Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Plus Minus Beli Motor Bekas!

by Satrya Agung on 22 Februari, 2016

motor matic - CekAja.com

Untuk daerah Jabodetabek, rasanya motor dimiliki hampir semua orang. Secara kasat mata bisa dilihat dari populasi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Coba saja perhatikan lalul lalang kendaraan di jalan raya. Mayoritas disesaki oleh kendaraan roda dua ini. Dengan dalil kepraktisannya di tengah kemacetan yang makin menggila serta lebih irit, orang-orang berusaha sekuat tenaga agar mempunyainya. Jika tidak bisa membeli yang baru maka motor bekas pun jawabannya.

Walau motor tidak termasuk produk investasi tapi minat masyarakat tetaplah tinggi. Alasan kenapa motor tidak termasuk investasi adalah, karena harga motor setiap tahunnya akan mengalami penurunan. Memang beda ceritanya jika bicara tentang motor premium yang harganya ratusan juta. Tapi pembahasan kita sekarang adalah motor yang awam digunakan masyarakat Indonesia.

Alasan keterbatasan finansial adalah faktor yang menyudutkan sesorang yang mempunyai niatan membeli motor baru dan akhirnya memilih motor bekas. Cara transaksi pun hampir sama dengan pembelian motor baru, yakni bisa dengan cash atau kredit.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Tapi ada beberapa hal yang tidak didapatkan selayaknya membeli motor baru. Dan jika kamu hendak membeli motor yang sudah bekas ini, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal yang menjadi plus minusnya.

Harga

Plusnya adalah harganya jauh lebih murah ketimbang motor baru. Motor yang masih gres dan baru dibeli dan tidak lama kemudian dijual saja akan mengalami penurunan harga hingga 30%. Tentu ini menjadi daya tarik sendiri.

Tapi minusnya ketika motor yang sudah pernah dipakai itu jika beli dengan cara kredit maka lebih mahal ketika membeli dengan cara tunai. Sedikit saran bagi kamu yang ingin membeli motor yang bekas ini adalah, cek harga pasaran motor tersebut, dan beli dengan tunai. Jika uang yah kamu puny belum cukup maka bersabarlah. (Baca juga: Strategi Beli Motor Bekas)

Kualitas

Kamu harus jeli betul dan paham dengan mesin. Karena yang namanya bekas, maka kualitasnya pun dipertanyakan. Apalagi motor yang keluaran tahun lama. Jika salah beli dan kamu pun buta akan permesinan, maka kemungkinan buntung pun bisa terjadi. Uang kamu akan terkuras hanya untuk perbaikan saja.

Untuk itu belilah yang tahun keluarannya belum terlalu lama. Maksimal 3 tahun terakahir. Jika kamu tidak paham betul dengan mesin maka carilah orang terpercaya yang paham akan hal ini, seperti montir langgananmu. Kualitas motor bekas honda, tidak sama dengan motor bekas murah Perbandingannya jutru dengan motor bekas yamaha.

Asuransi

Jangan pernah berharap mendapatkan asuransi. Terkecuali kamu membeli motor yang over kredit. Tapi tentu proses jual beli akan sangat sulit dan repot ketika membeli motor yang over kredit karena ada balik nama dari pemilik pertama ke pemilik yang baru.

Pajak

Untuk poin ini motor yang bekas akan unggul karena pajak yang ditanggungkan akan jauh lebih murah ketimbang motor baru. Karena pajak dihitung dari tahun pembuatan motor tersebut. Semakin lama tahun pembuatan motor tersebut maka pajaknya pun akan lebih murah. Bicara pajak, jual beli motor bodong, melalui kaskus jual beli motor bekas, kadang tidak jelas. Untuk motor bekas, motor bekas 3 jutaan, gampang lho dicari.

Ketersediaan

Berbeda dengan membeli motor baru yang mana kita harus menunggu beberapa lama hingga barang sampai di rumah. Bahkan ada yang harus menunggu berbulan-bulan. Sedangkan motor yang bekas, kamu bisa langsung memiliki dan membawa pulang sesaat setelah pembayaran. (Baca juga: Langkah Mudah Mengajukan Asuransi Kendaraan Baru dan Bekas)

Proses ubah nama

Dengan membeli motor baru kamu tidak akan repot mengurus balik namanya. Karena segala hal akan diurus pihak show room atau leasing jika kamu membeli dengan kredit. Yang penting semua dokumen yang dibutuhkan telah disiapkan.

Namun jika kamu membeli motor bekas maka kamu harus melakukannya sendiri. Mulai dari meminta dokumen yang diperlukan dari pihak tangan pertama dan dokumen kamu sebagai pihak kedua, maupun mengurus administrasinya secara langsung motor sepeda.

Semoga setelah membaca artikel ini kamu pun semakin paham akan plus minusnya membeli motor yang sudah bekas. Dan jika kamu hendak membeli motor secara kredit bisa langsung klik link ini.  Untuk dapatkan sepeda motor honda.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami