PlayStation 5 Siap Rilis 2020, Apa Saja Kelebihannya?

3 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Perusahaan elektronik ternama asal Jepang yakni Sony, secara resmi mengabarkan bakal merilis PlayStation 5 atau biasa disebut PS5 pada akhir tahun 2020 mendatang.

PlayStation 5 Siap Rilis 2020, Apa Saja Kelebihannya?

Menurut sumber yang beredar, perusahaan tersebut bakal menjual PS 5 dengan harga terjangkau, sekitar US$499 atau kurang lebih Rp 6,9 juta. Rencananya Sony juga bakal mengembangkan PlayStation 5 Pro setelah pendahulunya sukses dijual yaitu PlayStation 5.

Rumor ini dibenarkan oleh Masayasu Ito selaku Vice President of Hardware Engineering and Operation Sony Entertainment. Dikutip dari hasil wawancara Game Informer, Masayasu Ito mengatakan bahwa pembaharuan dalam siklus konsol gaming kini hanya sekitar 6 hingga 7 tahun saja.

Mengingat perkembangan teknologi yang kian pesat. Sehingga pihaknya pun mau tak mau harus terus mengupgrade versi terbaru PlayStation.

Spesifikasi PlayStation 5

Berbicara mengenai spesifikasinya, pihak Sony telah membenarkan adanya perubahan pada PlayStation 5, yang mana CPU dan GPU nya menggunakan processor generasi ketiga yakni chip AMD (Advanced Micro Devices) Ryzen 8 core guna mendukung 3D Audio dan 8K Grafis yang membuat gambar terlihat lebih realistis.

Tidak hanya itu, PlayStation 5 juga sudah dilengkapi dengan teknologi haptic feedback yang lebih responsif. Sehingga pengguna bakal merasakan sensasi berbeda, terlebih saat bermain video game racing dan game first person shooter seperti Call of Duty.

Konsol teranyar ini diklaim memiliki kinerja yang lebih kuat dibandingkan dengan generasi terdahulu dari PlayStation, sebab adanya kehadiran SSD atau Solid State Drive.

Ini merupakan hardware versi canggih dari USB Flash Drive dengan kapasitas penyimpanan lebih besar yang tersusun dari serangkaian IC sebagai memori penyimpanan data.

Dengan adanya SSD pada PlayStation 5, Sony berharap pengguna konsol ini tidak lagi mengalami loading saat bermain video game.  Perubahan lainnya akan dirasakan oleh pengguna ketika bermain game yang menegangkan, sebab PlayStation 5 bakal dilengkapi teknologi adaptive trigger pada tombol RI dan R2.

Spesifikasi PlayStation 5 - PlayStation 5 Siap Rilis 2020 Apa Saja Kelebihannya

Adanya Fitur Backward Compability

Selaku produsen dari konsol ternama dunia, Sony memastikan bahwa PlayStation 5 bakal memiliki fitur terbaru yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya, yaitu backward compability.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bermain aneka video game dari PS4 sebab desain mesinnya yang masih sama. Namun fitur backward compability ini belum diketahui secara pasti apakah bisa digunakan untuk menjalankan video game yang terdapat dalam PS1, PS2, maupun PS3.

Mengenai mekanisme kerja dari fitur backward compability sendiri, pihak Sony belum memberikan informasi pasti terkait hal ini. Tetapi beredar kabar bahwa aneka game lawas bisa dimainkan pada PlayStation 5 dengan menggunakan teknik spoofing untuk memperoleh akses ID prosesor yang sesuai dengan konsol orisinil dari game tersebut.

Perbandingan PlayStation 4 dan PlayStation 5

Walaupun memiliki desain mesin yang serupa dengan PS4, namun pihak Sony memastikan bahwa generasi terbaru dari PlayStation yaitu PS5 dibekali dengan media penyimpanan SSD yang sanggup menjalankan sebuah video game dengan waktu loading yang lebih cepat ketimbang PS4.

Hal ini terbukti dari video yang diunggah oleh jurnalis Wall Street Jorunal asal Jepang, Takashi Mochizuki dalam akun Twitter miliknya yaitu @mochi_wsj. Video tersebut memperlihatkan pihak Sony yang tengah mendemonstrasikan perbandingan performa antara Playstation 4 dan Playstation 5.

Dengan menggunakan video game Spiderman sebagai percobaan, waktu loading pada PS5 hanya sekitar 0,8 detik saja ketimbang PS4 pro yang membutuhkan waktu loading 15 detik untuk menjalankan game tersebut.

(Baca Juga: Rekomendasi Game Offline Android Paling Seru Tahun 2020)

Video Game Pertama di PlayStation 5

Setelah kabar rilisnya PlayStation 5 beredar, baru-baru ini juga telah diumumkan video game pertama yang nantinya dapat dimainkan oleh pengguna konsol ini, yaitu Godfall besutan Gearbox Software dan Counterlay Games.

Video games ini termasuk dalam genre role-playing game atau RPG, dimana pengguna console ini nantinya bisa menggunakan karakter yang memiliki pedang dan senjata untuk mengalahkan musuh.

Dengan memadukan nuansa fantasi, Godfall membuat para pemainnya bisa berpetualang bersama teman sembari memgumpulkan aneka item sebagai alat untuk mengalahkan monster yang terdapat dalam games tersebut.

Selain di PS5, Gearbox selaku pihak pengembang Godfall juga mengumumkan bahwa game ini nantinya juga tersedia di PC lewat Epic Game Store selama kurang lebih 12 bulan saja terhitung dari masa peluncurannya yang bersamaan dengan PlayStation 5.

Itulah beberapa informasi penting terkait keunggulan dari PlayStation 5. Mumpung tanggal rilisnya masih sekitar akhir tahun 2020 nanti, kamu bisa nih mulai menabung dari sekarang agar kesampaian untuk menggunakan konsol teranyar dari Sony ini.

Namun, bila kamu termasuk tipe yang tidak bisa menabung, tenang saja! Kamu masih bisa menggunakan kartu kredit dari CekAja.com. Sebab ada begitu banyak jenis kartu kredit yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, apply sekarang juga melalui CekAja dan nikmati berbagai penawaran menarik.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri