Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Proses Pendaftaran CPNS Bakal Lebih Mudah, Cek di Sini!

by Giras Pasopati on 31 Agustus, 2018

Kabar gembira bagi Anda yang ingin mendaftar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pada tahun ini pemerintah serius mempermudah proses pendaftaran dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin menyampaikan imbauan kepada seluruh Instansi Pusat maupun Daerah untuk mengelola dengan baik pelaksanaan seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018.

Syafruddin juga menambahkan jika pelaksanaan seleksi harus memudahkan masyarakat salah satunya dengan mempermudah jangkauan lokasi tes.

“Dari pengumuman hingga tahap akhir harus dikelola dan ditata dengan baik karena berkaitan dengan kepentingan masyarakat Indonesia,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

(Baja juga: Hore! Pendaftaran CPNS 2018 akan Dibuka Agustus Ini)

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana menyampaikan bahwa BKN akan mematangkan koordinasi dengan instansi terkait guna memudahkan masyarakat melakukan pendaftaran seleksi CPNS.

Salah satu langkah yang dilakukan, menurut Bima, yakni berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk meminimalisasi kesulitan peserta dalam penginputan Nomor Induk Kependudukan.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan yang ditemui seusai acara menjelaskan lebih lanjut bahwa sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, tahapan yang harus ada dalam rekrutmen CPNS adalah (1) perencanaan, (2) pengumuman lowongan selama minimal 15 hari kalender, (3) pelamaran (melalui sscn.bkm.go.id), (4) seleksi (administrasi, kompetensi dasar, kompetensi bidang), dan (5) pengumuman hasil seleksi.

(Baca juga: Ini Berbagai Kemudahan Pendaftaran CPNS 2018)

Situs pendaftaran SSCN lebih user friendly

Selain terpusat, pendaftaran di situs sscn.bkn.go.id tersebut juga lebih user friendly atau bisa dikatakan mudah digunakan. Artinya, semua informasi dan pendaftaran CPNS akan terpampang pada halaman depan. Sehingga Anda tidak perlu ribet mencari kanal pendaftarannya.

“Perlu kami sampaikan bahwa Portal SSCN kini telah diperbaiki menjadi lebih user friendly berkat adanya self guided mechanism yang akan meminimalisasikan kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan,” kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan.

(Baca juga: Waspada! Banyak Situs Hoax Penerimaan CPNS 2018)

Informasi tentang CPNS diberikan secara real time

Tidak hanya mudah digunakan, Dalam situs tersebut calon pendaftar akan mendapatkan informasi sesuai dengan ketersediaan atau secara real time. Informasi yang didapatkan yakni tentang jumlah pendaftar dan ketersediaan formasi di kementerian dan lembaga tertentu.

Dengan begini, Anda sebagai calon pendaftar tidak lagi bingung berapa jumlah ketersediaan formasi CPNS yang ada. Selain itu, calon pendaftar juga mendapatkan gambaran pesaing jumlah pendaftar saat mengikuti CPNS.

(Baca juga: Ini Tahapan Pendaftaran CPNS 2018)

Lokasi seleksi kurang lebih tersebar di 134 titik

BKN juga telah menetapkan beberapa lokasi yang akan menjadi seleksi kompetensi dasar para calon pendaftar. Setidaknya, kurang lebih ada 134 titik yang akan dijadikan tempat seleksi kompetensi dasar. Meski bergitu, jumlah tersebut masih tentatif dalam arti bisa berubah mengikuti kebutuhan perkembangan yang ada.

Namun perlu Anda ketahui, pelaksanaan seleksi juga menggunakan satu sistem yaitu dengan Computer Assissted Test (CAT-BKN). CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Sistem ini dipercaya untuk mempermudah dan mempercepat jalannya seleksi. Karena, calon pendaftar tak perlu lagi melingkari lembar jawaban dalam seleksi ilmu pengetahuan. Selain itu, dengan CAT-BKN akan meningkat kepercayaan publik karena objektivitas dan transparansi. Karena, hasilnya juga ditentukan dari sistem tersebut.

Tentang Penulis

Penulis dan mantan jurnalis. Penikmat sate kambing, musik punk dan rock. Senang membaca buku sejarah dan sastra.