8 Produser Musik Indonesia Terbaik yang Karyanya Selalu Meledak, Siapa Saja?

7 min membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Siapa sangka, kalau ternyata industri musik Indonesia menyimpan banyak sekali produser musik Indonesia terbaik. Yang mana, masing-masing dari produser musik ini, memiliki ciri khas dalam membuat maupun mengaransemen lagu.

Meski beberapa produser musik namanya tidak terlalu populer layaknya produser musik luar negeri, namun kemampuan dari para produser musik tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Sebab, semua karya yang dihasilkan produser musik Indonesia, hampir semuanya disukai banyak masyarakat.

Terlebih jika diadu dengan kualitas musik luar negeri, maka musik dan lagu karya anak bangsa pun tidak kalah keren dan earcatching.

Jika kamu penasaran, siapa “pelaku” dibalik musik dan lagu-lagu keren anak bangsa, pada artikel kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa daftar produser musik Indonesia terbaik, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang Produser Musik

Sebelum membahas lebih jauh tentang daftar produser musik Indonesia, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu definisi dan informasi dasar mengenai produser musik.

Jadi, produser musik merupakan sebutan untuk seseorang atau mereka yang terjun ke industri musik, dan memiliki tugas untuk mengatur serta mengawasi proses produksi, dan juga rekaman seorang artis musik.

Dalam hal ini, peran produser musik sangat penting. Hal tersebut karena, seorang produser musik memiliki tanggung jawab untuk membesarkan penyanyi yang berada dibawah naungannya, agar selalu melahirkan lagu-lagu terbaik.

Dan tidak hanya itu, seorang produser musik juga dituntut untuk selalu berpikir kreatif serta matang, khususnya dalam mengumpulkan ide-ide yang nantinya akan dieksekusi menjadi sebuah proyek baru.

Semua hal di atas merupakan sepercik cuplikan dari job desk seorang produser. Karena selain itu, masih banyak tugas dan tanggung jawab produser lainnya, yang perlu kamu ketahui.

Namun satu yang pasti, seorang musisi ada kalanya bisa mengambil peran seorang produser rekaman.

Begitu juga sebaliknya, seorang produser pun bisa ikut andil dan mengambil peran dalam pembuatan lagu artisnya.

(Baca Juga: Musisi Muda Indonesia yang Sedang Naik Daun)

Pekerjaan Produser Musik

Berbicara tentang pekerjaan produser musik, sedikit banyak kamu mungkin sudah tahu bayangan dari pekerjaan produser musik.

Yang mana, seorang produser memiliki tugas utama, yaitu mengatur dan mengawasi jalannya proses produksi serta rekaman artis.

Namun disamping itu, masih banyak pekerjaan produser musik lainnya yang perlu kamu ketahui, di antaranya yaitu:

  • Memilih penyanyi yang tepat untuk memasarkan lagu, agar diterima oleh masyarakat dan para penikmat musik
  • Membesarkan nama penyanyi dan menghadirkan lagu-lagu terbaik yang populer
  • Harus berpikir matang dalam mengumpulkan ide-ide musik ke depannya yang akan dieksekusi
  • Secara langsung terlibat dalam pencarian bakat untuk menemukan artis, selebriti, penyanyi, penulis lirik lagu, komposer, menentukan arah musik, melatih artis dan juga musisi di studio, mengendalikan proses rekaman, mengawasi proses mixing dan mastering, dan lain sebagainya.

8 Daftar Produser Musik Indonesia

Setelah mengetahui informasi dasar seputar produser musik, serta tugas dari seorang produser musik, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui sejumlah daftar produser musik Indonesia, yang telah menghadirkan banyak karya terbaik.

Seperti yang diketahui, produser musik Indonesia sangat banyak. Dan hampir sebagian produser musik tersebut, adalah produser musik profesional dan berkualitas.

Namun, untuk memudahkanmu mengetahui daftar produser musik Indonesia terbaik, di bawah ini CekAja.com telah merangkum delapan di antaranya, yang akan diulas lengkap sebagai berikut.

1. Melly Goeslaw dan Anto Hoed

Produser musik Indonesia pertama, yaitu Melly Goeslaw dan Anto Hoed. Coba, siapa di antara kamu yang tidak tahu kedua nama musisi tersebut? Sepertinya tidak ada.

Pasalnya, pasangan suami istri ini sudah sangat dikenal sebagai hitsmaker, khususnya dalam bidang pembuatan soundtrack film.

Kamu mungkin sudah tahu apa saja film-film besar dan populer, yang soundtracknya merupakan hasil karya Melly Goeslaw dan Anto Hoed, seperti misalnya film Ada Apa dengan Cinta? dan Ayat-Ayat Cinta.

Semua karya dari Melly Goeslaw dan Anto Hoed ini memiliki lantunan yang sangat merdu, dan sesuai dengan kebutuhan film.

Sehingga, wajar saja apabila sebagian besar karya pasangan suami istri ini, berhasil mendapat berbagai macam penghargaan.

2. Yovie Widianto

Berikutnya ada Yovie Widianto, yang juga menjadi produser musik Indonesia terbaik.

Bagaimana tidak, pasalnya hampir semua lagu keluaran Yovie Widianto, sangat melekat di hati dan telinga para penikmat musik.

Yovie sendiri tidak hanya menjadi pendiri Yovie & Nuno saja, tetapi juga menukangi lagu-lagu Kahitna, Tulus bahkan Glenn Fredly.

Semua lagu ciptaan Yovie Widianto, dikenal sangat berkarakter. Sebab, semua lagunya memiliki nada dan lirik yang mudah diingat, namun tetap terasa harmonis saat dilantunkan.

Maka dari itu, tidak heran apabila Yovie Widianto diberi julukan sang maestro musik pop Tanah Air.

3. Laleilmanino

Setelah mengetahui dua produser musik Indonesia di atas, kali ini kamu akan berkenalan dengan Laleilmanino.

Buat kamu yang belum tahu, ini sebenarnya merupakan grup produser gabungan dari tiga musisi, yang semuanya memiliki andil dalam grup musiknya masing-masing sebagai pencipta lagu.

Dan ketika bergabung menjadi satu, maka Laleilmanino ini menjadi kekuatan baru, yang bisa dibilang mendominasi di industri musik.

Hal itu terbukti dari lahirnya beberapa lagu produksi Laleilmanino dengan para penyanyi, seperti Bunga Citra Lestari (BCL), HiVi, Marion Jola, hingga Armand Maulana.

Meski berasal dari grup yang berbeda, yaitu Lale dan Ilman dari Maliq and D’Essentials, serta Nino dari RAN, namun mereka berhasil menggabungkan masing-masing “keunikan”-nya, dan menyajikan karya bersentuhan modern, yang sejalan dengan penikmat musik saat ini.

4. Ahmad Dhani

Di urutan keempat ada Ahmad Dhani. Sebagai pentolan band Dewa 19 dan bos Republik Cinta Management, Ahmad Dhani dikenal sebagai musisi yang jenius.

Hal tersebut karena, semua lagu ciptaannya berkualitas tinggi, mulai dari lirik, aransemen lagu dan lain sebagainya.

Dan selama masa kejayaannya, Ahmad Dhani berhasil mengorbitkan banyak penyanyi baru yang sempat populer di zamannya, seperti Dewi Dewi, The Virgin dan TRIAD.

5. Kevin Aprilio

Kemampuan Kevin Aprilio sebagai produser musik Indonesia, tentu tak lepas dari bakat orang tuanya yang juga sukses di dunia musik, yaitu Addie M.S.

Jika melihat rekam jejaknya, Kevin Aprilio dulunya sempat membentuk sebuah band dan beberapa grup musik.

Untuk band sendiri, Kevin Aprilio pernah membentuk Vierratale. Sementara untuk grup musik, Kevin Aprilio sempat membentuk girlband Princess dan Kevin and The Red Rose.

6. Petra Sihombing

Walaupun lebih dikenal sebagai penyanyi solo, namun Petra Sihombing ternyata juga menjadi salah satu produser musik Indonesia yang sukses.

Selama berperan sebagai produser musik, Petra sudah beberapa kali bekerja sama dengan sejumlah musisi, di antaranya yaitu Kunto Aji, Tulus, dan Nadin Amizah.

Dari kolaborasinya tersebut, Petra telah berhasil mengeluarkan sejumlah lagu populer. Hal itu tentu saja tidak lepas dari sentuhan aransemennya, yang mampu mengimbangi potensi setiap penyanyi.

Terlebih, sentuhan aransemen Petra Sihombing juga sangat khas, karena mengeksplorasi bunyi-bunyian vintage pada setiap lagunya.

7. Maia Estianty

Tak jauh berbeda dari mantan suaminya, yaitu Ahmad Dhani, Maia Estianty nyatanya juga masuk ke dalam daftar produser musik Indonesia terbaik versi CekAja.com.

Diam-diam, Maia diketahui memiliki bakat musik yang luar biasa. Nah, bakat tersebut akhirnya mulai terlihat, ketika duo Ratu muncul ke permukaan industri musik.

Duo Ratu sendiri merupakan grup yang ditangani Maia Estianty bersama mantan suaminya, yaitu Ahmad Dhani.

Tetapi semenjak berpisah, Maia pun membentuk label sendiri dengan sejumlah artis ternama yang bekerja sama, di antaranya ada Pasto, Sarwendah dan Rina Nose.

8. Eross Candra

Produser musik Indonesia yang terakhir, yaitu Eross Candra. Selain menjadi gitaris Sheila On 7, Eross juga dikenal sebagai salah satu musisi dan gitaris terbaik di Indonesia.

Hal itu dibuktikannya, melalui sejumlah proyek musik yang digarap bersama musisi lainnya.

Salah satu proyek tersebut, yaitu Eross menjadi produser dan mentor dari grup The Finest Tree asal Yogyakarta.

Grup musik tersebut, mungkin memang kurang terkenal di Ibu Kota. Namun di Yogyakarta sendiri, grup The Finest Tree sangat populer, khususnya dikalangan remaja

(Baca Juga: Pendapatan Musisi dari Aplikasi Musik)

Nah, itulah beberapa informasi seputar produser musik, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Ya, kamu sudah tahu mulai dari definisi produser musik, daftar pekerjaannya, hingga sejumlah produser musik Indonesia terbaik.

Untuk produser musiknya sendiri, kamu mungkin menemukan satu nama, yang ternyata anggota dari grup musik atau band favoritmu.

Kamu mungkin akan langsung tertarik, dan ingin mendengarkan semua karya musiknya dengan puas.

Kalau begitu, maka pastikan kamu mendengarnya di platform musik digital, seperti Spotify, Apple Music, maupun YouTube Music.

Agar aktivitas mendengarkan musikmu tidak terganggu iklan, maka tidak ada salahnya jika kamu berlangganan.

Tentu, untuk bisa berlangganan kamu perlu membayar sejumlah uang. Namun agar lebih praktis dan hemat, kamu bisa membayarnya menggunakan kartu kredit.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya.

Sehingga, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, namun ingin mendapatkan sejumlah promo tersebut, maka sebaiknya segera ajukan pembuatan kartu kredit melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit dari sejumlah bank ternama, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan segudang promo menariknya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani