Pos Pengeluaran yang Bisa Dihemat dalam Kondisi Darurat

3 min. membaca Oleh CekAja on

Pandemi Corona yang belum juga usai membuat banyak perusahaan mulai mengurangi jumlah pekerjanya, atau memangkas gaji mereka. Buat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, ada baiknya kita semua mulai berhemat dari sekarang yuk.

mudik lebaran

Kalau kamu bingung harus memulai dari mana pengeluaran yang bisa dihemat di kondisi darurat seperti ini? Simak tips berikut!

1. Liburan dan hiburan

Liburan dan hiburan - Pos Pengeluaran yang Bisa Dihemat dalam Kondisi Darurat

Kamu mungkin punya tabungan khusus untuk liburan dan bersenang-senang, namun di saat seperti ini, dana untuk kedua hal tersebut digunakan untuk hal lain atau lebih baik disimpan saja. Misalnya, dana hiburan bisa dialihkan ke dana kesehatan yang lebih penting.

Kalau sudah membeli tiket liburan, ada baiknya segera lakukan pembatalan untuk mendapatkan refund. Dananya sangat mungkin bisa dialihkan untuk membeli vitamin atau kebutuhan kesehatan yang saat ini tengah meningkat. Tidak usah ragu untuk melakukan refund karena justru saat ini semua orang juga tengah melakukannya.

Selain itu, dana hiburan seperti untuk ke bioskop atau sekadar nongkrong di warung kopi juga bisa disimpan untuk kebutuhan lain.

Atau demi kesehatan jiwa kamu, boleh banget untuk mengalokasi dana hiburan ke langganan streaming film online, yang saat ini juga banyak memberikan promo. Sehingga masih tetap ada dana yang bisa disimpan untuk kebutuhan mendesak.

Adapun kebutuhan pokok tetap diutamakan, tetap penuhi kebutuhan konsumsi seperti biasanya, kemudian tentukan kebutuhan sekunder. Utamakan kebutuhan pokok seperti belanja makanan dan kebutuhan pokok lainnya. Kemudian penuhi kewajiban yang harus dibayar. Mulai dari asuransi, biaya sekolah anak, dan cicilan.

2. Transportasi

Transportasi - Pos Pengeluaran yang Bisa Dihemat dalam Kondisi Darurat

Sejak dahulu, dana transportasilah yang masih bisa sedikit digoyang dalam mengatur keuangan. Hal itu pula yang membuat banyak orang ingin tinggal dekat dengan kantornya atau setidaknya bisa menggunakan transportasi publik yang murah.

Karena saat ini tengah Work From Home (WFH) dana transportasi yang biasanya cukup besar sangat mungkin loh untuk kamu tabung.

Paling kamu hanya perlu menyisihkan untuk membeli paket internet yang lebih besar sehingga urusan video call dengan kantor tetap lancar.

Di saat seperti ini, dana yang kecil pun akan sangat berguna, oleh karena itu pastikan dana transportasi ini bisa kamu alihkan untuk dana darurat.

3. Listrik

Listrik - Pos Pengeluaran yang Bisa Dihemat dalam Kondisi Darurat

Listrik memang bagian penting dalam kehidupan kita apalagi banyak sekali alat pendukung kehidupan kita yang bergantung pada listrik sebagai sumber energinya.

(Baca juga: Penyebab Tagihan Listrik Mahal, Perlu Dipahami Agar Hemat Biaya!)

Namun, banyak orang yang tidak sadar kalau tengah menggunakan listrik secara berlebihan. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan listrik secukupnya sehingga ada dana yang bisa dihemat dan dialihkan untuk dana darurat.

4. Makan di luar

Makan di luar - Pos Pengeluaran yang Bisa Dihemat dalam Kondisi Darurat

Kalau selama ini biaya makan besar karena di kantor makan selalu di luar, maka saat di rumah, dana ini juga bisa dihemat karena di rumah bisa masak. Kalau selama ini dana Rp50 ribu hanya bisa untuk satu kali makan, dana tersebut bisa digunakan untuk biaya makan sekeluarga loh.

Tidak usah ragu untuk memasak, selain lebih hemat tentu juga lebih sehat. Apalagi sekarang kamu juga bisa berbelanja bahan makanan di rumah sehingga tidak membutuhkan ongkos untuk ke pasar.

Gunakan kartu kredit CIMB Niaga untuk membeli kebutuhan pangan sehari-hari yang bisa kamu pesan secara online. Sebab, kartu kredit CIMB Niaga menawarkan banyak sekali diskon dan promo menarik yang bisa bikin pengeluaran kamu semakin hemat.

Ajukan kartu kredit CIMB Niaga lewat CekAja.com sekarang juga! Mudah syaratnya, cepat prosesnya.

5. Jangan lupa sedekah

Jangan lupa sedekah - Pos Pengeluaran yang Bisa Dihemat dalam Kondisi Darurat

Kalau sudah tahu dana apa saja yang bisa dihemat dan ditekan, jangan lupa untuk mendisiplinkan diri. Jangan sampai dana yang sudah dihemat dari berbagai hal tersebut malah digunakan untuk sesuatu yang tidak jelas.

Tetap disiplin dalam berhemat dan jangan lupa pula alokasikan dana untuk bisa tetap beramal dan membantu orang yang kesulitan.

(Baca juga: Cara Menghemat Uang Ala Orang Jepang yang Bikin Kamu Cepat Kaya)

Begitu juga dengan investasi, pastikan tetap berinvestasi sebisa mungkin, dana ini juga kelak akan sangat berguna. Apalagi bagi kamu yang baru memulai investasi, tidak apa-apa kalau jumlahnya tidak begitu besar, namun pastikan kamu tetap konsisten dan disiplin dalam menglokasikan dana untuk hal tersebut.

Selamat mencoba dan pastikan keuangan kamu tetap aman!

Tentang kami

CekAja

CekAja