Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Promo Harbolnas Bejibun, Simak Tips Belanja yang Aman

by Sindhi Aderianti on 11 November, 2019

Harbolnas 11.11 diserbu banyak penggila belanja. Di Hari Belanja Nasional ini, seluruh e-commerce di Indonesia berlomba-lomba memberikan promo dan diskon terbaik untuk menarik para customer.

tips belanja online _ kartu kredit - CekAja.com

Sejarah hari belanja online nasional bermula sejak 5 tahun yang lalu, yakni 12 Desember 2012 (12.12.12) melalui inisiatif dari beberapa platform e-commerce, antara lain Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.

Jumlah peserta e-commerce yang ikut berpartisipasi dalam Harbolnas terus meningkat setiap tahun. Misalnya pada 2014 diikuti 78 e-commerce, 2015 sebanyak 140 e-commerce, 2016 mencapai 200 e-commerce, 2017 menembus 254 e-commerce, dan 2018 meningkat jadi 300. Tahun ini selain e-commerce, aplikasi dompet digital seperti DANA pun turut memanjakan pelanggan dengan segudang promo Harbolnas.

Harbolnas Punya Tujuan Ini

Pesta belanja online ini hadir bukan tanpa perhitungan dan alasan. Harbolnas didukung pula oleh tingginya daya beli online masyarakat Indonesia. Terbukti, Bank Indonesia mencatat bahwa nilai transasksi e-commerce sepanjang tahun lalu mencapai Rp77,766 triliun. Hal ini menunjukkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat belanja online tertinggi dibandingkan negara-negara lainnya di wilayah Asia Tenggara.

Di samping memberi banyak keuntungan dalam berbelanja, Harbolnas ternyata juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online yang aman dan nyaman. Sejak itu, harbolnas rutin dilakukan setiap tahunnya, bahkan ditambah dengan hadirnya tanggal lain termasuk 11 November hari ini.

(Baca juga: Ragam E-Wallet yang Asik Buat Belanja, Terbaru ada Samsung Pay!)
E-commerce Terlaris di Harbolnas                                                

Dari sekian banyak e-commerce yang terlibat memeriahkan Harbolnas, ada beberapa  yang paling banyak dicari pembeli. Sebagian besar dari mereka merupakan toko online kelas kakap dengan kucuran modal seabrek dari investor maupun perusahaan induk.

E-commerce yang paling banyak dicari tersebut antara lain Lazada yang diketahui telah menerima suntikan dana dari Alibaba sekitar Rp54 triliun pada tahun 2018 lalu. Ada juga Tokopedia, marketplace bernuansa hijau milik William Tanuwijaya dengan nilai valuasinya yang sudah menembus angka Rp101 triliun.

Selain dua e-commerce tadi, Shopee pun tak kalah menarik minat beli konsumen.  ­Toko online yang baru saja menggadang Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador mereka ini telah menerima kucuran modal dari perusahaan induk senilai USD575 juta.  Ragam promosi yang mereka usung pun sangat kreatif, salah satunya fitur shake untuk mengumpulkan koin belanja.

Jenis Promo Harbolnas Ter-Bikin Untung

Pada dasarnya, setiap e-commerce menawarkan jenis promo yang hampir sama. Sebutlah  diskon, cashback, atau potongan ongkir. Hanya saja, besaran diskonnya itu berbeda-beda. Mana yang tidak pelit memberi promo, sudah pasti akan diserbu banyak pembeli. Sebisa mungkin, incar promo di bawah ini. Untungnya paling berasa!

1. Promo Rp11

Mengambil tanggal cantik 11 November, sejumlah e-commerce dan aplikasi dompet terbilang cukup berani memberikan promo Rp11 ini. Promo #Puas11Rupiah dari DANA misalnya, pelanggan bisa menikmati kuliner favorit hingga tiket nonton, dengan harga Rp11 saja. Ditambah peluang undian yang hadiahnya mulai dari smartphone, earbuds, bluetooth speaker, airpods, dan lain-lain. Tapi, cek lagi merchant-merchant yang bekerja sama dengan pihak penyelenggara promo tersebut ya.

2. Flash sale

Dalam promo flash sale, umumnya pihak e-commerce selalu memberikan gimmick barang mewah seperti gadget. Pembeli bisa mendapatkan item tersebut dengan harga murah, tapi memang harus rebut-rebutan sampai ke tahap check out dan membayarnya. Kecepatan jari serta faktor luck adalah kuncinya. Tahun lalu, Bukalapak sempat membuat flash sale rumah dengan sistem bidding. Pelanggan bisa memasukkan harga sesuai budget layaknya dalam proses lelang. Meski begitu, pemenang ditentukan melalui proses undian, bukan dari tawaran harga tertinggi.

3. Pilih promo

Beberapa e-commerce juga menawarkan beragam promo yang bisa dipilih sesuka hati. Di Shopee 11.11 Big Sale contohnya, ada promo Pasti Diskon 50%, Gratis Ongkir Min. Belanja Rp 0 di Semua Toko, Cashback 111%, dan 6x Flash Sale Kilat Rp 99. Tanpa minimum pembelanjaan, bahkan beberapa voucher bisa digunakan sekaligus. Untuk mendapatkan promo besar-besaran ini, biasanya harus mengklaim voucher-nya terlebih dulu melalui aplikasi marketplace tersebut.

(Baca juga: 7 Tips Belanja Hemat Bulanan Bagi Karyawan Kantor)
Cara Aman Belanja di Harbolnas

Jika kamu termasuk orang yang menantikan beragam promo Harbolnas, cek harga sebelum diskon terlebih dulu. Jangan langsung tergiur harga yang dicoret jadi lebih murah. Bisa saja pihak e-commerce sengaja menaikkan harga barang tersebut, lalu tinggal diberi diskon agar terkesan murah. Padahal kalau dihitung kembali, memang harga pasarannya segitu. Jadi, pastikan harga barang yang diskon tersebut memang benar-benar diturunkan. Kamu bisa mengeceknya di internet, website resmi penyedia, atau secara offline di toko-toko yang menyediakan barang pilihanmu.

Selanjutnya, cek reputasi toko. Meski telah memiliki sistem keamanan yang dapat menghindari konsumen dari penipuan, kamu tetap perlu memperhatikan rating dan ulasannya baik-baik. Ulasan yang jujur dari pembeli serta tinggi rendahnya rating pada toko tersebut, otomatis akan membantu kamu membuat keputusan untuk jadi membeli barang tersebut atau tidak. Hindari toko yang sudah lama tidak aktif, karena akan sedikit diragukan keberadaannya sekarang.

Semua hal yang dibahas ini, berlaku juga saat Harbolnas 12.12 bulan depan. Perhatikan seperti apa promonya, lalu ambil yang paling menguntungkan. Mau belanja tanpa ribet? Kartu kredit bisa menjadi solusi. Apply kartu kredit lebih mudah dan cepat hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.