Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Produk Kesehatan dan Kecantikan Kelas Dunia yang Ramah Lingkungan

by Ariesta on 29 November, 2016

Kesadaran untuk menjaga kelestarian alam semakin tinggi di tengah masyarakat. Salah satu alasannya adalah karena dampak pemanasan global bisa langsung dirasakan. Seperti cuaca yang mudah berubah-ubah tidak sesuai dengan musim, suhu bumi yang semakin panas, mencairnya es di kutub selatan, dan hewan-hewan langka yang semakin punah.

Karena alasan ini, berbagai merek komersial kini berkomitmen untuk melestarikan alam. Di antaranya dari pemilihan bahan, proses produksi, pembuangan limbah, semuanya dipastikan aman dan tidak merusak lingkungan. Merek-merek apa saja yang punya komitmen pada alam? Berikut di antaranya.

The Body Shop

The Body Shop merupakan salah satu merek yang sudah terkenal akan komitmennya terhadap kelestarian bumi. Semua produk yang dihasilkan The Body Shop menggunakan bahan-bahan alami yang proses produksinya rama lingkungan. Selain itu salah satu usaha The Body Shop untuk memberdayakan planet bumi adalah dengan menjadi green brand dan menentang animal testing.

Enrich Not Exploit It’s In Our Hands yang jadi motto The Body Shop direalisasikan dalam tiga pilar. Yakni Enrich Our Planet, Enrich Our People dan Enrich Our Products. The Body Shop juga peduli dengan kesejahteraan petani dengan membeli hasil pertanian untuk bahan baku produk mereka dengan harga layak. Karyawan di The Body Shop juga diwajibkan untuk menjadi relawan minimal sekali dalam setahun.

Beberapa program yang sudah direalisasikan oleh The Body Shop Indonesia antara lain berdonasi dalam pemberdayaan ekonomi buruh migran di Kabupaten Wonogiri, mendukung The Wahid Institute dalam program kemandirian ekonomi dan penguatan peran perempuan dalam keluarga, fasilitas perpustakaan keliling untuk anak-anak di Halmahera Utara, mengampanyekan isu-isu hak asasi manusia, bantuan untuk darurat asap 2015, serta penyediaan air bersih dan sanitasi. (Baca juga: Mau Karier Kamu Mengkilap di Tahun 2017? Ini Resolusi yang Harus Dibuat)

Serambi Botani

Ingin bisa menikmati produk kecantikan berbahan alami, bahan makanan sehat hasil dari produk pertanian Indonesia, jamu-jamuan serta minuman sehat lainnya? Serambi Botani menyediakan semua yang kamu butuhkan. Merek yang berada di bawah payung PT Basic Land Science and Technology (BLST) ini memiliki enam klasifikasi produk, di antaranya personal care, healthy food, healthy drink serta herbal and medicine.

Semua produk-produk Serambi Botani alami, higienis, dan bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Untuk menjaga kualitas, semua produk diperiksa secara berkala di laboratorium dan juga konsultasi dengan para ahli dan dosen Institut Pertanian Bogor

Serambi Botani menjadi wujud nyata dalam memberikan sumbangsih dan manfaat positif yang nyata bagi para peneliti Indonesia, pemilik dan karyawan UKM, petani dan masyarakat luas. Selain di Bogor, gerai Serambi juga tersebar di berbagai mal di Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, Pekanbarau, Palembang, dan Surabaya.

L’Oreal

Merek satu ini pasti sudah tidak asing lagi, terutama untuk wanita. Ternyata, merek kosmetik dan produk kecantikan ini punya rencana besar, yakni pada tahun 2020 nanti, 100 persen produk dari L’Oreal Indonesia memiliki manfaat bagi lingkungan maupun sosial.

Salah satu hal yang diupayakan oleh L’Oreal Indonesia untuk mewujudkan rencana besar tersebut adalah dengan mengurangi emisi limbah pabrik, pengurangan konsumsi air, dan emisi CO2. Pabrik L’Oreal Indonesia di kawasan Jababeka. Cikarang, telah menganut konsep “go green“. Pabrik tersebut didesain dengan jendela-jendela besar sehingga menghemat listrik untuk pencahayaan. Penggunaan kembali kardus bekas, penggantian bahan lebih ramah lingkungan, serta penghematan air, juga dilakukan di pabrik ini.

L’Oreal Indonesia memiliki program pengeringan limbah cair, dengan menggunakan teknologi robot canggih asal Jerman yang dapat mengeringkan ampas limbah bercampur air dalam rumah kaca. Komitmen mengurangi limbah ini diupayakan dengan mengurangi limbah kardus menjadi 10-20 ton sebulan, yang sebelumnya mencapai 30-50 ton per bulan dan mengurangi penggunaan air pada proses pencucian.

Akhir tahun 2015, pihak L’Oreal Indonesia juga berkomitmen untuk tak membuang sampah apapun ke atas tanah. Hal ini akan dilakukan dengan pemanfaatan kembali sampah dengan teknologi pembuatan kompos. Selain itu kantor L’Oreal Indonesia yang berada di DBS Tower Jakarta juga mendapatkan predikat Green Office. 

The Bath Box

Mendengar namanya, kamu pasti menyangka produk ini merek luar? Kenyataannya The Bath Box merupakan produk perawatan wajah dan tubuh asli Indonesia. Sudah banyak beauty blogger maupun beauty vlogger yang memuji produk The Bath Box. Produk-produk The Bath Box bebas paraben, mineral oil, dan bahan kimia yang berbahaya untuk kulit.

Bahan-bahan produksi berasal dari petani lokal. Karena menggunakan bahan-bahan alami dan ada yang tanpa pengawet, produk The Bath Box memiliki waktu kadaluarsa yang pendek. (Baca juga: Jawab Pertanyaan Ini Jika Kamu Tidak Ingin Jatuh Miskin di Tahun 2017)

Honest

Para ibu yang memiliki bayi biasanya khawatir kalau produk-produk untuk si buah hati ternyata tidak aman untuk kesehatannya. Begitu juga dengan Jessica Alba. Awalnya aktris Hollywood ini menginginkan produk ramah lingkungan tidak mengandung bahan kimia untuk bayinya sendiri, namun ia sulit menemukannya di pasaran.

Akhirnya Alba bersama rekannya membuat produk sendiri mulai dari untuk berbagai kebutuhan bayi. Mulai dari pampers dengan bahan-bahan yang aman, detergen dengan bahan lembut, baju-baju bayi hingga botol susu. Siapa sangka bisnisnya ini disambut meriah oleh para ibu-ibu di seluruh dunia dan menjadikan Alba sebagai entrepreneur sukses.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja dan cashback hingga jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis