Tanpa Agunan dari Bank Permata:

Jenis-jenis KTA dari Bank Permata

Salah satu keutamaan yang diberikan oleh Bank Permata kepada nasabahnya adalah dengan menyediakan beberapa jenis Kredit Tanpa Agunan yang bisa dipilih sesuai dengan profil nasabahnya.

Jenis KTA pertama yang disediakan oleh Bank Permata adalah Permata KTA Speed yang bisa memberikan dana pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta. Tanpa perlu ada aset nasabah yang diagunkan untuk mendapatkan pinjaman.

KTA ini diberikan untuk nasabah individu yang bisa dipergunakan untuk berbagai kebutuhan konsumtif seperti renovasi rumah dan sebagainya. Dengan jangka waktu kredit yang relatif panjang hingga 60 bulan dengan suku bunga hingga 1,79% per bulan.

Kemudian, jenis KTA kedua adalah Permata KTA Payroll yang memiliki fitur kurang lebih sama dengan KTA Speed. Yakni limit pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta untuk nasabah individu dan tenor kredit hingga 60 bulan.

Hanya saja yang membedakan KTA ini dengan KTA Speed adalah produk ini khusus untuk nasabah yang pendapatan atau gaji bulanannya dibayarkan perusahaan melalui Bank Permata.

(Baca Juga: Genjot Usahamu Lewat Influencer. Ini 5 Kiatnya!)

Dibandingkan dengan PermataKTA Online, suku bunga PermataKTA Payroll lebih terjangkau, yaitu 1,19-1,49 persen, per bulan tergantung kepada limit pinjaman yang diajukan. Tenor yang ditawarkan juga lebih bervariasi, hingga 60 bulan alias lima tahun.

Selanjutnya, jenis KTA ketiga adalah Permata KTA Non-Payroll yang berbeda dari jenis KTA sebelumnya. Karena tenor pinjaman hanya selama 36 bulan dengan bunga 1,69% dan diperuntukkan untuk nasabah yang memiliki rekening tabungan di Bank Permata.

Bank Permata juga memiliki produk KTA untuk keperluan bisnis bernama PermataKTA Bisnis untuk para pelaku usaha dengan jumlah pinjaman lebih besar mulai dari Rp100 juta hingga Rp500 juta dan tidak perlu ada aset yang diagunkan.

Apabila kamu ingin mengajukan KTA Bisnis ini, maka persyaratan yang ditetapkan oleh Bank Permata adalah kamu harus memiliki rekening di Bank Permata dan sudah menjalankan usaha minimal selama 3 tahun dengan omset minimal Rp90 juta per bulan.

Suku bunga yang diberikan untuk pinjaman bisnis ini mulai dari 1,39% per bulan untuk pinjaman yang disetujui sebesar Rp100 juta. Sementara untuk biaya-biaya lainnya tidak berbeda dengan jenis KTA untuk keperluan konsumtif.

Kemudahan pengajuan KTA Permata

Salah satu alasan kenapa KTA dari Bank Permata layak untuk menjadi opsi pengajuan dana oleh nasabah saat membutuhkan dana mendesak adalah karena proses pengajuannya yang relatif mudah.

Sebelum mengajukan KTA, nasabah harus memastikan sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan antara lain warga negara Indonesia dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Bali, dan Makassar serta berusia 21 tahun hingga 65 tahun dengan pendapatan minimal mulai dari Rp3 juta serta sudah dianggap sebagai pegawai tetap ataupun bagi wiraswasta dan profesional sudah menjalani profesinya lebih dari 1 tahun.

Setelah persyaratan sudah terpenuhi, maka proses pengajuan bisa kamu lakukan dengan mudah secara online, tanpa perlu datang ke kantor cabang, terlebih lagi di saat situasi yang tidak memungkinkan untuk aktivitas di luar rumah akibat penyebaran wabah virus corona di Indonesia yang semakin masif.

Kamu bisa mengajukan aplikasi pinjaman melalui aplikasi PermataMobileX yang merupakan inovasi dari Bank Permata untuk memudahkan nasabah melakukan aktivitas perbankan dan transaksi secara mudah, termasuk untuk mengajukan pinjaman KTA secara online.

Melalui kemudahan ini, seluruh proses pengajuan bisa kamu lakukan secara online, termasuk juga pada proses persyaratan dokumen yang bisa diunggah melalui aplikasi ini.

Proses verifikasi juga dapat dilakukan melalui video call. Sehingga lebih aman dan efektif serta efisien secara waktu. Status pengajuan juga bisa dipantau secara real time di aplikasi yang sama.

Cara pengajuan pinjaman melalui Permata Mobile X

Pertama-tama, kamu perlu mengunduh aplikasi Permata Mobile X terlebih dahulu baik di Play Store ataupun di App Store, kemudian ikuti proses dan tahapan registrasi dengan menyiapkan nomor rekening, nomor telepon, dan alamat email yang sudah terdaftar di sistem Bank Permata.

Sebagai informasi, aplikasi Permata Mobile X menggunakan user Id, password dan OTP (one time password) yang dikirimkan melalui SMS. Sehingga aman buat digunakan bertransaksi.

