Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Post Malone jadi Raja Spotify Tahun Ini

by Miftahul Khoer on 18 Desember, 2019

Beberapa waktu lalu, fitur stories Instagram diramaikan dengan unggahan daftar putar para pengguna Spotify, sebagai aplikasi streaming musik yang paling digemari.

Bukan hanya para pengguna, Spotify juga merilis siapa saja musisi atau lagu apa saja yang paling banyak didengar orang di seluruh dunia selama satu dekade terakhir.

Post Malone - Post Malone jadi Raja Spotify Tahun Ini

Tahun ini, Post Malone berada di peringkat pertama dengan 6,5 miliar orang yang melakukan streaming untuk mendengar lantunan nada dari rapper-penyanyi, dan pencipta lagu tersebu. Post Malone menduduki daftar Spotify’s Wrapped, dan dia melakukannya hanya 12 minggu setelah merilis albumnya Hollywood’s Bleeding, yang juga merupakan album streaming kedua terbanyak di dunia pada tahun ini.

Kolaborasinya dengan Swae Lee pada lagu Sunflower yang menjadi soundtrack film Spiderman: Into the Spiderverse melengkapi tiga lagu paling banyak diputar tahun ini. Sehingga membuat artis ini berada di tiga kategori utama yaitu artis top, lagu top, dan album teratas.

Billie Eilish - Post Malone jadi Raja Spotify Tahun Ini

Artis kedua yang lagunya paling banyak diputar tahun ini adalah penyanyi-penulis lagu berusia 17 tahun, dan juga penyanyi pendatang baru yang masuk nominasi Grammy. Billie Eilish di-streaming sebanyak enam miliar orang, yang menasbihkan Eilish sebagai artis wanita pertama yang albumnya paling banyak didengar. Sementara itu, lagunya Bad Guy, menjadi lagu kedua teratas yang paling banyak didengar pada tahun ini.

Ariana Grande dan Taylor Swift - Post Malone jadi Raja Spotify Tahun Ini

Pada Februari lalu, Ariana Grande merilis albumnya berjudul Thank U, yang berada pada posisi ketiga sebagai lagu yang paling banyak diputar versi Spotify secara global pada tahun ini. Lagunya, 7 Rings juga masuk dalam lima lagu teratas yang diputar tahun ini, yang juga menobatkan Ariana sebagai penyanyi yang selama dua tahun terakhir selalu masuk dalam daftar Top 10 of Spotify’s Wrapped.

(Baca juga: Mengenal Netflix dan Spotify yang Pajaknya Tengah Dibidik Pemerintah!)

Jangan lupakan Taylor Swift, ia masuk sebagai penyanyi perempuan yang berada pada urutan ketiga paling banyak didengar tahun ini dengan albumnya Lover dengan lagu-lagu populer seperti, Me dan You Need to Calm Down.

  • Lagu paling banyak diputar

Sementara dari sisi lagu yang paling banyak diputar, ada duet fenomenal Shawn Mendes dan Camilla Cabello dengan lagu Senorita yang diputar sebanyak satu miliar orang. Sesudahnya ada Bad Guy, Sunflower, dan 7 Rings sebagai lima lagu yang paling banyak diputar.

  • Pertumbuhan Podcast

Tahun ini juga terjadi pertumbuhan yang besar dari pendengar podcast di Spotify. Sekarang ada lebih dari 500.000 judul podcast tersedia, dan pendengar podcast juga telah tumbuh lebih dari 50% sejak awal tahun. Waktu dengar podcast juga meningkat hingga 39% dari kuartal ke kuartal.

Podcast yang paling banyak didengar adalah The Joe Budden Podcast with Rory and Mal, diikuti My Favorite Murder with Karen Kilgariff and Georgia Hardstark dan Germany’s Gemischtes Hack. Secara genre, 2019 banyak orang paling suka dengan genre komedi yang bisa membuat orang tertawa dan juga didengar secara universal.

  • Saingan Spotify

Karena banyaknya pengguna streaming musik, perusahaan teknlogi juga tidak berhenti mengembangkan produk serupa. Perusahan teknologi yang mengembangkan TikTok, ByteDance tengah menguji coba aplikasi pemutar musik, Resso. Aplikasi ini konon akan menjadi pesaing kuat Spotify dan juga Apple Music.

Resso telah diinstal 27 ribu kali di iOS dan Android. Ada beberapa fitur yang membedakan Resso dengan Spotify maupun Apple Music yaitu lirik yang muncul di layar pengguna saat musik dimainkan dan pengguna dapat mengunggah komentar atas lagu pilihan mereka. Selain itu, pengguna bisa memasukkan data dengan format jpeg dan gif untuk memberikan background musik yang mereka suka, dan fitur ini disebut Vibes.

Orang-orang dapat menyukai Vibes yang diunggah pengguna dan Vibes yang populer menjadi tampilan background default lagu tersebut.

Resso sudah diujicobakan di India dan Indonesia. India merupakan pasar utama TikTok, dengan 31 persen pengunduh TikTok berasal dari negeri Bollywood ini.

(Baca juga: Tips Cara Menghemat Kuota Internet Agar tidak Cepat Habis)

Aplikasi video pendek TikTok telah menjadi ancaman utama bagi perusahaan media sosial Amerika Serikat (AS), terutama Facebook. Sekarang Spotify dan Apple Music patut khawatir dengan kehadiran aplikasi terbaru pemutar musik ini.

Untuk mempermudah kamu mendengarkan lagu-lagu favorit di Spotify, Apple Music, Youtube Music atau Resso tanpa gangguan iklan, coba berlangganan fitur premium mereka. Manfaatkan diskon dan promo menarik dari berbagai kartu kredit sebagai alat pembayarannya.

Pilih dan ajukan kartu kredit dari bank-bank terbaik di Indonesia secara mudah dan cepat, hanya melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.