Dengan menggunakan aplikasi Permata Mobile X, kamu juga bisa mengajukan KTA seperti pada proses pengajuan pinjaman online fintech.

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan antara lain:

  1. Masuk aplikasi Permata Mobile X menggunakan password atau sidik jari
  2. Pilih menu KTA, lalu klik “Ajukan Pinjaman Tunai”
  3. Pada halaman “KTA Regular”, klik “Apply Now”
  4. Layar aplikasi akan menampilkan tulisan “Kamu punya 1 produk di keranjang”, klik bagian tersebut lalu klik “Mulai pengajuan 1 produk”
  5. Selanjutnya, aplikasi Permata Mobile X akan meminta izin untuk mengakses gambar, merekam video, mengakses foto, media, dan file di handphone-mu. Artinya, melalui aplikasi Permata Mobile X, pihak Bank Permata dapat melihat semua data pribadi yang tersimpan di ponsel.
  6. Jika tak keberatan dengan hal ini, klik “Izinkan” untuk melanjutkan proses pengajuan. Tapi, jika merasa keberatan, silakan klik “Tolak” untuk membatalkan pengajuan.

Pada tahapan selanjutnya, kamu perlu mengunggah dokumen-dokumen yang dperlukan seperti KTP dan NPWP melalui aplikasi ini yang sudah menggunakan teknologi ICR (intelligent character recognition). Sehingga dapat mencatat NIK KTP, nama, dan nomor NPWP secara otomatis dan kamu tidak perlu menulis ulang kembali.

Selanjutnya, kamu bisa menentukan plafon dan tenor pinjaman yang dikehendaki. Kamu pun bisa langsung melihat cicilan bulanan yang harus dibayar nantinya.

Kemudian, kamu perlu melengkapi data yang diminta hingga selesai. Data-data yang perlu kamu isi antara lain:

  1. Tujuan penggunaan KTA
  2. Rekening Bank Permata yang digunakan untuk pencairan dana KTA
  3. Jumlah tanggungan
  4. Industri tempat kerja
  5. Jenis pekerjaan
  6. Jabatan pekerjaan
  7. Divisi pekerjaan
  8. Lama bekerja
  9. Penghasilan per bulan

Lalu, pada tahapan pengajuan terakhir, lakukan konfirmasi untuk menyelesaikan proses pengajuan. Sebagai bukti bahwa pengajuan KTA telah diterima oleh Bank Permata, kamu akan menerima kode untuk tracking status pengajuan KTA.

Setelah seluruh tahapan pengajuan melalui online sudah dilakukan, kamu bisa mendapatkan keputusan hasil kredit pada hari yang sama, tanpa perlu menunggu 7 hingga 14 hari kerja seperti pada proses pengajuan KTA secara konvensional.

Ketentuan Biaya-biaya KTA Permata Bank

KTA dari Bank Permata sama seperti KTA pada umumnya, memiliki biaya-biaya yang perlu dipahami nasabah.

Sebagaimana dijelaskan di awal terkait suku bunga untuk jenis-jenis KTA dari Bank Permata, rincian dari suku bunga tersebut antara lain:

Suku bunga 0,88% perbulan berlaku untuk pinjaman Rp200 juta hingga Rp300 juta.

Kemudian untuk pinjaman Rp125 juta hingga Rp200 juta akan dikenakan bunga 0,99% per bulan.

Kamu akan dikenakan bunga 1,29% apabila mengajukan pinjaman dana sebesar Rp50 juta hingga Rp125 juta.

Apabila pinjaman dananya Rp5 juta hingga Rp50 juta, maka akan dikenakan suku bunga 1,49% per bulan.

Estimasi biaya suku bunga tersebut berlaku untuk pinjaman KTA bagi nasabah Payroll dan nasabah PermataKTA. Sementara untuk jenis KTA lainnya biaya suku bunga yang dikenakan juga tidak jauh berbeda.

Selain suku bunga, dalam KTA Bank Permata juga ada biaya-biaya seperti biaya provisi sebesar 2% dari jumlah pinjaman serta tambahan 1% untuk pemohon yang tidak memiliki kartu kredit.

Kemudian, ada juga biaya administrasi sebesar 1% hingga 4% dari jumlah pinjaman atau minimal sebesar Rp150 ribu. Kemudian apabila kamu melunasi pinjaman lebih cepat dari kesepakatan tenor kredit, maka akan terkena biaya pinalti 7% dari sisa pinjaman ditambah dengan bunga berjalan.

Apabila kamu telat membayar cicilan kredit per bulannya, maka akan terkena denda keterlambatan sebesar 5% dari cicilan perbulan atau minimal Rp150 ribu. Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya tepat waktu untuk menghindari biaya keterlambatan tersebut.

KTA dari Bank Permata yang bisa diajukan secara online sudah ada dari sebelum pinjaman online marak berkembang. Kondisi ini yang membuat produk KTA dari Bank Permata cocok untuk diajukan oleh siapapun yang membutuhkan tambahan dana untuk keperluan mendesak, terlebih lagi untuk penduduk yang berada di wilayah Jabodetabek.

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti